Minggu, 19 Juni 2022

ROG Zephyrus Duo 16, Laptop Terbaik untuk Gaming, Streaming, dan Content Creation





ROG Zephyrus Duo 16 - Sejak awal diperkenalkan oleh ASUS, seri laptop gaming ROG Zephyrus Duo 16 memang tampil berbeda dengan laptop gaming lainnya. Tidak hanya dibekali hardware yang powerful, seri laptop gaming premium ini juga punya dua layar dalam satu bodi laptop. Layar kedua ROG Zephyrus Duo 16 GX650 ini, diposisikan sejajar dengan keyboard dengan lebar sama seperti layar utama dan panjang kurang lebih setengahnya saja. Yang menarik adalah layar keduanya bukan hanya “gimmick” semata. Tetapi, benar-benar merupakan layar kedua yang dapat diandalkan serta digunakan untuk banyak hal. Itulah mengapa laptop gaming ini sangat digemari tidak hanya oleh gamer saja, namun juga content creator hingga live streamer.



Seri laptop gaming terbaru yang memiliki dua layar dari ROG ini, tampil dengan nama ROG Zephyrus Duo 16 (GX650). Sesuai dengan namanya, laptop gaming tersebut kembali tampil dengan layar kedua serta memiliki layar pertama yang berukuran 16 inch. Mengapa 16 inch? Karena ukuran tersebut dirasa sangat pas untuk kebutuhan para target penggunanya. Yaitu para gamer, live streamer dan content creator.


Bayangkan sebagai gamer, Anda dapat bermain game di layar utama, sekaligus membuka walkthrough atau game guide di layar keduanya. Sementara sebagai live streamer ,Anda dapat memanfaatkan layar keduanya untuk memantau live chat. Sebagai content creator, Anda memiliki ruang kerja yang sangat jauh lebih luas dibandingkan dengan laptop pada umumnya.


Itulah ROG Zephyrus Duo 16, sebuah laptop gaming premium yang dirancang untuk mempermudah semua penggunanya.


Baca Juga: Harga Hardisk Eksternal 1 TB Terbaik


Layar Ganda untuk Aktivitas Tanpa Batas




ROG Zephyrus Duo 16 hadir dengan ROG ScreenPad Plus™, yaitu layar kedua berukuran 14,1 inch dengan resolusi super hingga 4K. ROG ScreenPad Plus™ dapat digunakan untuk berbagai skenario penggunaan. Salah satunya adalah memungkinkan gamer untuk mengakses aplikasi lainnya tanpa harus menutup game yang sedang dimainkannya. ROG ScreenPad Plus™ juga sangat berguna bagi konten kreator, yang selalu membutuhkan ruang kerja lebih luas. Ditambah dengan dukungan penggunaan stylus, ROG ScreenPad Plus™ di ROG Zephyrus Duo 16 memiliki potensi yang sangat tidak terbatas. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai hal.

ROG ScreenPad Plus™ juga hadir di ROG Zephyrus Duo 16 dengan menggunakan mekanisme khusus yang dirancang secara eksklusif. Saat layar utama dibuka, mekanisme khusus tersebut akan mengangkat dan menggeser ROG ScreenPad Plus™ secara otomatis ke arah layar utama untuk pengalaman penggunaan yang lebih immersive. Selain itu, lapto ini juga dirancang hampir tanpa bezel. Mekanisme tersebut juga membuat ROG Zephyrus Duo 16 memiliki rongga udara ekstra saat dioperasikan. Sehingga, dapat meningkatkan performa pendinginan secara signifikan dan lebih optimal.


Baca Juga: Review Xiaomi Mijia Pen Stylus Premium. (Pulpen Terbaik Sepanjang Masa?)


ROG Nebula HDR™, Standar Baru Layar Laptop Gaming Terbaik



ROG Zephyrus Duo 16 bisa dikatakan sebagai laptop pertama di dunia yang hadir dengan layar ROG Nebula HDR™, yaitu sebuah standar baru untuk layar laptop gaming. ROG Nebula HDR™ dibangun atas kebutuhan dasar gaming yang sangat membutuhkan kecepatan, tingkat kecerahan dan kualitas visual yang memukau. 


Layar laptop gaming yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 dipastikan mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, dengan tingkat kecerahan 1100 nits. Dilengkapi juga dengan fitur adaptive sync yang memiliki response time 3ms. Tidak hanya itu saja, layar ROG Nebula HDR™ juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna yang sempurna, serifikasi TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta mendukung teknologi dari Dolby Vision®.


Berbeda dengan layar laptop gaming pada umumnya yang tersedia di pasaran, ROG Nebula HDR™ menggunakan panel mini LED yang memiliki 512 dimming zone. Berkat adaptasi panel Mini LED tersebut, laptop yang menggunakan ROG Nebula HDR™ seperti ROG Zephyrus Duo 16 ini, telah dapat menampilkan konten HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR™ 1000 dengan polling rate hingga 5400Hz. Angka tersebut bisa dikatakan sepuluh kali lebih kencang dari layar laptop lainnya berkat Nebula HDR Engine.


Baca Juga: Review Jam Tangan Pintar Xiaomi Mi Band 3 (Indonesia). Banyak Fiturnya, Apakah Berfungsi?


Powerful untuk Semua Aktivitas





ROG Zephyrus Duo 16 ini ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series serta chip grafis hingga NVIDIA® GeForce® RTX™ 3080Ti. Kombinasi dari keduanya, dapat memberikan ROG Zephyrus Duo 16 performa yang lebih powerful untuk digunakan dalam segala aktivitas. Mulai dari AAA gaming, game streaming, hingga content creation sekalipun. Tidak hanya itu saja, ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan memori DDR5 4800MHz yang kapasitasnya dapat diupgrade hingga 64GB. Serta penyimpanan PCIe 4.0 SSD yang dapat dikonfigurasikan pada mode RAID untuk performa yang lebih kencang. Semua itu dihadirkan dalam bodi laptop yang lebih ringkas dibandingkan dengan seri ROG Zephyrus Duo keluaran tahun lalu.

Dengan dibekali hardware yang sangat powerful, konsekuiensinya adalah ROG Zephyrus Duo 16 harus membutuhkan sistem pendingin terbaik. Sejak tahun lalu, seri ROG Zephyrus Duo telah dibekali dengan liquid metal sebagai thermal compound sehingga panas dapat dilepaskan secara lebih optimal. Di tahun 2022 kali ini, ROG Zephyrus Duo 16 menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal. Yang memiliki tingkat hantaran panas hingga 17 kali lebih tinggi ketimbang thermal paste standar yang ada di pasaran. Penggunaan bahan liquid metal khusus tersebut, sangat memungkinkan ROG Zephyrus Duo 16 dapat beroperasi di suhu hingga 15ᵒC lebih rendah.


Tidak hanya itu saja, berkat penggunaan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal pada ROG Zephyrus Duo 16 ini, mengakibatkan laptop ini dapat beroperasi dengan mode boost yang lebih lama. Penggunaan liquid metal khusus tersebut, juga meningkatkan TGP chip grafis GeForce RTX 3080Ti yang terpasang di ROG Zephyrus Duo 16 secara signifikan. Yaitu hingga 165W, angka tersebut jauh melampaui standar TGP laptop pendahulunya. Terlebih lagi, liquid metal tidak akan kering seperti thermal paste standar yang beredar di pasaran. Sehingga, gamer tidak perlu khawatir performanya akan turun dalam pemakaian jangka waktu yang panjang.


ROG Zephyrus Duo 16 juga dibekali dengan MUX Switch. Yaitu sebuah chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa langsung dialihkan ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafisnya terlebih dahulu.


MUX Switch juga sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya. Seperti, halnya saat bermain game berat. Karena data visualnya dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafisnya. Menyebabkan performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mengalami peningkatan hingga 30%.


Baca Juga: Canon 77D: DSLR Pemula, Rasa Profesional


Berikut adalah hasil benchmark ROG Zephyrus Duo 16 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 6900HX dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 3080Ti:









Lebih Nyaman dengan Konektivitas Lengkap




Selain dibekali berbagai keistimewaan yang mencakup hardware super powerful serta layar kedua, ROG Zephyrus Duo 16 juga hadir dengan konektivitas yang sangat lengkap dan lebih modern. ROG Zephyrus Duo 16 ini, dibekali dengan port berteknologi terkini untuk berbagai kebutuhan gaming dan content creation modern. Seperti HDMI 2.1. yang merupakan Port display output generasi terbaru. Hal tersebut memungkinkan ROG Zephyrus Duo 16 untuk dapat dibubungkan ke layar eksternal hingga resolusi 8K 60Hz atau 4K 120Hz.

Konektivitas nirkabel juga tidak luput dari perhatian. Karena merupakan hal yang tidak kalah penting bagi gamer dan content creator. Oleh karena hal tersebut, maka ROG Zephyrus Duo 16 dibekali dengan konektivitas nir kabel generasi terbaru. Dimulai dengan WiFi generasi terbaru yaitu WiFi 6E (802.11ax). Berbeda dengan WiFi generasi sebelumnya, WiFi 6E hadir dengan opsi frekuensi tambahan yaitu 6GHz yang lebih stabil dan memiliki kecepatan transfer data jauh lebih tinggi. Selain itu, ROG Zephyrus Duo 16 juga telah dibekali dengan Bluetooth 5.2 sebagai fasilitas untuk menghubungkan ke berbagai perangkat tambahan lainnya, seperti headphone atau mouse nirkabel.


Baca Juga: Deerma Water Spray Mop: Ngepel Tanpa Capek




Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top