Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Saturday, May 26, 2018

Caranya Dapet Gelar Mas Intelegensia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Versi Mas Intelegensia 2017


Rasa-rasanya kurang cocok kalau misalnya aku yang nulis tips ini ya. Soalnya kan bukan aku yang dapet gelar atribut Mas atau Mbak Intelegensia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2017. Jadi, aku melakukan wawancarut (Wawancara Carut Marut) via whatsapp langsung ke Agus Arifki Yanto atau yang akrab disapa Kepin. Dimana Mas Kepin ini adalah peraih predikat Mas Intelegensia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2017. Naaaah... karena tips ini berasal dari expert di bidangnya, yakinlah, tips yang dikasih sama Mas Kepin ini bakalan lebih mujarab, lebih bermanfaat dan bisa lebih diterapkan. Jadi, buat kamu yang punya niatan khusus untuk memperoleh gelar atribut Mas atau Mbak Intelegensia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan tahun ini, tips dari Mas Kepin ini bakalan sangat berguna buat kamu. Oke, mari kita simak tips luar biasa yang akan disampaikan oleh Mas Kepin...


Wawancarut ini adalah wawancara carut marut yang dilakukan via whatsapp. Jadi, jangan kamu bayangin kalau wawancara ini adalah wawancara tatap muka yang ngeluarin suara. Karena, wawancarut ini cuman dilakukan dengan cara saling berbalas chat. Wawancarut nggak sepenuhnya berisi text asli yang dikirim sama narasumber. Karena wawancarut bakalan ku olah lagi sesuai kebutuhan. Tapi tetep, nggak akan merubah maksud atau pesan asli yang akan disampaikan oleh narasumber.


"Pin, langsung aja kita mulai wawancaranya. Pertanyaan pertama: Kasih tips dong, gimana caranya biar bisa dapet gelar atribut Mas Intelegensia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan?"


Pertama, Kamu harus menguasai materi secara penuh.
Kedua, Waktu presentasi, kamu harus cari hal yang unik. Jadi, waktu dua menit awal presentasi, semua mata akan tertuju pada mu. Terus... waktu menit-menit akhir presentasi, kamu harus cari yang sekiranya bikin menyentuh. Biar audience memorible sama apa yang kamu sampaikan.
Ketiga, Terbiasa aktif dalam forum ataupun waktu diluar forum. Tujuannya biar panitia, dewan juri dan peserta lain bisa kenal kamu. Tapi, aktifnya harus yang berbobot yaa... jangan receh hehe.
Keempat, Waktu ada pertanyaan, usahain untuk selalu berani buat ngejawab.
Kelima, Kamu harus punya sikap percaya diri. Seolah-olah kamu ngerti segala hal. Biar nggak kelihatan bodoh di depan orang lain.
Keenam, Belajar Bahasa Inggris! Biar pun cuman ngehafalin doang. Seenggaknya kamu udah berusaha.
Ketujuh, Berfikir dua langkah lebih maju dibanding peserta lain.
Kedelapan, Waktu kamu ngomong, harus logis dan mudah di mengerti oleh orang lain.

Kedelapan tips diatas tadi, aku kasih nama tips ala Kepin wkwkwk


"Mantap sekali tipsnyaaa 👏👏👏🙇🙇🙇 Aku tertarik banget sama tips nomer 3, 4 sama 5 yang saling berkaitan... yang intinya, terkait ngomong didepan banyak orang. Permasalahannya, mungkin akan nggak sedikit peserta yang nantinya gerogi atau pas udah berani ambil kesempatan ngomong, eh... malah ngeblank. Naaaah lanjut ke pertanyaan kedua: Kok bisa sih pede ngomong didepan orang banyak? Gimana cara ngatasin groginya?"

Kalau punya rasa grogi waktu ngomong itu adalah sesuatu yang wajar. Malah menurut ku itu merupakan sesuatu yang bagus. Kalau grogi, berarti ada sesuatu yang lagi kamu siapin serta ingin kamu sampaikan dengan sempurna. Kalo nggak grogi, berarti nggak ada sesuatu yang kamu siapin. Itu tadi kenapa aku bilang, kalau grogi itu adalah sesuatu yang bagus. Tapi, kamu tetep harus ngerasaian yang namanya grogi. Entah itu sekali, dua kali atau bahkan lebih. Kalau udah terbiasa, pasti deh nanti kamu bakalan ngerasain yang namanya ketagihan hhe. Intinya, kamu perlu jam terbang. Maka dari itu, biasakan untuk berbicara di depan publik. Terus, buat ngatasin grogi, kalau aku sih biasanya mengatur pola nafas sebelum mulai ngomong. Jangan lupa minum, biar tenggorokan nggak ngerasa kering yang bakalan bikin kamu tambah grogi. Habis itu, udah deh ngomong aja pokoknya. Selain itu, kamu juga bisa latihan ngomong di depan cermin serta memegang sesuatu yang diibaratkan sebagai microphone. Tujuannya, biar kamu terbiasa ngomong sambil megang microphone. Tips terakhir dari aku, kalau aku sih biasanya pas hari H waktu mau tampil ngomong di depan publik, aku lebih milih untuk enggak latihan lagi. Soalnya, latihan di hari H bakalan bikin stress yang nantinya malah nambah tingkat grogi yang aku alamin. Jadi, aku lebih milih buat enggak berlatih lagi waktu hari H.


"Kok bisa sih pas ngomong didepan orang banyak nggak ngeblank? Apa kiat-kiat khususnya?"

Kalau aku sih biasanya waktu mau ngomong di depan orang banyak, aku bakalan nulis dulu apa yang mau aku sampaiin di buku catetan. Tujuannya biar lebih mempermudah ku waktu nanti dapet giliran buat ngomong. Terus, waktu di atas panggung atau on stage, biasanya aku ngelempar pandangan ke satu titik fokus doang. Tujuannya, biar nggak gampang grogi.

"Menyikapi persaingan yang pastinya bakalan semakin ketat di tahun ini, ada rahasia khusus atau treatment khusus biar tetep bisa bersaing buat dapetin gelar Mas atau Mbak Intelegensia nggak?"


Pokonya kalo ikut lomba itu harus punya target, biar jadi motivasi. Selain usaha dan doa, kamu juga jangan terlalu baik atau terlalu kelihatan ambisius. Dalam artian, kita sama sama peserta, setiap jawaban yang ingin kamu sampaikan, keep aja buat kamu sendiri. Apa yang ingin kamu tampilkan, juga kamu keep sendiri. Tujuannya, biar itu jadi rahasia mu. Selain itu, juga menghalangi peserta lain untuk mencuri jawaban mu. Bukan maksud pelit sih, tapi kan ini ajang perlombaan. Pasti harus ada persaingan dong di dalamnya. Tetapi perlu di ingat, kita nggak boleh terlalu kelihatan jahat karena penobatan juara itu hanya satu malam doang. Jangan jadikan satu malam mu penuh dengan permusuhan. Perbanyak lah teman. Jadi, kamu harus memilah-milah informasi atau jawaban apa yang perlu di sampaikan ke lawan (peserta lain) dan apa yang harus tetap jadi rahasia mu sendiri. Tetep ramah sama semuanya dan berani memiliki ide yang out of the box. Menjadi unik akan sangat mudah buat kamu terlihat menonjol. Satu pesan dari ku "Menjadi sosok yang biasa itu banyak, tetapi menjadi sosok luarbiasa itu sedikit. Carilah pembeda agar kamu terlihat luar biasa"


"Gilaaaa... Ini kalau aku jadi peserta bakalan langsung termotivasi ini. Seriusan. Nggak salah emang yang milih jadi Mas Intelegensia sih ini 👍👍👍🙇🙇🙇"

Kira-kira itulah tips singkat yang bisa Mas Kepin kasih. Aku kira sih kalau misalnya wawancarutnya nggak lewat media whatsapp doang, bakalan lebih banyak lagi tips yang dikasih sama Mas Kepin. Karena keterbatasan tersebut, mungkin juga kalimat atau chat yang diketik sama Mas Kepin nggak bisa punya kalimat yang terlalu panjang. Yaaa... tau sendiri kan ya kalau chat panjang-panjang juga bikin mumet sendiri kan ya? Soalnya, emang fitur chat di whatsapp ini kan bukan media yang digunakan untuk melakukan percakapan yang panjang lebar. Jadi, kalau misalnya ada hal-hal yang perlu kamu tanyain lebih mendalam lagi ke Mas Kepin kamu bisa langsung follow instagram Mas Kepin dengan id @kakeps. Atau misalnya ada penjelasan versi chat asli dari Mas Kepin yang salah aku terjemahkan melalui bahasa percakapan di atas, bisa kamu konfirmasi ulang atau tanya-tanya lebih mendalam langsung ke ahlinya.

Tips-Tips Lengkap saat pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2017:

KUMPULAN ARTIKEL LENGKAP TENTANG DUTA WISATA

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews