Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Wednesday, May 30, 2018

Cara Dapet Gelar Mas atau Mbak Multimedia saat Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018


Jadi, selain ada gelar Mas dan Mbak Duta Wisata, Wakil 1 dan Wakil 2 Mas dan Mbak Duta Wisata, Mas dan Mbak berbakat yang udah aku bahas DI SINI, Mas dan Mbak Intelegensia yang udah aku bahas DI SINI (Versi Mas Intelegensia) dan DI SINI (Versi Mbak Intelegensia), Mas dan Mbak Favorit yang belum aku bahas, naaah... ada satu gelar yang yang bisa didapetin dengan "mudah". Mudahnya pake tanda kutip ya. Yaitu gelar Mas atau Mbak Multimedia. Kenapa kok masuk kategori "mudah"? Soalnya kamu nggak perlu jadi peserta yang aktif, nggak perlu jadi peserta yang jago berargumen dan nggak perlu jago bahasa daerah ataupun jago bahasa asing untuk meraihnya. Jadi, buat kamu yang merasa nggak punya bakat, belum punya keberanian untuk ngomong didepan orang banyak dan nggak mungkin juga punya otak seencer Mas atau Mbak Intelegensia. Naaah... gelar ini merupakan salah satu gelar yang bisa kamu bidik. Tapi... juga nggak se-"mudah" yang aku tulis di atas untuk meraihnya. Oke, kali ini aku bakalan cerita gimana pengalaman ku untuk mendapatkan gelar Mas Multimedia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2017 lalu. Check this out...


Jadi, nanti setelah pengumuman 10 pasang finalis yang udah aku bahas DI SINI. Ke-10 pasang finalis yang ada akan mendapat beberapa tugas. Salah satunya adalah membuat "Video Promosi Wisata". Jadi nanti setiap finalis bakalan ngambil undian yang udah disediakan oleh panitia. Undian tersebut berisi nama tempat wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. Naaaah, nanti setiap finalis di"haruskan" untuk membuat video promosi wisata sesuai undian yang didapatkan. Sebenernya nggak diharuskan sih, kalau nggak bikin juga nggak masalah. Tapi, pasti nanti kans untuk dapet gelar Mas atau Mbak Duta Wisata mu bakalan kecil banget. Soalnya, nggak dapet nilai di bagian Video Promosi tersebut. Jadi, sebisa mungkin kamu kudu tetep bikin video promosi wisata. Walaupun bikin video emang nggak semudah yang dibayangkan. Apalagi buat yang nggak bisa, pasti bawaannya susah banget. Tapi... nggak apa, aku punya trik khusus...

Waktu itu aku dapet tentang "Lolong Adventure". Sebelum ke tempat wisata tersebut, di rumah aku udah cari-cari referensi. Kira-kira, bagian unik dari tempat wisata tersebut mana aja yang bakalan aku masukin ke video. Selain informasi dari internet (Yakinlah, kebanyakan wisata di Kabupaten Pekalongan bakalan minim informasinya di Internet), kudu tanya-tanya sama masyarakat sekitar supaya video promosi yang nantinya kamu bikin bisa jadi lebih baik lagi. Jangan sampek kamu pas ke sana belum ngerti bagian mana aja yang mau kamu masukin ke video promosi mu.

Selain ngedata bagian mana yang mau ku masukin ke video, aku juga udah bikin script. Jadi, nanti pas ngambil gambar, aku nggak akan kebingungan perihal kata-kata. Informasi apa aja yang bakalan aku masukin udah ku tulis semua di rumah dan udah aku hafalin duluan. Ntar waktu ambil gambar, udah jelas apa yang mau diambil, udah jelas narasi apa yang mau diucapkan. Jadi nggak akan buang-buang waktu dan juga video promosi yang kamu buat banyak mengandung informasi penting yang tidak berbelit-belit nggak karuan. Intinya sih, biar narasinya jelas dan mudah dimengerti orang yang bakalan lihat nantinya. Naaah, buat referensi, ini aku udah bikin playlist di youtube buat ngerangkum video semua finalis tahun lalu. Kamu bisa cek playlist-nya DI SINI

Tipsnya gini, ini sedikit curang sih kalau menurut ku pribadi. Tapi nggak apa, secara peraturan dari panitia hal berikut ini diperbolehkan dan tidak dilarang. Jadi, bisa kamu lakuin hal berikut:


Sebelum masuk ke tipsnya, kamu kudu baca situasi berikut...

Buat kamu yang nggak bisa bikin video yang:
  1. Gambarnya harus stabil, jangan kebanyakan getar. (Soalnya kalau getar, bikin pusing. Intinya sih, kalau kamu yang bikin aja pusing ngelihatin video mu sendiri, orang lain juga pasti pusing ngelihatnya)
  2. Suara narasi jelas. (Nggak keganggu sama suara motor lewat atau suara bising lainnya)
  3. Informatif. (Nggak kebanyakan kata nggak pentingnya. Kira-kira orang lain itu butuh nggak sih sama informasi dari narasi yang kamu sampaikan)
  4. Promosi. (Inget ya, ini video promosi. Walaupun di tempatnya kotor atau banyak coretannya, sebisa mungkin kamu memilih kata-kata terbaik untuk mempromosikan tempat wisata tersebut)
Kalau minimal 4 unsur di atas belum bisa kamu penuhi dalam video promosi yang kamu bikin, jangan paksain deh kalau menurut ku. Mendingan kamu cari temen atau "modal dikit" sewa jasa orang yang bisa bikin video dengan kriteria tersebut di atas. Itu kalau kamu mau membidik gelar Mas atau Mbak Multimedia. Kalau enggak, yaudah kerjain videonya ngasal aja. Mau getar-getar bikin orang pusing yang ngelihat, mau suaranya nggak jelas kalah sama suara motor lewat atau kamu kebanyakan curhatnya sehingga video mu kurang informatif yaudah bikin aja. Tapi, kalau menurut ku sih, mendingan kamu mengusahakan dengan sangat perihal gelar yang satu ini. Soalnya nggak perlu "susah-susah" buat belajar ini itu, ngumpulin keberanian ini itu, kamu bisa dengan "mudah" mendapatkan gelar tersebut. Ya itu caranya, "minta bantuan" teman atau orang yang udah ahli dalam bidang tersebut. (Ini celah yang kamu bisa manfaatin. Soalnya, panitia nggak mewajibkan kalau video itu harus kamu sendiri yang buat. Serta panitia nggak mengharamkan kamu untuk "menyewa" profesional yang mengerjakan tugas membuat video promosi wisata mu). Selama peraturan ini belum dirubah, sebaiknya kamu dengan sangat untuk manfaatkanlah celah tersebut.

Tapi, kalau kamu mau berusaha untuk mengerjakannya sendiri, aku rasa itu bakalan jadi nilai tambah. Apalagi buat kamu yang belum bisa dan mau belajar, yakinlah suatu saat akan bermanfaat juga buat diri mu sendiri. Tapi perlu diinget, kamu pasti bakalan bekejaran dengan waktu untuk menyelesaikan video tersebut. Apalagi kalau kamu kudu belajar dulu teknik-teknik pengambilan gambar serta editing video yang nggak bisa kamu pelajarin dalam waktu 2-3 hari doang. Jadi, pertimbangkanlah saran ku di atas. Naaah... mumpung ini jangka waktunya masih lama, kamu masih punya kesempatan buat belajar hal-hal teknis yang membutuhkan waktu tersebut. Buat yang mau belajar, aku kasih saran youtubers yang bisa kamu kulik videonya: (Link aktif, tinggal klik aja)
Naaah... buat yang udah jago bikin video, kayaknya aku nggak perlu ngasih saran yang berlebihan kali ya. Pasti udah paham lah ya. Tapi kalau mau konsultasi atau tanya-tanya masalah teknis, sebisa mungkin aku tetep bakalan ngebantu jawab. Kalau misal lewat chat susah, kalau yang mau ngobrol-ngobrol panjang lebar tanya ini itu, aku juga siap (asal waktunya cocok ya). Nih kalau mau lihat video yang kemarin aku buat dan mengantarkan ku meraih gelar Mas Multimedia Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2017. Videonya masih banyak kekurangan sih, masih ada beberapa hal yang seharusnya nggak tampil eh malah nongol. Tapi, minimal kamu bisa bikin kayak yang ku buat, yaaa... seenggaknya masih bisa lah masuk nominasi "Mas atau Mbak Multimedia". Kalau mau jadi mas atau mbak multimedia, kayaknya kamu kudu bikin yang jauh lebih bagus daripada yang ku bikin. Baca deh diatas, udah ku kasih jurus khusus, bayangin kalau semua finalis melakukan hal tersebut di atas, pasti persaingan untuk dapet gelar Mas atau Mbak Multimedia bakalan semakin ketat.

Penilaian tugas video promosi ini nggak cuman dilihat dari kualitas keseluruhkan dari video promosi yang kamu buat. Tapi ada beberapa hal lain yang akan jadi aspek penilaian. Diantaranya adalah viewer, like dan komen di youtube (ini tahun kemarin) nggak tau kalau tahun ini gimana penilaiannya aku belum ngerti. Tapi seenggaknya kamu punya gambaran kan ya penilaiannya bakalan kayak gimana? Tulisan ini cuman ngebahasi masalah teknis mendasar pembuatan videonya, masalah nati gimana promosiinya, bakalan ku bahas secara khusus pada postingan lainnya. 

Atau kalian butuh pembahasan masalah teknis pembuatan video yang lebih mendalam lagi? Apa harus kubuatin postingan khusus? Kalau mau, boleh lah corat-coret di kolom komentar di bawah. Kalau ada  lebih dari 13 yang komen mau, bakalan kubikin postingan khusus perihal masalah teknis yang lebih mendalam lagi. Bakalan kubahas alat-alat lengkap yang kamu butuhin, merknya apa, belinya dimana, terus cara bikin narasi, gimana cara editnya, pake software apa, pokoknya kisaran masalah teknis yang lebih mendalam lagi deh. Syaratnya kalau yang komen mau, ada lebih dari 13 ya. Kalau kurang dari itu, nggak akau ku bikin 😉😈

Ku kira cukup segitu informasi yang bisa kusampaikan. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya 😀😀😀

Tips-Tips Lengkap saat pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan:

KUMPULAN ARTIKEL LENGKAP TENTANG DUTA WISATA

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews