Minggu, 17 Mei 2020

20 Produk Google untuk Menghasilkan Uang dari Internet


Menghasilkan uang dengan menggunakan produk google bukan merupakan hisapan jempol belaka. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet, termasuk memanfaatkan atau menggunakan produk dari google. Siapa sih yang nggak kenal google? Mesin pencarian terbesar di dunia untuk saat ini. Hampir setiap orang tentu pernah menggunakan produknya dalam membantu kehidupan sehari-hari. Kalau belum pernah menggunakan produknya, minimal pernah mendengar nama google. Tapi apakah kalian tau, kalau ternyata produk ciptaan google juga dirancang untuk menghasilkan uang. Ya, ternyata bisa banget menghasilkan uang dari internet hanya dengan memanfaatkan produk gratisan dari google. Ini ulasannya...

Apalagi disaat adanya wabah pandemi seperti sekarang ini. Himbauan kerja di rumah digaungkan dimana-mana. Jadi, ini saat yang tepat buat kamu yang mungkin udah kerja untuk dapat memanfaatkan kekosongan tersebut dengan menghasilkan sesuatu atau uang dengan cara yang lain. Pasti kalian nggak asing sama yang namanya google. Ya, Andorid pun punya google. Tapi produk google nggak cuman Android dan mesin pencari doang. Ada banyak produk yang sudah diciptakan oleh google yang sekarang ini bisa dikatakan sebagai perusahaan internet terbesar di dunia. Tapi ternyata, tidak sedikit aplikasi buatan google yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang melalui internet.

Biarpun aplikasi buatan google tersebut adalah aplikasi gratisan, tapi ternyata aplikasi yang mungkin kita gunakan sehari-hari ternyata membantu kita untuk menghasilkan uang. Pun kalian bisa sampai ke blog ini dan kemudian membaca artikel ini, mungkin melalui bantuan dari aplikasi gratis buatan google, yaitu google search engine. Tapi siapa sangka, walaupun hanya dengan bermodalkan ponsel pintar yang kalian miliki, disertai dengan koneksi internet, kamu udah bisa menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan aplikasi gratisan dari google untuk dapat menghasilkan uang dari internet. 20 Produk google tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Blogger

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Blog merupakan kependekan kata dari Web Log. Merupakan aplikasi berbentuk website yang menampilkan tulisan, gambar atau video pada sebuah halaman. Sekumpulan tulisan dan atau gambar dan atau video tersebut biasanya disebut sebagai sebuah potingan, karena akan dikelompokkan berdasarkan judulnya. Postingan tersebut sering kali dimuat dalam urutan yange terbalik. Maksudnya adalah dengan menampilkan postingan yang terbaru terlebih dahulu kemudian diikuti postingan yang lebih lama, biasanya seperti itu. Namun seiring perkembangan zaman, urutan postingan tidak selamanya demikian. Tergantung pengaturan yang dibuat oleh pemilik blog.

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang blogger adalah orang yang pandai menulis. Tapi tidak selamanya demikian. Tulisan saya jelek, bisa dibilang seperti cakar ayam. Tapi karena sekarang teknologi sudah lebih maju, sehingga saya tidak perlu capek-capek menuliskan sesuatu untuk membuat sebuah postingan. Cukup dengan mengetikkan sekumpulan huruf-huruf yang kemudian menyusunnya menjadi sebuah kalimat yang membentuk sebuah paragraf. Jadi, untuk membuat sebuah postingan di blog tentu tidak sesulit yang dibayangkan. Tinggal menyentuh huruf-huruf yang ada di keyboard saja. Oleh karena hal itu, di zaman sekarang, sejatinya semua orang dapat menjadi blogger. Hal tersebut tentu tidak lepas dengan peranan aplikasi chatting yang melatih manusia zaman sekarang untuk mengetik.

Perkara membuat postingannya bagaimana, sebenarnya tidak memerlukan cara khusus. Tinggal ketikkan kata-kata yang terlintas di kepala mengenai suatu objek. Lambat laun, huruf yang disusun menjadi kalimat tersebut akan menjadi kalimat. Susunan kalimat yang ada akan membentuk sebuah paragraf. Beberapa gabungan paragraf yang ada, kemudian akan membentuk suatu postingan yang membahas topik tertentu. Jadi, untuk menjadi blogger harusnya bukan perkara sulit bagi manusia zaman sekarang yang sudah mulai terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan bantuan keyboard untuk menciptakan suatu percakapan.

Dengan demikian, membuat postingan di blog merupakan sesuatu yang dapat dicoba. Dengan menghasilkan karya tulisan sendiri dalam bentuk postingan blog. Mungkin postingan tersebut akan memberikan manfaat bagi orang lain. Nah, dengan cara tersebutlah seorang blogger dapat menghasilkan uang dengan memanfaatkan aplikasi gratisan dari google. Namun, kegiatan tersebut tidak harus dijadikan sebagai penghasilan utama. Karena mungkin sibuk bekerja, sekolah atau mungkin kegiatan pokok utama lainnya. Dengan kata lain, Blogger ini dapat dimanfaatkan sebagai pekerjaan sampingan yang menggiurkan dari google. Terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini. Namun, ada juga blogger yang mengandalkan penghasilan dari blog untuk menjadi penghasilan utama.

Gambarannya, postingan yang ada di blog dapat disatukan menjadi sebuah buku yang mungkin akan menghasilkan penjualan yang sangat menguntungkan. Bisa juga adanya kerjasama dengan pihak lain yang ingin produk atau barang yang dimilikinya untuk dibuatkan tulisan yang ditayangkan di blog dengan membayar sejumlah uang tertentu. Bisa juga memanfaatkan produk google lainnya yang dikombinasikan dengan blogger sebagai ladang penduang rupiah dari google. Seperti contohnya adalah google adsense.

2. Youtube

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Siapa yang nggak kenal youtube? Yang merupakan kanal video terpopuler di dunia saat ini. Ternyata, Youtube ini adalah salah satu produk google yang sekarang menjadi primadona diberbagai kalangan. Karena konon kabarnya dapat menjadikan pembuat video di youtube (Youtuber) dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan nominal yang cukup menjanjikan. Tapi ternyata, kabar tersebut tidak hanya kabar burung saja. Karena sudah banyak Youtuber Indonesia yang mungkin merasakannnya. Sebut saja Atta Halilintar, Arief Muhammad, Raditya Dika, Baim Paula, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bahkan hingga Dedy Corbuzier dan Helmy Yahya dan banyak lainnya.

Dengan semakin banyaknya pembuat konten yang bergabung menjadi Youtuber, tentu youtube pasti memiliki daya tarik tersendiri. Karena "hanya" dengan membuat video dengan dibumbui kreativitas yang dimiliki. Kemudian mengupload atau mengunggahnya ke Youtube, apabila video tersebut bermanfaat positif untuk orang banyak, tentu legitnya rupiah akan bisa dirasakan. Semakin unggahan video ditonton orang lain, makan akan semakin banyak pula pendapatan yang dapat dihasilkan melalui aplikasi Youtube gratisan milik google tersebut.

Banyak ide konten yang dapat dibuat video kemudian diunggak ke Youtube. Bisa dimulai dengan membuat video tentang keahlian yang dikuasai atau hobi yang disenangi. Dengan begitu, tentu tidak akan kesulitan menghadirkan ide konten. Misal bisa memasak, buatlah video tentang cara memasak makanan yang sedang digandrungi. Hobi bermain sepakbola, buatlah video tentang trik atau latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skill. Atau bisa saja membuat makanan atau latihan sepakbola yang dapat dibuat atau dilakukan ketika mengalami masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan begitu, mungkin akan menjadi video yang disarankan oleh Youtube kepada penggunanya. Karena pencarian video akan hal yang sedang trend (pandemi) sedang naik daun. Dengan begitu, akan semakin banyak yang melihat video yang dibuat.

Gambarannya, hampir mirip seperti blogger, tapi dalam media yang berbeda, yaitu dalam bentuk video. Misal, video yang ada di youtube dapat disatukan sehingga membentuk suatu kesinambungan untuk menghasilkan atau melakukan sesuatu. Seperti yang sedang rame sekarang, membuat video seperti pelatihan pra-kerja. Atau bisa saja membuat video khusu yang digunakan untuk komersial. Bisa juga ada brand atau produk yang ingin dibuatkan video produk atau promosi yang kemudian pemilik channel Youtube akan menerima pambayaran dengan nominal yang mungkin besarannya seperti gajian satu bulan. Bisa juga diundang ke televisi karena video yang dibuat memiliki dampak positif bagi masyarakat yang tentu akan mendapatkan bayaran sebagai narasumber. Selain itu juga seperti Blogger, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui Google Adsense.

3. Google Adsense

Cara Mendapatkan Uang dari Google

Seperti yang sudah disebutkan beberpa kali pada poin nomor satu dan dua di atas. Google Adsense merupakan produk gratisan dari Google yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari Internet. Adsense sendiri merupakan program kerjsama periklanan yang diselenggarakan oleh google. Melalui produk Adsense, pemilik Blog dan atau Channel Youtube yang telah terdaftar dan disetujui keanggotaan kerjasamanya oleh Google, diperbolehkan untuk memasang iklan. Setelah memiliki akun Google Adsense (Publisher), pemilik atau pengelola akan mendapatkan pemasukan yang berasal dari bagi hasil keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung. Sistem tersebut dikenal dengan istilah Pay Per Click (PPC) atau bayar per klik. 

Bagi hasil yang diperoleh antara publisher dengan pihak Google tidak hanya melalui PPC saja. Google Adsense juga menyediakan opsi penghasilan lain dari Adsense untuk pencarian (For search) dan iklan arahan (Referral). Besaran rupiah yang diperoleh publisher akan berbeda-beda. Karena banyak variable yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah perbedaan wilayah, jumlah iklan yang tampil, banyaknya jumlah klik iklan serta banyaknya pengunjung yang melihat iklan yang ditampilkan baik di blog ataupun di youtube. Tentu tidak hanya itu saja, masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi penghasilan Google Adsense. Seperti Cost Per Mile (CPM), Cost Per Ratio (CPR) dan lain-lain lagi.

Google adsene ini akan bekerja apabila telah memiliki Blog dan atau channel Youtube yang sudah terdaftar dan memenuhi persyaratan serta disetujui oleh pihak google. Jadi, apabila ingin menghasilkan uang dari internet melalui Google Adsense, harus memiliki minimal satu dari dua hal tersebut di atas. Apabila belum memiliki, mau tidak mau harus terlebih dahulu menyiapkan Blog dan atau Channel Youtube yang sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan google. 

4. Google Playstore

Cara Mendapatkan Uang dari Google

Produk Google lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet adalah Google Play Store. Melihat trend sekarang, peluang untuk membuat aplikasi dan menghasilkan uang dari internet melalui produk google terbuka sangat lebar. Jadi, apabila ingin menghasilkan uang dari Google Playstore, harus memiliki kemampuan sebagai pengembang aplikasi. Cara termudah menghasilkan uang adalah dengan menjual aplikasi secara langsung melalui Google Playstore. Walaupun pada dasaranya pemuatan aplikasi tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi menjual aplikasi di Google Playstore jalan termudah yang bisa ditempuh.

Cara selanjutnya yang dapat diterapkan adalah dengan cara melakukan opsi pembelian dalam aplikasi. Sebenarnya sama dengan melakukan penjualan aplikasi di playstore. Tapi ada perbedaan skema. Cara pertama adalah dengan menjual aplikasi. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggratiskan aplikasi, namun ada opsi tambahan dengan menjual fitur tambahan atau fitur khusus yang dapat digunakan dalam aplikasi.

Cara ketiga yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi google lainnya, yaitu Google Adsene. Jadi semua yang ada di aplikasi dibuat gratis. Baik saat melakukan pengunduhan ataupun menggunakan fitur yang ada. Namun, pengguna aplikasi akan melihat iklan yang ditayangkan pada beberapa bagian aplikasi. Iklan tersebut diperoleh dari adanya kerjasama dengan Google Adsense.

Sementara cara keempat yang dapat diterapkan untuk menghasilkan uang dari aplikasi yang dimiliki adalah dengan mengadakan skema berlangganan. Jadi, pengguna aplikasi harus membayar sejumlah uang tertentu selama masa tertentu. Skema ini biasanya digunakan oleh aplikasi kasir online atau Poin of Sales (POS). Sementara untuk cara kelima adalah dengan mencari sponsor atau pembiayaan dari pihak ketiga untuk pembuatan atau dukungan terhadap aplikasi yang telah dibuat.

