Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Monday, May 21, 2018

Tips Lolos Tes Tertulis saat Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018


Sekarang, aku bakalan ngasih tau tentang "Tips Lolos Tes Tertulis saat Pendaftaran Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan". Setelah kamu lolos tes administrasi, nantinya kamu bakalan dikasih tau sama panitia tentang agenda apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Kalau lihat dari pamflet yang udah beredar sih bakalan ada tes yang akan dilaksanakan tanggal 21 sampai 22 Juni 2018. Dipamflet emang nggak dijelasin bakalan ada tes apa aja. Tapi nanti waktu Temu Teknik (Technical Meeting) bakalan dikasih tau tes tes apa aja yang akan dijalani para peserta. Diantaranya adalah Tes Tertulis, Tes Wawancara serta Tes Minat dan Bakat. Untuk kali ini, bakalan aku kasih tau "TIPS LOLOS TES TERTULIS saat Pendaftaran Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan". Jadi, Tipsnya gini...
Tes tertulis itu susah susah gampang. Susah buat yang nggak bisa dan gampang buat yang emang bisa. Nggak akan jadi masalah ketika kamu udah lama tinggal di Kabupaten Pekalongan. Berlaku sebaliknya. Coba tolong dicermati lagi tagline acara ini apaan? "pemilihan mas dan mbak DUTA WISATA kabupaten pekalongan tahun 2018". Lihat kata yang ku kasih caps lock. "DUTA WISATA". Intinya ya, mau digimanain pun acara ini, mau dikemas kayak gimana pun, pangkal ajang pemilihan tersebut bakalan menuju satu titik, yaitu WISATA. Jadi, mau nggak mau, bisa nggakl bisa, untuk setiap orang yang akan mengikuti ajang ini, minimal kudu ngerti sedikit tentang wisata. Karena ajang pemilihan ini dihelat di wilayah Kabupaten Pekalongan. Jadi, kamu udah bisa nebak kan arahnya bakalan kemana? Intinya sih WISATA dan KABUPATEN PEKALONGAN dan satu lagi DUTA.

Gambaran tes tertulis waktu tahun 2017 lalu, kurang lebih kayak gini:

Waktu temu teknik, kamu bakalan dikasih nomer peserta. Eh atau pagi sebelum tes ya? Aku lupa. Pokoknya intinya, kamu masuk ruangan tes itu udah punya nomer peserta. Jadi, posisi duduknya ya sesuai nomer peserta mu itu. Ngomongin alat tulis dan perlengkapan untuk mengisi soal, jelas kamu kudu nyiapin semuanya sendiri dari rumah. Soal pakaian, yang jelas pakaian yang kamu pake harus sopan, rapih dan bersepatu. Eh bentar, aku lupa, dalam ingatan ku masih samar-samar terbayang aku pake atasan kemeja putih, bawahan gelap dan berpantofel waktu itu. Tapi aku lupa pastinya, intinya sih diantara dua hal tadi deh pokoknya. Terus... gimana tentang masalah soalnya? Seinget ku sih soalnya semua pilihan ganda. Ada soal tentang kepariwisataan secara umum, tempat wisata di Kabupaten Pekalongan, ada soal berbahasa Inggrisnya, ada juga soal berbahasa Jawanya. Terus ada juga soal-soal pengetahuan umum yang lagi ngetren pada waktu itu. Ada juga soal tentang pahlawan-pahlawan gitu. Satu lagi, all about Kabupaten Pekalongan. Seinget ku sih gitu doang. Naaah, setelah tes tertulis selesai, langsung dilanjut ke tes wawancara. Untuk tes wawancara, bakalan aku bahas diluar postingan ini. Postingan ini khusus membahas perihal tes tertulis. Untuk tes tertulis ini, pokoknya bayangin aja kamu lagi mau ujian. Naah... yaudah, kurang lebihnya kayak gitu.

Ini Waktu Menghadiri Undangan Acara Grand Final Duta Wisata Kabupaten Batang Tahun 2017. Btw, Kamu Bisa Contoh Pakaian Yang Ada di Foto Tersebut.
Sekarang masuk ke tips: (Kasih perhatian lebih kata yang aku kasih cetak tebal [bold], soalnya di sana ada teka-teki yang bisa kamu selesaikan)
  1. Pelajari tentang pengertian serta istilah wisata secara umum. Cara aja di google, ada semua. Pokonya kamu minimal pernah baca tentang istilah berikut wisata, pariwisata, wisatawan dan tempat wisata. Terus pelajarin juga tentang sapta pesona wisata yang dimulai dari logo sampai hal apa saja yang terdapat dalam sapta pesona wisata tersebut. 
  2. Pelajari tentang seluk beluk umum tentang Kabupaten Pekalongan. Kayak asal namanya, sejarahnya, gimana legendanya dulu, hari jadi, logo Kabupaten Pekalongan, makna dari logonya, 25 Agustus 2001, SK Mendagri tahun 1996, kota SANTRI. Gampangnya sih, kamu tinggal ke google terus ketik kata kunci "Sejarah Kabupaten Pekalongan". Poin kedua ini bakalan bisa kamu selesaikan dengan mudah kalau belajar, emhh... minimal baca. Terus belajarnya lewat mana? Ya itu, tinggal ke google aja. Oh ya, jangan lupa baca wikipedia sama web Kabupaten Pekalongan. Jangan lupain juga peta wilayah, batas wilayah, luas wilayah, berapa kecamatan, apa aja kecamatannya, letaknya dimana, intinya Pelajarin Geografi Kabupaten Pekalongan.
  3. Pelajari tentang tempat wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. Buat kamu yang udah lama tinggal di Pekalongan pasti nggak akan kesusahan menghadapi poin ketiga ini. Tapi, jangan nggak belajar juga, tetep kudu belajar. Yang lama tinggal di Kabupaten Pekalongan aja kudu belajar, apalagi buat yang belum lama tinggal di Kabupaten Pekalongan. Kudu belajar pokoknya, ya minimal baca lah. Terus apa aja yang dipelajari? Buka instagram @masmbakkabpekalongan cari tau acara apa aja yang ada ulasannya di sana. Sosmed duta wisata yang lainnya juga perlu dicek (Facebook Page dan Twitter Duta Wisata), siapa tau ada info penting di sana. Pelajarin tantang tempat wisata di Kabupaten Pekalongan, kalau bisa per kecamatannya. Makanan khas Pekalongan juga jangan lupa dipelajarin, bikinnya gimana, bahannya apa aja, sejarah singkat makanan itu gimana. Pelajarin juga tentang Dewobalitung, travel warning, tourism. Oh ya, jangan lupa tonton video di youtube "The Beauty of Pekalongan Regency".
  4. Buat yang pahlawan, soal Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan Berita Terbaru. Kamu pelajarin sendiri aja. Aku lupa soalnya kayak gimana. Kalau nggak salah ya kayak ujian zaman SMA gitu. Buat Bahasa Inggris ya itu, ada kayak cerita terus ada pertanyaan dari cerita itu. Oh ya sama istilah-istilah yang ada di poin satu yang dibahas inggrisin. Buat Bahasa Jawa pelajarin huruf jawa (ha na ca ra ka), terus wayang-wayang, pelajarin juga percakapan sehari-hari sesimpel apa Bahasa Jawanya "Bu, aku mau minta uang jajan" atau "Bu, aku pamit berangkat sekolah dulu ya"?
Ini Waktu Pengumuman 10 Pasang Finalis. Ternyata Pakaiannya Batik dan Berpantofel. Tapi Kayaknya Waktu Tes Tertulis Itu Pakenya Atasan Putih Bawahan Item, Aku Lupa. Nggak Ada Fotonya Soalnya.
Aku nggak bisa menjamin empat poin yang aku tulisin di atas bakalan keluar atau enggak saat tes besok tanggal 21 Juli 2018. Waktu tulisan ini dibuat, aku belum pernah sekalipun lihat soal yang bakalan keluar nantinya. Jadi ini bukan suatu bentuk kecurangan membocorkan soal tes ya. Sekali lagi aku tekankan, saat tulisan ini selesai dibuat dan kemudian aku publish via blog, aku nggak tau soal yang buat tes udah jadi atau belum dan aku sama sekali belum pernah lihat soalnya. Ini semata-mata aku cuman cerita pengalaman ku tahun kemarin waktu ngikutin seleksi. Kalau misalnya soalnya sama kayak tahun lalu, beruntunglah kamu yang udah bacain tulisan ini. Inget ya, ini bukan bocoran soal, ini cuman pengalaman ku ikut seleksi tahun kemarin. Oh ya, jangan pelit info, kasih tau temen mu yang juga ikutan daftar seleksi. Oh ya, ada tips lagi. Ini tips diluar hal-hal teknis yang butuh hafalan kayak hal-hal di atas ya: (Perhatikan kata yang cetak tebal ya)
  1. Pakailah pakaian yang sudah ditentukan oleh panitia. Be nice person.
  2. Baju keluar-keluar, rapihin bajunya. Kecuali kalau emang modelnya harus dikeluarin.
  3. Sepatu kumel, semir dulu.
  4. Rambut gondrong, potong dulu. Terus kasih pomade.
  5. Kartu tes atau nomer peserta jangan ketinggalan.
  6. Alat tulis dan perlengkapan lain untuk ngisi soal tes juga jangan lupa.
  7. Waktu ngerjain soal, walaupun nggak bisa, nggak usah nyontek apalagi googling.
  8. JANGAN TELAT. Mungkin kamu juga tau, kalau acara di Kabupaten Pekalongan nggak ada yang tepat waktu. (Mungkin) nanti acara ini juga bakalan ada molornya. Tapi, tunjukkan antusias mu. Inget tips yang kemarin ku kasih kan? Kalau lupa BACA DI SINI. Bisa jadi acaranya emang sengaja ditelatin, buat ngetes siapa aja peserta yang peduli akan waktu.

Oh ya, ini kontak ku dibawah ada semua. Kalau mau tanya-tanya, silahkan tinggal kontak aja 😉😉😉

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Share:

1 comment:

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews