Sunday, May 12, 2019

Review Jam Tangan Pintar Xiaomi Mi Band 3 (Indonesia). Banyak Fiturnya, Apakah Berfungsi?

 


Sejatinya, aku adalah tipe orang yang nggak betah kalau harus pake jam tangan berlama-lama. Tapi, ketika aku mulai mengenal Xiaomi Mi Band 3 dan kemudian aku membelinya, nggak ngerti kenapa aku jadi betah pakein sesuatu di pergelangan tangan ku ini. Sebenernya, Mi Band 3 sih nggak bagus-bagus amat. Cuman karena desain yang futuristik serta memiliki banyak fitur yang ternyata sangat berfungsi dalam keseharian ku, aku jadi semakin betah untuk memakainya setiap waktu. Oke, nggak perlu lama-lama, ini review jam tangan pintar Xiaomi Mi Band 3 menurut Papabackpacker:

FYI, aku udah mulai pake Xiaomi Mi Band 3 ini sejak bulan September 2018. Kalau dihitung-hitung sampai ketika tulisan ini dibuat, aku udah pake Mi Band 3 ini sekitar delapan bulan. Jangka waktu tersebut, menurut ku udah cukup bagi ku untuk mereview gimana fungsi dari jam tangan yang katanya pintar ini. Apakah dia beneran pintar? ATAU CUMAN KELIHATAN PINTAR GEGARA JAGO DAN SERING NYONTEK? Lalu, hal apa yang membuat ku yang pada awalnya anti banget ada benda asing di tangan sampai jadi hobi makein Mi Band 3 ini setiap saat? Ini dia alasannya, karena Mi Band 3 itu:

DESAINNYA FUTURISTIK, KEREN dan MODERN


Aku Benci Warna Kuning. Tapi Gegara Aku Bisa Mencintai Apa yang ku Benci, Sekarang Aku Jadi Suka Warna Kuning. Kamu Mau Aku Benci?
Nggak bisa dipungkiri, aku seneng sama bentuknya. Kalau dipake tuh kayak nggak make jam. Biasanya kalau pake jam tuh bikin risih, berat dan nggak bisa tahan lama (cepet crotnya). Kalau pake Mi Band 3 ini nggak kayak pake jam tangan deh pokoknya mah. Ya jelas, wong Mi Band 3 kan bukan jam tangan. Namanya aja Band. Alias wristband atau bracelet. Eh, nggak ngerti ding, jujur aja aslinya aku kurang paham sih. Tapi yang jelas, Mi Band 3 ini bukanlah jam tangan pintar. Lebih ke arah gelang pintar. Ya emang dia ada fitu jamnya, tapi Xiaomi lebih seneng nyebut Mi Band ini sebagai gelang pintar bukan sebagai jam tangan pintar. Soalnya lini jam tangan pintar ala Xiaomi pun juga ada lagi, mereka pun biasa nyebutnya smart watch. Naaah... jadi Mi Band ini adalah gelang pintar yang memiliki desain futuristik, keren dan berkesan modern. Nggak kerasa pake apa-apa di pergelangan tangan, walaupun dipakein terus tiap hari. Soalnya, enteng banget!

KONEK KE HP, JADI BISA NAMPILIN NOTIFIKASI


Notif Masuk dari Whatsapp Ketika ada Pesan Masuk di Aplikasinya. Nggak Cuman Whatsapp, Semua Aplikasi yang Punya Notif, Bisa Masuk juga Notifnya ke Mi Band 3 ini.
Aku adalah tipe orang yang jarang pegang hp kalau orang-orang di sekitar ku bukan ORANG YANG KAYAK GINI. Kalau orang disekitar ku pada menuhankan HP, aku bisa lebih-lebih menuhankan hp yang ku pegang dibanding mereka. Tapi kalau enggak, aku bakalan memberikan respect yang serupa atau malah lebih tinggi dibanding orang lain dengan tidak memainkan hp ketika sedang berkegiatan atau sekedar bercakap-cakap. Jadi intinya sih, aku tuh jarang pegangan hp. Nggak punya pacar cuy, siapa yang mau dihubungin? Jadi, ngapain harus menggenggam hp kan? Wkwkwk. Nggak ding, canda. Aku emang orangnya jarang megang hp sih. Soalnya kehidupan sosial yang nyata menurut ku jauh lebih menarik dibanding kehidupan sosial yang online. Yaaa... bukannya aku anti online atau anti kehidupan dunia maya ya, cuman lebih ke arah "Ada orang di depan ku, ngapain harus menyelami hp. Kenapa nggak ngobrol aja?". Oleh karena hal tersebut, aku seneng banget makein Mi Band 3 ini. Soalnya, dengan bantuan konektivitas bluetooth yang ada di hp dan juga di Mi Band 3, aku jadi bisa ngelihat notifikasi yang masuk ke hp ku. Kalau penting, pasti langsung segera ku ambil hp lalu membalasnya. Kalau nggak penting-penting amat, ku anggurin hampir seharian, terus nanti ku baca doang pesannya. Naaah, buat tipe manusia kayak aku, Mi Band 3 ini jelas sangat membantu ku untuk mengurangi intensitas menjamah hp.

PENGINGAT YANG HANDAL

Aku ini orangnya pelupa. Tapi berkat adanya Mi Band 3, aku jadi bisa sedikit mengingat hal yang akan ku kerjakan selanjutnya. Bentar... jangan berpikiran terlalu jauh ya. Mi Band 3 nggak secanggih itu kok. Maksudnya gini, aku ini nggak biasa sama yang namanya jam karet. Lebih senengnya sih ke arah tepat waktu. Jadi, Mi Band 3 ini handal banget dalam mengingatkan soal waktu. Contohnya, kamu harus udah di kantor jam 08.00 WIB. Kadang, disela-sela itu kamu lagi asyik melakukan hal lainnya yang sekiranya bisa mengalihkan perhatian mu dari waktu yang semakin mendesak. Naaah, Mi Band 3 ini bisa diatur untuk bergetar sesuai jam yang kamu inginkan. Sehingga fungsinya sebagai pengingat akan sangat kamu rasakan. Ketika Mi Band 3 ini bergetar, kamu pasti bakalan ngelihatin layarnya serta otomatis akan kembali mengingatkan mu tentang waktu. Disinilah fungsinya Mi Band 3 yang menurutku sangat fungsional banget. Sebenernya bisa sih ya pake hp, malah bisa ada suaranya, nggak kayak Mi Band 3 yang cuman bisanya getar-getar kayak vibrator atau vaginator. Tapi, untuk kamu yang jarang pegangin hp dan nggak selalu menjamah hp. Fungsi Mi Band 3 ini akan sangat bisa kamu rasakan.

ANTI AIR


Celupin ke Air pun Nggak Mati dia. Nggak Rusak. Tapi Nggak Ngerti, Kalau Kena Lendir Kenikmatan Masih Fungsi Apa Enggak. Belum Pernah Ku Cobain Soalnya wkwk (Yang Ketawa Yang Tau, Yang Nggak Tau, Belajar Lagi Materi Sex Educationnya. Atau Dalami Materi Perkembangbiakan Waktu SMA Ditambah Dengan Praktikumnya)
Ini yang menurut ku superiornya Mi Band 3. Dia udah anti air. Aku sih nggak peduli ya dia bisa dipake buat menyelam sampai berapa puluh meter. Aku nggak punya hobi menyelam-nyelam gitu soalnya. Hobi ku menyelami hati mu, lalu numpang kencing doang di sana. Yang jelas, aku mandi, aku berenang, aku tidur ngilerin Mi Band 3, gelang pintar ini tetap hidup dan nggak rusak sama sekali. Yaaaa kembali lagi dengan tameng buat kamu yang jarang menggrepek hp, fitur anti air ini sangat berguna ketika kamu lagi mandi, berenang atau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan air karena dia akan membuat mu lebih keren karena pake sesuatu di pergelangan tangan waktu air-airan. Soalnya pikiran orang itu biasanya "Wah barang mahal nih pasti, bisa anti air gitu sih soalnya". Karena hal itu, jelas kamu terlebih lebih keren. Terus dia bisa membuat mu seakan tetap terhubung dengan hp mu walaupun nggak kamu genggam dan dia juga bisa jadi pengingat yang handal ketika kamu lagi main air-airan.

Yang Kuotanya Banyak, Nih Lihat Videonya. Yang Fakir, Cukup Percayain Foto di Atas itu Fotonya Sambil Ngerendem si Mi Band 3 di Air yang Ada di Baskom.

FIND MY PHONE



Kuning Kabeh!
Ini fitur kesukaan ku. Aku yang sering lupa naruh hp, jadi kebantu banget dengan adanya fitur ini. Jadi kalau lupa naruh hp dimana, tinggal pencet-pencet di Mi Band 3 terus nanti hp ngeluarin suara. Walaupun aslinya hp dalam keadaan silent atau senyap sekalipun, ketika fitur cari perangkat di Mi Band 3 di grepek sedikit, langsung deh itu hp yang lupa naruhnya dimana dipaksa untuk ngeluarin suara yang cukup lantang, yang menjadikannya mudah untuk dicari. Bukan suara mendesah-desah sih yang jelas mah.

TRACKING KEGIATAN OLAHRAGA


Walaupun Nenen Bikin Sehat, Tapi Ngontel Jauh Bikin Lebih Sehat dan Halal.
Nah ini, fitur gaya-gayaan yang ternayata menurut ku ada gunanya. Jadi, kita bisa melakukan atau merekam data yang bisa diperoleh oleh Mi Band 3 ini ketika olahraga. Aku sih seringnya memanfaatkan fitur ini ketika aku lagi sepedaan. Fungsinya adalah untuk ngukur seberapa jauh jarak yang udah ditempuh ketika sepedaan, waktu sama rutenya mana aja. Oh ya, sama satu lagi, bisa pamer ke sosmed sih wikwik ah...





Kayaknya enam hal itu doang sih yang menurut ku jadi nilai jual Mi Band 3 ini. Terus juga enam hal tadi yang menurut ku sangat berfungsi untuk kehidupan ku sehari-hari. Sebenernya, fitur Mi Band 3 itu banyak banget. Tapi, nggak terlalu berfungsi sih menurut ku. Kayak misal yang sering digaungkan adalah:

  1. Layarnya lebih besar dibanding Mi Band 2, menurut ku ya biasa aja, mau sebesar apa sih? 
  2. Layar OLED, Percuman sih kalau layarnya gampang baret begitu kan?
  3. Ketahanan batre yang mencapai 30 hari, buat ku yang selalu konekin Mi Band 3 ke hp ku dan juga pasang banyak pengingat bergetar, Mi Band 3 cuman bertahan 7 hari doang. Nggak kayak yang digemborkan sih.
  4. Prediksi cuaca yang seringnya salah sih. Jadikan mendingan percaya Dajjal.
  5. Stop Watch, kayaknya selama aku pake Mi Band 3 ini, aku nggak pernah sekalipun memanfaatkan fitur itu deh.
  6. Ngukur detak jantung. Dulu waktu awal punya Mi Band 3, ku kira ini fitur keren. Tapi, setelah sekian lama aku menggunakan Mi Band 3 ini, ku rasa itu fitur norak yang nggak ngerti deh apaan fungsinya.
  7. Ngukur langkah kaki, jarak dan kalori yang terbakar dalam satu hari. Aku nggak terlalu ngegunain fitur ini, soalnya tiap harinya pun aku nggak kemana-mana. Rumah di situ, tempat gawe juga di situ. Terus mau kemana? Paling jalan berapa langkah doang. Pasti nggak akan mencapai 10.000 langkah perhari sesuai dengan apa yang disarankan WHO. Jadi, apa guna fitur itu pun aku nggak merasakan dampak atau manfaatnya selain cuman "cukup tau".
Oh ya, ada satu lagi fitur yang bisa kumanfaatkan dari Mi Band 3 ini diluar enam fitur bermanfaat yang udah ku sebutin tadi di atas, yaitu sebagai PENUNJUK WAKTU. Ya, Mi Band 3 emang bukan smartwatch dia adalah wearable device atau gawai yang dipake-able yang memiliki fitur untuk menayangkan jam melalui layar mungilnya. Lihat jam dari Mi Band 3 ini berasa keren banget. Soalnya Mi Band 3 kan nggak nyala terus ya, dia bisa nyala dan bisa mengaktifkan fitur menunjukkan waktunya ketika dia di elus-elus atau ketika tangan di angkat. Jadi, yang kelihatannya mati, ketika tangan kita diangkat dia akan nyala kemudian menunjukkan tampilannya dengan cara menyala. Ini bisa buat gaya!

Mi Band 3 yang Awalnya Mati, Tinggal Goyangin Tangan Dikit, Nyala deh Dia. Keren Gila ini sih!
Jadi kesimpulannya adalah, Mi Band 3 ini berfungsi dengan sebagaimana mestinya dan yang jelas dia cocok dipake buat gaya!

Nah ini, Selain Bisa Gaya, Upload Heart Rate Ginian di Story Bisa Berujung Chat yang Lebih Mendalam. Yakinlah!

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com
Admin Website        http://www.wonopringgo.desa.id
Admin Website        http://www.perpusdes.com
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Whatsapp                 08157677726 or CLICK (Just Click to Chat)
Telegram                  @bayutaufani or CLICK (Just Click to Chat)
Line                          bayutaufani or CLICK (Just Click to Chat)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top