Untuk cara keenam, ini adalah seuatu yang sangat visioner pada bidang ini di Indonesia. Yaitu dengan cara menjual jasa dengan menggunakan bantuan aplikasi. Seperti aplikasi toko online semacam bukalapak. Aplikasi penyewaan akomodasi perjalanan seperti Traveloka. Bisa juga menciptakan aplikasi seperti GOJEK yang menjual jadi dengan mengandalkan mitra sebagai orang yang mengerjakan segala perintah yang ada di aplikasi. Atau bisa juga dengan menggabungkan keenam cara tersebut di atas untuk menghasilkan uang dari internet melalui produk Google Playstore. Jadi, syarat utama untuk dapat menghasilkan uang dari Google Playstore adalah harus memiliki aplikasi terlebih dahulu. Mau skema mana yang akan dipilih untuk menghasilkan uang, tetap harus memiliki aplikasi terlebih dahulu.

5. Google Play Book

Cara Mendapatkan Uang dari Google


Sama seperti halnya Google Playsotre. Google Play Book merupakan aplikasi serupa yang tentunya merupakan ciptaan Google. Bedanya, Play Book ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan penjualan buku elektronik. Jadi, hal yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan uang dari internet melalui Google Play Book adalah dengan memiliki buku yang siap edar terlebih dahulu. Namun dalam bentuk file digital. Kemudian dapat melakukan pengungghan buku digital yang dimiliki ke dalam aplikasi Google Play Book.

Dengan kata lain, kita bisa menjadi publisher atau penerbit sendiri untuk buku karya kita sendiri. Dengan menjual buku yang kita buat tersebut melalui Google Play Book dalam bentuk file digital. Pundi-pundi rupiah akan mengalir terus menerus apabila buku digital yang kita jual di Play Book ada yang membeli. Tentu semakin banyak pembeli, maka akan semakin banyak pula pendapatan yang akan diperoleh. Cara ini lebih mudah ketimbang harus menghubungi penerbit atau publisher buku yang mau menerbitkan buku karangan kita. Dengan bantuan Google Play Book, kita bisa melakukan penjualan buku karangan kita secara online tanpa perlu melalui proses ribet yang terlalu panjang.

Pendaftaran dan segala proses yang dilaluipun cukup mudah. Juga tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi. Bahkan, apabila kita mengerti caranya, proses pengunggahan dan penjualan buku di Google Play tidak perlu mengluarkan uang sepserpun. Alias gratis. Jadi, kita bisa memanfaatkan aplikasi gratisan buatan google ini dengan cara menjual buku karangan kita melalui Google Play Book.

6. Gmail (Google Mail)

Bagi pengguna smartphone baik Android atau iOS ataupun pengguna sistem operasi lainnya, pasti minimal memiliki satu alamat email di dalam HP tersebut. Nah... Google Mail atau yang biasa dikenal dengan sebutan Gmail ini adalah salah satu produk Google yang berfungsi untuk mengirim dan menerima surat dalam bentuk elektronik atau yang biasa dikenal dengan sebutan electronic mail (Email).

Lalu, bagaimana caranya produk gratisan dari google tersebut menjadi sarana untuk menghasilkan uang dari internet? Seperti kita ketahui bersama, fungsi dari Gmail adalah untuk menerima dan mengirim infomasi perpesanan melalui sarana email. Coba lihat kotak masuk email anda, pasti akan ada banyak penawaran baik itu promo ataupun informasi terbaru. Baik dari aplikasi atau website yang dimana anda telah mendaftarkan diri sebelumnya menggunakan alamat email yang anda miliki. 

Sebenarnya, fungsi Gmail untuk menghasilkan uang melalui internet tidak secara langsung seperti lima aplikasi di atas yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi, kita dapat mengirimkan email yang berisi promosi atau pemberitahun kepada calon konsumen atau kepada siapapun yang kita inginkan. Dalam pesan promosi atau pemberitahuan tersebut, dapat diarahkan langsung ke halaman website, blog atau aplikasi yang kita miliki untuk langsung dapat melakukan pembelian. Dengan demikian, produk Google Mail ini dapat digunakan sebagai media promosi yang dapat digunakan untuk melakukan proses pembelian produk yang kita miliki. 

Sehingga, apabila email promosi atau pemberitahuan yang kita miliki berhasil, maka akan ada puluhan atau bahkan ratusan ribuan pelanggan yang akan membeli produk yang kita jual. Tentu cara tersebut dapat menghemat biaya promosi. Sehingga Google Mail yang merupakan produk google ini dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Dan tentunya gratis. Apalagi pembelian dilakukan melalui toko online atau blog yang kita miliki dan sudah tergabung menjadi publisher Google Adsense. Tentu penghasilan yang akan diperoleh akan menjadi berlipat-lipat. Karena akan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense berkat bagi hasil iklan yang tayang di blog atau toko online, juga akan berpotensi mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk. Jadi, cukup mudah bukan menghasilkan uang dari internet?

7. Google Ads (AdWords)

Aplikasi google lain yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet adalah Google Ads. Atau ada juga yang menyebutnya sebagai AdWords. Jika pada daftar sebelumnya yang telah disebutkan adalah merupakan aplikasi gratisan dari google, AdWords ini aplikasi berbayar yang dimiliki google yang bisa juga digunakan untuk dapat menghasilkan uang dari internet.

Secara prinsip, cara kerja dari Google Ads ini berkebalikan dengan aplikasi Google Adsense. Secara penamanan, mungkin akan terdengan mirip. Tapi ternyata fungsi dari kedua aplikasi tersebut ternyata berkebalikan. Apabila Google Adsense digunakan untuk menghasilkan uang secara langsung melalui bagi hasil periklanan. Berbeda dengan Google Ads yang tidak secara langsung dapat menghasilkan uang. Karena Google Ads ini adalah menempatkan kita sebagai pengiklan. Jadi kita harus membayar sejumlah uang untuk dapat mengiklankan produk yang kita miliki.

Dengan mengiklankan produk yang kita miliki, memungkinkan produk tersebut menempati daftar urutan nomor satu dalam pencarian google. Bisa juga produk tersebut akan tampil pada platform publisher lain yang bekerjasama dengan jaringan Google Adsense. Sehingga memungkinkan produk kita diiklankan pada blog populer, video youtube populer, aplikasi populer dan atau platform lain yang bekerjasama menjadi publisher Google Adsense.

Lalu, bagaimana aranya kita dapat menghasilkan uang?

Dengan tersebarnya iklan produk yang kita miliki kepada khalayak, tentu akan menjadikan produk kita semakin populer. Dengan demikian, diharapkan akan timbulnya kemungkinan terjadinya penjualan produk. Karena iklan melalui Google Ads yang kita buat dapat disesuaikan. Baik secara target, dan biaya atau budget yang kita keluarkan untuk mempromosikan produk kita. Karena tentu akan menghemat biaya periklanan. Alih-alih mencetak ratusan atau bahkan ribuat pamflet untuk mempromosikan produk, kita hanya perlu membayar iklan kita pada platform populer lainnya apabila ada yang mengklik iklan tersebut.   

Seperti yang telah sedikit dijelaskan pada poin Google Adsense yang menerapkan sistem PPC (Pay per Click), jadi kita hanya perlu membayar ketika ada orang yang mengklik iklan kita. Tentu ini akan banyak menghemat biaya promosi. Karena akan ada exposure yang kita terima, ketika iklan produk kita tampil pada platform populer milik publisher Google Adsense walaupun tidak dilakukan klik. Jadi, tentu saja Google Ads ini akan membantu sekali dalam rangka penghematan biaya promosi produk yang kita gunakan untuk menghasilkan uang dari internet.

8. Webmaster Tools (Google Search Console)

Google Search Console atau biasa disebut sebagai Webmaster Tools ini sejatina adalah produk tambahan dari google yang dapat digunkan secara efektif apabila kita sudah memiliki blog atau website. Secara prinsip, Webmaster Tools ini dapat digunakan sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan untuk menaikan urutan pencarian produk kita menjadi nomor satu dihalaman pertama google dengan cara gratis. Berkebalikan seperti apa yang Google Ads lakukan dengan membuat hal tersebut berbayar, Google Search Console ini dapat melakukannya dengan cara yang gratis.

Tentu cara-cara yang harus dilakukan memiliki langkah urutan yang lebih banyak. Tidak bisa secara singkat dan instan. Kecuali produk yang dijual disertai artikel powerfull yang sangat sesuai dan memenuhi SEO google untuk dapat dengan cepat merangsek ke halaman pertama pencarian google. Tapi setidaknya Webmaster Tools ini dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau artikel yang dibuat agar dapat merangsek ke halaman pertama pencarian google. Sehingga akan dapat emnghemat biaya promosi produk.

9. Google Maps

Pasti tensu saja kita semua sudah tau apa kegunaan dari Google Maps. Terlebih, saat banyak artikel tentang traveling banyak dibahas di blog ini. Pasti setiap tempat yang didatangi, hampir selalu mengandalkan google maps untuk mendatanginya, asalkan ketersediaan sinyal memadai. Yaaa... Google Maps dapat digunakan untuk menandai suatu tempat. Kemudia dapat kita gunakan untuk menjadi semacam navigasi yang dapat menuntun kita ketika ingin mendatangi tempat yang sudah terdaftar di Google Maps. Pun termasuk tempat-tempat wisata yang jauh dari tempat tinggal kita. Bisa didatangi hanya dengan mengandalkan arahan navigasi yang diberikan Google Maps. Asalkan titik yang dituju tepat, pasti akan sampai tepat juga di tempat yang dituju.

Karena kegunaannya yang sangat powerfull, menyebabkan pasti tidak banyak yang mengira kalau google maps dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Sebenarnya tidak dapat secara spesifik dikatakan kalau Google Maps ini dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari Internet. Tapi apabila menggunakan fitur Local Guides yang ada di Google Maps, mungkin akan menjadi pembeda.

Karena cara kerja Local Guides adalah mengajak semua pengguna Google Maps untuk dapat berkontribusi dalam mengembangkan platform geo-location yang ada di Google Maps. Kontribusi tersebut dapat diterapkan dengan melengkapi informasi, baik berupa review, foto, video atau keterangan lain yang mungkin akan membantu orang lain yang akan mengunjungi tempat yang telah kita kunjungi sebelumnya. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka akan mendapatkan poin dari google. Semakin banyak poin yang didapatkan, maka akan semakin menambah level yang ada di Local Guides Google.

Semakin tinggi level Local Guides maka akan semakin banyak mendapatkan intensif dari google. Intensif tersebut dapat berupa Voucher Hotel, Diskon Tiket Bus yang bekerjasama dengan Google, Kupon diskon untuk aplikasi e-commerce, Bonus Kapasitas Google Drive hingga 1TB serta akan mendapatkan kesempatan untuk menjajal fitur baru yang ada di Google. Untuk Local Guides level tertentu, akan mendapatkan undangan dari Google untuk bertemu dengan Local Guides seluruh dunia. Kerennya, seluruh biaya perjalanan dan akomodasi yang timbul akan undangan tersebut, akan diganti oleh Google. Artinya, bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri. Tentu hal tersebut mungkin akan memiliki daya tarik tersendiri di luar fungsi produk google yang dapat digunakan untuk asilkan uang dari Internet.

10. Google Domain

Ini juga merupakan salah satu produk Google yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Walaupun tidak secara langsung. Fungsi produk Google yang satu ini adalah untuk melakukan proses pembelian domain. Jadi Google Domain merupakan sebuah layanan yang berfungsi untuk melakukan pembelian sebuah domain. Dengan memiliki domain, makan akan semakin membuat blog, website atau toko online yang kita bangun akan tampak lebih profesional dan mudah diingat oleh orang lain yang mungkin merupakan target produk yang akan dijual. 

Jika blog, website atau toko online yang kita miliki telah memiliki doamian dengan status TLD (Top Level Domain), maka akan semakin mudah untuk dapat menikmati produk Google lain di atas yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Jadi, Google Domain ini akan membantu pengembangan blog, website atau toko online yang kita milik untuk menjadi lebih profesional. Dengan demikian, diharapkan akan terjadinya penjualan melalui blog, website atau toko online yang kita miliki karena tumbuhnya rasa percaya pelanggan karena domain yang kita miliki adalah bukan domain abal-abal yang masih ada ekstensi blogspot wordpress wix tumblr dan lainnya. Dengan begitu, diharapkan blog, website atau toko online yang kita milik akan dapat digunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang dari internet.

Baca Juga:

11. Google Bisnisku atau Google My Business

Bagi para pemilik bisnis, keberadaan Google My Business ini akan semakin penting. Dikarenakan semakin banyak orang yang menggunakan dan bergantung pada produk Google dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari. Memilih rekomendasi tempat semacam tempat wisata, kafe, rumah makan atau usaha jasa lainnya dengan mengandalkan pencarian melalui Google Search Engine. Kemudian, ingin mendatangi termpat tersebut pun dengan menggunakan produk google lainnya, yaitu Google Maps. Jadi, hal tersebut sebenarnya merupakan peluang bagi pemilik usaha baik barang, jasa, pangan atau usaha lainnya untuk dapat memanfaatkan produk gratis dari google.

Selain dapat membantu dalam proses pemasaran, hal tersebut juga bisa menimbulkan kepercayaan orang lain akan bisnis atau usaha yang kita miliki. Mungkin produk-produk Google di atas akan terdengar asing bagi orang yang tidak berkencimpung dalam dunia pemasaran melalui media internet. Berkaca dari hal tersebut, ternyata Google menyadarinya. Kemudian hadirlah Produk Google My Business ini. Walaupun tidak seperti Google Adsens yang secara langsung dapat membantu untuk menghasilkan uang dari internet, tapi Google My Business ini akan dapat mengakomodir kesemua produk google yang telah disebutkan di atas.

Pasalnya, fitur yang ada di Google My Business ini selain sangat lengkap, juga mengakomodir pebisnis yang tidak sempat mempelajari aplikasi google lainnya. Karena pada satu aplikasi googlr yang satu ini, pengguna akan dapat dengan mudah mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis. Mulai dari produk atau layanan yang ada, jam buka, menu disertai harga, foto dan video produk atau profil bisnis, kontak bahkan sampai bisa membuat semacam halaman website yang tinggal klik dan drag and drop saja. Jadi aplikasi Google My Business ini akan sangat membantu pemasaran pemilik Bisnis.

Karena ini merupakan aplikasi google, ketika ada orang yang ingin mencari informasi tentang usaha atau bisnis yang kit ajalankan, hasil pencarian tersebut akan muncul pada halaman pertama google. Tanpa harus melakukan optimasi menggunakan AdWords, Google Webmaster, Google Maps atau produk Google lainnya yang mungkin dirasa terlalu ribet jika harus dipelajari satu-satu oleh pemilik bisnis. Jadi, hanya dengan mempelajari produk Google My Businees, para pemilik usaha akan dengan mudah mempelajari dan menggunakan produk google lainnya hanya dengan melalui Google My Business. tentu hal tersebut akan semakin memudahkan proses pencarian bisnis yang dimiliki melalui google search.

Jadi, pemilik bisnis akan dengan mudah menampilkan letak outlet atau kantor bisni atau usahanya, tanpa harus mempelajari terlalu dalam produk google maps. Dapat membuat proses pencarian bisnis menjadi halaman pertama google tanpa harus mempelajari AdWords atau Google Web master. Dapat mempromosikan dan menampilkan keseluruhan produk baik melalui media foto atau video dengan hanya menggunakan halaman pembuatan landing page gratisan yang sidah tersedia di Google My Business. Dengan demikian, diharapkan proses pencarian pelanggan akan diarahkan kepada bisnin yang dimiliki. Selain itu juga ditampilkan segala produk dan profil yang akan semakin menarik orang dan membuat orang semakin percaya untuk membeli produk yang ada. Dengan demikian diharapkan akan terjadinya proses penjulan. Jadi, jika kesulitan mempelajari produk google tersebut di atas. Silahkan gunakan produk Google My Business ini untuk dapat menghasilkan uang dari internet. 

Cara Termudah Menghasilkan Uang Dari Internet

Itulah 11 produk Google yang menurut ku dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Terus produk Google nomor 12 sampai 20 yang bisa digunkan untuk menghasilkan uang dari internet mana?

Sengaja, aku hanya bisa menusliskan 11 aplikasi yang ketika ku pikir, masuk akal juga jika digunakan dan dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari internet. Biar kalian yang baca artikel ini bisa menambahkan sisanya melalui kolom komentar. Agar artikel ini bisa semakin kaya karena adanya masukan dari para pembaca. apabila ada produk google lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari internet, silahkan tulis di kolom komentar. Biar nanti bisa ku tambahkan pada daftar yang ada. Tentu aku ku sebutkan sumbernya, bisa juga ku beri credit supaya yang membaca bisa tau kalau produk google tersebut merupakan tambahan rekomendasi produk dari pembaca.

Sudah Siap Mendapatkan Uang dari Google?

Selamat! Kalau anda berhasil membaca artikel 20 Produk Google untuk Menghasilkan Uang dari Internet sampai pada bagian ini, seharusnya anda sudah tau produk atau aplikasi google mana saja yang dapat anda gunakan untuk bisa mendapatkan uang dari Google. Untuk merangkum keseluruhan aplikasi yang ada, berikut ku berikan catatan khusu dengan poin-poin penting yang bisa meringkas uraian panjang yang nggak tau aku ngetik apa aja sih itu di atas, sampek panjang banget begitu wkwkwkwk.

  • Blogger - Anda hanya perlu membuat blog dengan konten yang original dan menarik. Sehingga mendapatkan banyak kunjungan. Kemudian langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan diri untuk menjadi Publisher Google Adsene untuk mendapatkan uang dari Google.
  • Youtube - Anda hanya perlu membuat video yang bermanfaat bagi orang banyak, sehingga memperoleh banyak viewers (penonton) untuk kemudian mendaftarkan diri menjadi Publisher Google Adsense untuk mendapatkan uang dari Google.
  • Google Adsene - Anda hanya butuh mengelola sebuah blog dan atau channel youtube dan atau membuat aplikasi yang sesuai dengan persyaratan untuk Publisher Google Adsense untuk dapat mendapatkan uang dari Google.
  • Google Playstore - Jual aplikasi buatan anda di Google Playstore dan kemudian dapatkan uang dari Google.
  • Google Play Book - Buat buku digital anda, kemudian terbitkan di Google Play Book. Kemudian dapatkan uang dari google berdasarkan penjualan buku digital anda.
  • Gmail - Buat promosi atau penawaran menarik melalui email dan arahkan ke bisnis anda, untuk kemudian mendapatkan pesanan dari pelanggan. Sehingga dapat menghasilkan uang dari Internet.
  • Google Ads - Hemat biaya promosi dengan menggunakan Google Ads. Dan untuk membuat produk atau bisnis terpromosikan seuai target produk.
  • Google Search Console - Gunakan fasilitas gratis google untuk mebuat halaman bisnis anda menjadi halaman nomor satu Google, sehingga semakin memperbesar kemungkinan terjadinya transaksi.
  • Google Maps - Cara menyenangkan untuk memperoleh Voucher atau Jalan-jalan Gratis ke luar negeri dengan menjadi Local Guides yang memiliki level tinggi.
  • Google Domain - Beli domain TLD untuk membuat orang semakin percaya akan bisnin yang dikelola sehingga semakin percaya untuk melakukan transaksi.
  • Google My Business - Buat halaman promosi menarik dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja untuk kemudian mendapatkan exposure secara gratis di internet.
Itulah gambaran produk dan sedikit uraian cara-cara yang dapat digunakan, dimanfaatkan dan dilakukan untuk menghasilkan uang dari internet atau untuk mendapatkan uang dari Google. Tentu belum tentu semua produk Google cocok untuk anda gunakan guna mendulang rupiah dari internet. Tapi setidaknya, akan ada gambaran secara garis besar bagaimana caranya atau produk google mana saja yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari internet secara canggih, mudah, efisien dan cepat menghasilkan. Selain uraian di atas, anda perlu mempelajari kelebihan dan kekurangan produk google untuk dapat memilih produk google mana yang akan digunakan untuk menghasilkan uang dari internet. Jadi, sudah siap mendapatkan uang dari Google? Sudah siap menghasilkan uang dari Internet? 

Semoga artikel ini dapat memberi gambaran sehingga dapat membantu pengembangan atau memperoleh peluang untuk menghasilkan uang dari internet. Silahkan follow blog papabackpacker dengan menggunakan tombol yang ada di bagian bawah blog ini untuk mendapatkan update mengenai berbagai informasi menarik lainnya. Saat tulisan ini di buat, papabackpakcer belum pernah mendapatkan uang secara langsung dari google. Jadi akan sangat tepat apabila ingin sama-sama belajar untuk menghasilkan uang dari internet. Karena blog papabackpacker juga sedang dalam tahap proses belajar. Daripada belajar sendiri-sendiri, kenapa nggak belajar bareng aja kan? Wkwkwk.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top