Tuesday, February 12, 2019

Cerita Pindah Blog: Panduan Lengkap Membuat dan Mengelola Blog dari Awal untuk Pemula

 


Dulu, waktu SMP aku udah mainan blog. Sebelum tugas sekolah yang mewajibkan murid-murid untuk membuat dan memiliki blog, aku udah melakukan hal tersebut duluan di rumah. FYI, di rumah ku udah ada koneksi internet sejak aku kelas 6 SD. Lalu orang tua ku mengarahkan ku untuk membuat dan mempelajari tentang blog. Awalnya aku nggak minat. Tapi waktu orang tua ku bilang "Kalau blog mu terkenal, kamu bisa cari duit lewat internet. Kamu tinggal tidur doang, kamu tetep bisa dapet duit". Seketika, kata-kata itu langsung meracuni pikiran ku. Siapa yang nggak pengen dapet duit dari blog dengan cara tidur-tiduran doang?

Ini adalah lanjutan dari tulisan ku sebelumnya. Tempo hari, aku sempat menulis tentang 3 pindahan yang ku alami dalam 1 tahun. Kalau belum sempat baca itu, baiknya baca dulu tulisan ku yang itu, baru lanjut baca ke paragraf selanjutnya. Untuk tulisan ku terdahulu, linknya udah ku sertakan di bawah.

Baca: Pindah 3 Kali dalam 1 Tahun

Ku kasih tau, Semarang itu pergaulannya keras. Faktanya, aku udah kenal internet sejak kelas 6 SD. Faktanya lagi, waktu itu bokep semudah itu buat didapetin, gampaaaang banget dapetinnya. Dulu, aku sukanya bukain lalatx.com yang sekarang udah diblokir sama pemerintah. Naaah... terinspirasi dari blog bokep yang bisa menghasilkan duit gegara upload foto cewek-cewek telanjang, aku jadi termotivasi. Pengen cari duit dengan cara seperti itu pula. Yak betul, aku pengen upload-in koleksi foto-foto cewek telanjang yang udah ku kumpulin sejak SD ke dalam blog yang mau ku bikin. Lalu, menghasilkan duit dari situ.

Seperti kebanyakan anak Indonesia pada umumnya yang bokepan, terus ketahuan orang tuanya, habis itu dihajar, disabet, dipukul dan kekerasan fisik lainnya, aku pun pernah mengalami hal tersebut. Dulu Indonesia belum se-alay sekarang, anak kecil salah terus digampar sama orang tuanya, bukan sebuah masalah besar. Menurut ku malah bagus kayak gitu sih, bikin kapok kan ya. FYI, dulu media penyimpanan belum secanggih sekarang. Flasdisk masih mahal, sementara yang terjangkau untuk sebagian besar masyarakat adalah disket sama CD. Naaaah... setelah aku kena damprat karena ketahuan punya bokep, otomatis disuruh hapusin semua file bokep yang ku punya kan ya. Yaudah, akhirnya kulakukan hal tersebut di depan orang tua. Ku hapusin semua, orang tua ku pun menyaksikannya langsung. Tapi, yang namanya Bayu mah emang agak sengkleh orangnya. Aku udah punya back up beberapa bokep yang kuanggap "berkelas", yang terbagi ke dalam beberapa disket dan cd yang kusimpan rapat-rapat. Orang tua ku nggak tau. Misi sukses! Tapi ya tetep aja, anak kecil habis dikepretin setelah itu ya pasti takut lah ya. Nggak bakalan berani macem-macem lagi. Hingga akhirnya back up bokep yang ku punya, sama sekali nggak pernah ku sentuh lagi, sama sekali nggak pernah ku buka lagi.

Karena dari tadi ngomonginnya bokep, nggak mungkin kan ku kasih foto bokep di sini. Nih ku kasih foto idola baru nih. Namanya siapa? Cari google. Yang penting ini sedot duluuuu...
Masuk ke SMP, ada pelajaran TIK kan ya? Salah satu bab yang ada di pelajaran itu adalah Blog. Naaah, aku inget banget, dulu ada tugas yang namanya membuat blog. Aku mungkin salah satu dari sekian banyak murid yang udah punya blog sebelum tugas dari guru tersebut turun. Intinya sih, aku udah kenal dunia blogging sejak sebelum disuruh tugas bikin blog waktu SMP dan periode setelah SD. Periode awal ngeblog, karena guru nyontohinnya pake blogspot. jadilah aku mulai ngeblog di platform blogspot. Waktu itu, semangat ngeblog ku tinggi banget pokoknya. Kayak pacaran masa awal gitu, lagi anget-angetnya, lagi asyik-asyiknya, lagu seru-serunya. Saking semangatnya, tampilan blog ku, aku otak-atik sedemikian rupa. Agar sesuai dengan apa yang kuinginkan. Cari tutorial di google terus langsung praktekin. Dulu youtube belum terkenal. Jadi, satu-satunya cara buat belajar ya googling doang. Nah ini, periode SMP ini aku jadi inget kata-kata ajaib yang waktu SD pernah orang tua ku bilang "Kamu bisa dapet duit dari internet tanpa harus susah-susah kerja". Waktu ada tugas bikin blog, aku udah punya blog duluan dong. Walaupun isinya alay-alay nggak jelas curhatan anak kecil. Ajaibnya, aku lupa kalau aku punya keinginan "Upload bokep di disket sama CD buat dimasukin ke blog". Karena saking semangatnya bikin blog informatif sesuai arahan dari guru pengampu pelajaran TIK. Aku lupa kalau dulu punya cita-cita buat bikin blog bokep. Kayaknya aku kudu berterimakasih sama guru TIK ku zaman SMP. Karena berkat beliau, aku jadi lupa cita-cita bangsat dan tidak terpuji ku itu.

Singkat cerita, aku yang sok tau ini otak-atik kode HTML blog yang ternyata ada kesalahan yang kubuat. Sehingga tampilan blog ku jadi nggak karuan bentuknya. Parahnya, aku nggak bisa memperbaikinya seperti keadaan semula. Hingga akhirnya, aku alergi sama yang namanya kode HTML yang kayak tai susah dipelajarin itu. Saat itu pula, aku memutuskan untuk berhenti ngeblog. Kemudian aku kembali memutuskan untuk menjadi bokeper lagi. Lebih semangat dibanding waktu SD. Langganan bokep ku juga bertambah dari yang cuman lalatx terus nambah xnxx, tube8 dan keezmovies yang kubukain hampir tiap hari. Tapi udah nggak punya cita-cita buat bikin blog bokep lagi. Pada waktu itu, aku malah jadi konsumen bokep. Pepatah zaman dulu banyak benernya ya ternyata. Mau serapih apa bangkai disembunyikan, bau busuknya akan tercium juga. Indonesia dulu masih asyik cuy, anak ketahuan bokepan langsung gampar, sabet, tempeleng beeeh keren pokoknya. Dan aku kena untuk yang kedua kalinya. Gara-gara bokep cuy... kena damprat lagi. Hidup Bokep!

Eh udah ah ngomongin bokepnya, malu sendiri lama-lama ya membongkar aib sendiri. Cukup deh, bagian bokep cukup sampai di sini aja. Kenapa kudu ngomongin bokep? Soalnya ini berhubungan dengan traffic blog. Kenapa harus bokep? Karena masyarakat Indonesia suka bokep. Jadi, biar traffic blog tinggi dooong.

Biar semangat bacanya. Nih ku kasih foto cewek cantik.
Mari kita kembali ngomongin blog!

Sedari SMP sampai SMA, polanya sama. SMP bikin blog, besoknya lupa password. SMA dapet tugas bikin blog, besoknya lupa password lagi. Bikin blog di SMP sama aja kayak bikin blog pas di SMA. Nggak ada perkembangan. Yang diajarin pun juga sama, pake platform blogspot. Terus diajarinnya juga sama; seputaran gimana cara upload gambar, video sama tulisan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan membuat sebuah postingan. Saat itu, dunia blog sangat tidak menarik buat ku. Terlebih lagi sama blogspot. Aku udah benci sama blogspot. Udah alergi aku kode html. Disentuhnya kalau ada tugas doang dan itu pun pasti blog baru lagi. Jadi, aku nggak punya blog yang langgeng, selalu kandas di tengah jalan, lupa terus bikin yang baru. Kejadian ini berlanjut sampai SMA, aku sama sekali udah nggak lagi punya blog yang ku urus.

Dulu PAPABACKPACKER itu bentuknya begini. Nggak ada curhat alay kayak sekarang. Isinya full traveling doang. Btw, kok aku jadi kangen traveling jauh-jauh...
Singkat cerita di tahun 2012, aku mulai kenal sama yang namanya Wordpress. Platform blogging saingan Blogspot yang nggak pernah diajarin sama guru SMP maupun guru SMA ku dulu. Kuno mereka. Setelah ku pelajari, aku memperoleh kesimpulan bahwa Wordpress memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya jika dibandingkan Blogspot. Dimana, pengguna enggak dibuat pusing sama yang namanya kode HTML. Faktanya, kode HTML adalah barang membingungkan yang bikin aku males sama yang namanya blog. Beda cerita di Wordpress, semuanya dibuat sesederhana mungkin. Menurut ku sih semua kalangan pasti bisa ngeblog pakai platform Wordpress. Karena kemudahan tersebut, tepat ditahun 2012, aku memutuskan untuk mulai ngeblog lagi dengan menggunakan platform wordpress. 

Ketagihan mainan blog di Wordpress, selama periode kurang lebih 4 tahun ngeblog aku berhasil menghasilkan 31 postingan original tanpa copy paste. Mungkin kalau dibanding blogger lain, jumlah segitu tergolong kecil. Tapi bagiku, itu merupakan pencapaian terbesar dalam hidup ku. Intinya aku udah seneng banget dan jatuh cinta sama si Wordpress ini. Sampai puncaknya, kunjungan perhari di blog bisa mencapai angka 70an hingga meningkat menjadi sekitar 100an per hari. Periode tersebut merupakan periode tertinggi ku dalam dunia blogging. Soalnya di blog-blog ku sebelumnya paling cuman 10 kunjungan per hari, itu pun 5 lainnya aku sendiri yang bolak-balik klik blog ku sendiri. Setelah merasa pengalaman ngeblog ku udah mulai terasah, aku mulai egois, mulai sombong dong. Hingga kemudian timbul niatan "Kalau blog ku jadi papabackpacker.com tanpa ada wordpressnya kayaknya keren nih". Hingga akhirnya aku memantapkan diri untuk merubahnya serta membeli sebuah domain.

Aku nggak ngerti kenapa artikel yang bau seks, pasti laku. Kayak di atas tuh, pake keyword  SUSU DIJEMUR sehari yang nonton bisa sampai 44 orang.
Setelah keangkuhan ku muncul, lalu timbul masalah lagi ketika aku pengen alamat blog ku jadi kelihatan lebih profesional dibanding sebelumnya. Alamat blog ku waktu di wordpress itu awalnya adalah papabackpacker.wordpress.com. Naaah... karena keangkuhan ku, aku pengen merubah alamat blog yang panjang itu menjadi lebih singkat dan ku rubah hanya menjadi papabackpacker.com tanpa ada embel-embel wordpress dibelakangnya. Lalu, timbul masalah selanjutnya. Yaitu biaya beli domain di Wordpress.com itu mahal banget. Aku nggak mampu. Hingga akhirnya aku putus asa. Ada kali itu aku berhenti ngeblog sekitar 4 bulanan. Biasanya tiap bulan aku bikin tulisan baru, selama 4 bulan itu aku sama sekali nggak bikin tulisan apapun. Dalam masa ngambek selama 4 bulan itu, aku cari-cari informasi gimana caranya biar aku tetep bisa punya blog yang kelihatan labih profesional dengan biaya yang tidak profesional alias murah. Nggak gampang nemu info yang bener-bener gamblang menuntun satu persatu, langkah perlangkah dari nol sampai bisa jadi blog yang memiliki domain khusus sesuai yang kita inginkan.

Hingga akhirnya aku menemukan fakta bahwa kalau mau punya alamat blog dengan akhiran .com dengan biaya termurah satu-satunya cara adalah dengan lewat platform blogspot. Karena keinginan kuat untuk memiliki blog yang terlihat profesional, mau nggak mau, akhirnya aku harus merelakan dan meninggalkan semua cerita manis di wordpress menuju platform yang ku benci karena kerumitan kode HTMLnya, blogspot. Aku sempat mengalami masa 100an viewer per hari ketika masih di wordpress yang kemudian sempat beberapa minggu, menjadi 0 viewer di blogspot. Seketika itu aku sempat merasa menyesal kenapa harus mempertaruhkan cerita manis itu kemudian menggadaikannya dengan alamat blog baru. Aku nyesel banget tuh. Ingin rasanya balikan. Tapi ku urungkan niat ku. Hingga akhirnya, pindahlah aku ke blogspot dan menggunakannya hingga sekarang. Sumpah, bikin blog kayak gini itu murah banget. Gampang banget. Nggak sesulit yang dibayangin. Kalau bisa download bokep di internet, yakinlah kalau but blog yang akhirannya .com pasti bisa banget. Melalui postingan ini, akan ku bagikan pengalaman ku hingga memiliki blog dengan domain sendiri ini. Bakalan ku jelasin sejelas-jelas yang aku mampu ke kalian semua pembaca setia papabackpacker.com

Untuk postingan ini rencananya akan ku buat beberapa seri. Mau ku urutin semuanya, langkah-langkah apa aja yang harus kamu lakukan kalau pengen punya blog yang kelihatan lebih profesional dangan nama yang kamu tentukan sendiri. Dari awal, dari masa persiapan, proses, sampai hasil akhirnya dan kemudian mengelolanya. Semuanya bakalan ku tulis selengkap-lengkapnya. Nggak perlu beli, semuanya bisa kamu kerjain sendiri. Nggak perlu bingung, karena aku bakalan cerita semua kegundah gulanaan yang ku alami ketika memilih antara wordpress, blogspot atau yang lainnya sehingga kamu yang mau bikin blog, website, web blog ataupun toko online atau apapun yang berhubungan dengan data digital mu, bisa kamu kerjain sendiri. Nggak usah beli, mahal. Ketika kamu bacain ini, harapannya kamu bisa mengerjakannya sendiri. Semuanya akan ku bahas tuntas, nggak ada yang kututup-tutupi.

Untuk kerangka serial yang bakalan ku buat, kurang lebih kira-kira kayak gini: (Nanti bisa aja ditengah-tengah tetiba ku tambahin yang belum ku tulis)

Untuk menu di bawah ini, silahkan di Klik langsung aja. Kalau udah bisa di klik, berarti tulisannya lengkapnya udah ku buat. Kalau belum bisa di klik, berarti aku belum sempet buat tulisannya. Makanya, subscribe blog papabackpacker.com biar ketika aku update info baru, kamu bisa langsung tau. Tombol Subscribenya ada di bagian kanan layar (Kalau kamu pake komputer atau laptop) kalau pake smartphone, tombolnya ada di bagian bawah.

Let's start!
  1. Kenapa Harus Punya Blog?
  2. Pilih mana? Wordpress atau Blogspot (Blogger)?
  3. Pengertian Domain dan Hosting
  4. Cara Beli Domain Murah Banget
  5. Kenapa Harus Beli Domain di Namesilo?
  6. Cara Beli Domain di Namesilo
  7. Cara Menyambungkan Domain di Namesilo dengan Blogspot
  8. ????
  9. ????
  10. ????
  11. ????
Akhir Kata, Salam Buat "Papa"!

Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top