Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Thursday, June 28, 2018

Mau ke Pantai Aneh di Pacitan? Begini Rute Menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan


Pantai Banyu Tibo ini terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tapi, beberapa kali aku baca artikel, banyak yang bilang kalau pantai ini terletak di daerah Wonogiri. Kurang tepat sih kalau menurut ku. Ya emang sih, Wonogiri sama Pacitan itu sebelahan banget. Nempel, mepet, gesek, keluar kayak orang lagi anget-angetnya pacaran. Tapi beda, Wonogiri ya Wonogiri, Pacitan ya Pacitan. Kalau menurut Wikipedia, pantai ini tuh letaknya di Pacitan. Jadi, kalau ada yang bilang Pantai Banyu Tibo ini letaknya di Wonogiri, tendang aja tititnya. Daripada kamu bingung dimana letaknya pantai aneh yang satu ini, aku bakalan kasih informasi tentang rute menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan. Nggak cuman itu, aku juga bakalan ngasih tau kenapa pantai ini ku sebut sebagai pantai yang aneh. Terus, aktivitas apa aja sih yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Tibo ini? Mari simak penelusuran PAPABACKPACKER berikut ini...



Untuk lebih detailnya, Pantai Banyu Tibo ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Kalimat yang ku cetak tebal barusan, kamu copy paste-in ke google maps pasti muncul deh tempatnya. Naaah, Pantai Banyu Tibo ini nggak jauh dari lokasi google maps tersebut. Jadi, udah jelas ya kalau pantai aneh ini adanya di Pacitan, bukan di Wonogiri. Tapi, kalau kamu mau nge-maps langsung ke pantainya, tinggal bilang aja "Oke Google, Pantai Banyu Tibo Pacitan". Atau kamu bisa klik tautan INI (Titik langsung maps Pantai Banyu Tibo). Pasti deh nyampek, nggak mungkin nyasar ke Pantai Padang-Padang yang banyak susu dijemurnya ini <--- Link aktif ini, tinggal klik doang. Kalau mau baca boleh banget.

Kasih Foto Dulu ah, Biar Semangat Bacanya 😂
Sebenernya ini cerita lama yang baru aku sempet tulis. Aku ke Pantai Banyu Tibo itu sekitar tahun 2016-an. Kalau dilihat dari watermark digital di foto yang kuambil sih, tertanggal 6 April 2016. Jadi, udah lebih dari 2 tahun yang lalu dibanding saat tulisan ini dibuat. Waktu itu aku masih tinggal di Semarang. Jadi, jarak yang ku tempuh nggak sejauh dibanding tempat KKN sepanjang masa ku ini. <--- Itu juga link aktif, tinggal klik doang. Kalau mau tau kenapa tulisan ini baru dibuat, jawabannya ada di sana. Back to the topic! Kayaknya sih bakalan ada banyak perbedaan antara foto yang ku bagiin di sini sama keadaan sekarang. Tapi nggak masalah sih, bagi ku pantai ini pasti bakalan tetep jadi pantai yang aneh.

Etapi jangan salah, walaupun Pantai Banyu Tibo ini masuk dalam kategori pantai yang aneh, soal tingkat keindahan dan tingkat kekerenannya, tingkat ekslusifitasnya, nggak bisa diragukan lagi. Gimana nggak indah? Gimana nggak keren? Gimana nggak eksklusif? Wong kamu bisa lihat pantai aneh seindah dan sekeren ini, tanpa ada orang-orang alay ngacung-ngacungin tongsis, ambil foto selfie, habis itu upload instagram pake caption "Holiday singkat" terus ditambah location "Pantai Banyu Tibo, Pacitan". Padahal foto yang di upload itu muka dia semua. Jadi, itu muka apa pantai? Locationnya apaan, eh fotonya muka doang. Jadi, muka mu obyek wisata ya? Pantes aja, banyak bekas cupangnya.

Apakah Kamu Melihat Spesies Alay Pada Foto Ini? NGGAK KAN?!!
Terus... Gimana rute menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan?

Gampang mah kalau ngomongin rute, udah aku bahas tuh di paragraf ke dua. Waktu aku ke sana pun, aku nggak ngerti rute ke Pantai Banyu Tibo. Lewatnya mana, terus nanti belok mana juga nggak ngerti. Cuman ngandalin GPS via google maps doang. Jadi, kalau ditanya rutenya gimana? Gampang, tinggal konek internet terus bilang ke smartphone mu "Oke Google, Pantai Banyu Tibo Pacitan", tinggal ikutin arahannya mbak-mbak google maps, udah deh sampek. Hpnya udah smart, giliran yang make aja nih, smart apa enggak. Kalau GPS via google maps ini ngadat, kamu tetep bisa andalin GPS zaman dahulu (Gerombolan Penduduk Setempat). Seenggaknya GPS via google maps udah menunjukkan ke arah yang benar. Kalau misal harus ke arah timur ya pasti diarahin ke arah timur, nggak mungkin diarahin ke barat. Jadi, GPS via google maps pasti udah sangat membantu kamu yang sama sekali buta jalanan. Serta GPS penduduk setempat, bakalan lebih membantu mu lagi. Jadi, rute menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan? Cari aja di google maps.

Itu perihal rute "arah jalannya kemana" terus perihal rute "medan" yang dilaluin gimana?

Kalau menurut ku, jalanannya sih aman-aman aja. Pokoknya dengan mengendarai motor standar yang dijual di Indonesia, rute "medan" yang bakalan kamu laluin untuk menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan, bakalan dengan mudah dilibas tanpa kendala yang berarti. Oh ya, jalanan di Pantai Selatan Jawa ini nggak selebar jalanan di Pantai Utara Jawa ya. Jadi, agaknya hal tersebut musti kamu jadikan patokan khusus.

Dapet Salam dari Chelsea Islan. Katanya "Aku Udah Punya PACAR BARU. Kamu Nggak Usah Caper ke Aku Lagi Ya. Kamu Mah, NGGAK LEVEL" (Yakinlah, ini bakalan jadi foto Chelsea Islan Terakhir di Blog ini. Selama dia Masih Punya Pacar sih)
Aktivitas apa aja sih yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Tibo ini?

Banyak. Kamu bisa main basah-basahan di Pantai Banyu Tibo ini. Walaupun nggak disaranin buat main-main di laut yang ada di sana karena ganasnya ombak yang ada. Tapi kamu tetep bisa main basah-basahan melalui air terjun yang ada di sana. Whaaat? Air Terjun? Nah... ini dia kenapa aku sebut kalau Pantai Banyu Tibo ini pantai yang aneh. Ya karena itu, di sana itu ada air terjun (mini) yang mengalirkan air tawarnya langsung ke arah Pantai Banyu Tibo, which is air laut asin semua kan ya? Menurut ku itu lah keanehan yang ada di pantai tersebut. Jadi, kalau kamu kangen sama air terjun dan pengen ke pantai juga, Pantai Banyu Tibo ini jawabannya.

EDAN kan?! Ada Air Terjun yang Ketemu Laut. Sebut Tempat Selain Pantai Banyu Tibo yang Bisa Kayak Gini Juga!!!
Nggak cuman itu doang. Pantai Banyu Tibo ini bentuknya kayak tebing-tebing gitu. Kalau mau nginjek pasir pantainya, kudu nurunin anak tangga dulu. Jangan bayangin anak tangga yang ku sebutin barusan adalah anak tangga yang biasa kamu lihat di tempat wisata yang emang dibuat untuk memudahkan pengunjung ya, atau anak tangga rumahan yang memudahkan untuk naik turun dari lantai satu ke lantai dua. Bukan! Bukan anak tangga yang "nyaman" tersebut. Jadi, kamu kudu melalui anak tangga yang kayak biasa digunakan orang buat ngebenerin genteng rumah yang bocor. Iya, kamu kudu melalui anak tangga tersebut, nggak ada cara lain. Kecuali kalau kamu mau nyobain ilmu anti mati mu dengan cara loncat! Sebenernya nggak serem sih, dengan catatan tangganya emang kepasang nyender buat benerin genteng yang bocor. Nah ini... tangganya kayak begitu terus nempel di tebing curam yang bawahnya langsung laut (Pasir pantai sih aslinya). Terus tangganya licin. Ya, agak uji nyali emang. Apalagi buat orang yang nggak biasa naik tangga buat benerin genteng bocor, serem pake banget. Kayak aku ini contohnya, aku pun merasa itu serem.

Cari Tangga Pada Gambar di Atas. Ya, Itu. Tangganya Kayak Gitu. Serem? Masih Sereman LDR Guys, Tenang Aja!!!
Tapi, dibalik kengerian yang menghadang tersebut, kamu bakalan mendapatkan tingkat keindahan yang nggak sama kayak pantai-pantai lainnya. Coba banyangin deh kamu ke Pantai Sundak, habis itu ke Pantai Indrayanti atau ke pantai-pantai lainnya. Pandangan yang kamu lihat bakalan sama, "kayak gitu doang", parkiran-pasir-laut. Beda cerita kalau kamu ke Pantai Banyu Tibo, dari parkiran harus menuruni tebing dulu. Baru deh bisa nemuin pasir pantai. Sekitar 3/4 dataran pasir yang kamu injek, dikelilingin sama tebing tinggi yang kerennya kebangetan. Baru deh seperempatnya sisanya terdiri dari lautan. Dari 3/4 tebing tinggi yang ada, kira-kira 1/4 bagian tebing tersebut adalah air terjun.

Pantai mana yang bisa? Nggak ada guys. Makanya aku berani ngejamin kalu Pantai Banyu Tibo ini tingkat keindahan, tingkat kekerenannya dan tingkat ekslusifitasnya juara. Dua tingkatan pada kalimat sebelumnya, sampai saat tulisan ini dibuat atau sampai bertahun-tahun ke depan masih bisa ku jamin dapet angka 10 dari 10. Kalau tingkat keeksklusifannya, untuk sekarang pun aku nggak berani ngasih nilai 6 dari 10, nilainya kudu di bawah itu. Pasalnya, di google Pantai Banyu Tibo ini udah tenar. Review melalui Local Guide kepunyaan google aja hampir 1000an lebih dengan jumlah foto yang nggak kalah banyaknya. Kalo kamu pengen bacain review local guide untuk Pantai Banyu Tibo bisa lewat SINI. Jadi, kalau kamu masih menunda untuk mengunjungi tempat tersebut, ku kira nilai 6 untuk tingkat keekslusifan pantai tersebut bakalan terus mengalami penurunan. Waktu aku ke sana itu pas hari Rabu. Bukan weekend, bukan juga tanggal merah, jadi, ya sepi. Kalau kamu mau ke sana, kalau bisa jangan tanggal merah atau weekend. Kalau lagi sekolah atau kuliah, cabut aja kali. Manfaatkan jatah nggak masuk yang diberikan sama instansi mu. Jadilah anak yang rajin. Maksud ku, rajin bolos. Rajin memanfaatkan jatah nggak masuk. Itu baru namanya rajin. Makanya, jadilah anak yang rajin.


Belum cukup? Tenang, Pantai Banyu Tibo masih punya kejutan lainnya.

Kamu bisa menyantap buah kelapa ijo segar, ini beneran kelapa ijo, soalnya dipinggiran kelapanya ada warna merah mudanya. Tapi tenaaaaang, harga kelapa muda di Pantai Banyu Tibo ini nggak bakalan bikin kamu pusing kayak harga kelapa di Pantai Pandawa yang bikin pusing ini. <--- Link aktif ini, tinggal klik doang. Kalau mau baca boleh banget. Harganya kalau nggak salah nggak sampai 10 ribuan, 7 ribu apa ya kalau nggak salah inget. Murah deh pokoknya. Nggak cuman itu... soalnya kamu bisa nikmatin kelapa muda tersebut langsung melalui warung-warung yang banyak berjajar ditebing atas Pantai Banyu Tibu deket area parkir. Epic-nya kamu bisa menikmati kelapa tersebut dengan langsung menghadap ke luas dan birunya lautan di sekitaran Pantai Banyu Tibo yang warna birunya... ah edan pokoknya mah! Mantapnya lagi, masih ditambah angin pantai yang siap nampar-nampar pipi mu. Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? QS:55

Pilih Kelapa Muda apa Mamah Muda? Kalau Aku sih, Milih Mamah Muda. Hidup 2 Istri 😀😀😀😀
Jadi, kamu masih mau nunggu biar Pantai Banyu Tibo ini makin tenar terus kamu baru mau ke sana? Kelamaan! Mumpung masih muda, siksa pantat mu. Biar levelnya naik. Jangan PUBG atau ML aja yang levelnya kudu naik. Pantat mu juga kudu naik level! Tapi kalau ML beneran (Bukan Game), boleh lah naik level. Jangan cuman nonton doang dong! Praktek napa! *Eh





Dapet Salam dari Pantai Banyu Tibo. Katanya "Kamu Nggak Usah ke sini, Nanti Pantainya Kotor" Hush... Hush... Inget yaaa... jangan ke Pantai Banyu Tibo, Rutemya Susah. Kamu Nggak Akan Kuat. Nanti Pantainya Jadi Kotor, Gegara Kamu Ngalay di Sana.


Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews