Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Tuesday, May 14, 2019

Pengertian serta Perbedaan antara Domain dan Hosting


Saat kamu menjelajah internet, tentu pernah dengar istilah Domain dan Hosting. Pasti telinga mu nggak asing mendengar dua istilah tersebut. Soalnya Domain dan Hosting ini adalah nyawanya semua yang ada di internet zaman sekarang ini. Tanpa ada domain dan tanpa adanya hosting, informasi yang sekarang masif terdistribusikan nggak akan ada bentuknya. Lantas, apa sih pengertian domain dan hosting? Apa perbedaannya? Mari kita bahas lebih intim pada paragraf selanjutnya...

FYI, ini adalah serial lanjutan dari tulisan sebelumnya yang khusus bahas blogging. Yang sedang kamu baca sekarang ini adalah bagian yang ke tiga. Sebelumnya aku udah bahas gimana gampangnya bikin blog. (Cara Bikin Blog Lewat HP) Lalu pada bagian kedua aku sedikit membahas tentang Wordpress atau Blogger yang menjadi platform terbaik untuk blogging. Lalu, ini serial ketiga akan membahas tentang Domain dan Hosting. Tapi, karena ini bacaan serial, biar nggak bingung kamu harus ngikutin dari awal. Jadi buat kamu yang ketinggalan serialnya sebelumnya, bisa dibaca di sini:

BACA: Panduan Lengkap Membuat dan Mengelola Blog dari Awal atau Dari Nol (Link ini berisi sekumpulan artikel tentang blogging yang udah kujadiin satu)

BACA BAGIAN PERTAMA: Kenapa Harus Punya Blog? (Cara Membuat Blog di HP)

BACA BAGIAN KEDUA: Pilih Wordpress atau Blogger? Ini Platform Terbaik untuk Ngeblog!

NB: Kalau kamu udah baca bagian pertama dan kedua, sekarang kamu sedang berada di bagian ke tiga. Selamat! Kamu sudah berada di jalur yang tepat. Oke Lanjut!

Kalau menurut artikel yang ku baca, Domain itu diibaratkan sebagai alamat. Tiap komputer yang berhubungan satu sama lain, akan memiliki alamat IP yang berbeda. Tapi alamat IP yang ada, bentuknya itu deret angka susah banget buat dihafalkan. Contoh: 192.168.1.255. Susah buat diinget kan? Oleh karena hal itu, untuk menyederhankan dan agar lebih untuk diingat, munculah alamat domain sebagai penyelamat. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet.

Sementara Hosting sendiri adalah tempat yang berfungsi untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data yang dimaksud dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database, dll.

Pusing kan ya banyak istilah-istilah perbloggingan yang nggak biasa disebut di khalayak umum. Malah jadi semakin pusing mahamin apa itu domain dan apa itu hosting. Tenaaaang, aslinya gampang banget dipahami kok. Domain itu diibaratkan sebagai alamat rumah mu. Sementara Hosting sendiri adalah bangunan rumah mu berserta dengan isinya-isinya. Naaah kalau dikaitkan dengan istilah perinternetan, Domain itu adalah sebuah alamat yang akan digunakan orang lain yang akan mengunjungi suatu website tertentu. Contohnya: papabackpacker.com facebook.com, facebook.com, instagram.com itu adalah domain. Atau kadang orang menyebutnya sebagai alamat wesite. Kalau hosting, adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan segala data digital atau file yang dibutuhkan oleh website atau domain yang akan menampilkan suatu informasi..

Jadi, antara Domain dan Hosting ini udah jelas mereka berdua itu berbeda. Alias tidak sama. Kalau disambungin sama bagian kedua yang udah ku tulis DI SINI, yang milih pake platform blogger, nggak perlu pusing-pusing mikirin apa yang namanya hosting. Karena kalau pake platform blogger dan ingin membuat website atau blog yang terlihat lebih profesional, cukup mengurus pembelian domain saja. Soalnya hostingnya masih numpang di layanan punyanya google. Beda cerita kalau yang pake platform wordpress, kudu dan harus beli domain serta hosting sendiri.

Masih ada yang bingung kah perbedaan antara domain dan hosting?

Harusnya sih udah enggak ya. Kalau masih bingung coba pahami kembali analogi berikut:

Domain itu alamat rumah mu. Sementara Hosting adalah bangunan rumah beserta isinya.

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com
Admin Website        http://www.wonopringgo.desa.id
Admin Website        http://www.perpusdes.com
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Whatsapp                 08157677726 or CLICK (Just Click to Chat)
Telegram                  @bayutaufani or CLICK (Just Click to Chat)
Line                          bayutaufani or CLICK (Just Click to Chat)
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews