Minggu, 07 Juni 2020

Membuat Email Profesional untuk UMKM


Sebelum memutuskan untuk Membuat Email Domain Sendiri, ada baiknya UMKM perlu mengetahui apa keperluannya terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, proses pembuatan email domain sendiri tidak ada yang menawarkan jasanya secara gratisan. Dengan demikian, tentu akan ada biaya yang dikeluarkan apabila ingin memiliki email domain sendiri. Terlebih untuk UMKM, dengan timbulnya biaya yang berlebih, mungkin akan memberatkan keuangannya. Tapi tenang, kali ini saya akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat email domain sendiri yang cocok untuk UMKM. Tanpa perlu banyak cakap lagi, ini cara Membuat Email dengan Domain Sendiri yang Cocok untuk UMKM. Let's check it croooot!

DAFTAR ISI
Membuat Email Domain Sendiri
Untuk UMKM

Ada banyak cara untuk memiliki dan menggunakan email domain sendiri yang cocok untuk UMKM. Penggunaan email namamu@domainmu.com bisa hanya digunakan sebagai penerima email saja. Atau bisa juga melakukan fungsi untuk mengirim dan menerima pesan seperti email berdomain @gmail.com yang selama ini kita gunakan. Jadi, penggunaan email dengan domain sendiri memiliki fungsi yang berbeda. Tergantung pada kebutuhan email spesifik yang ingin digunakan. Hanya bisa untuk menerima email saja, atau dapat menjalankan fungsi menerima dan mengirim pesan sekaligus. Sebelum anda menjadi lebih bingung karena membaca paragraf ini, mari lanjutkan membaca paragraf selanjutnya.

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk memberikan solusi yang tepat untuk anda. Agar anda dapat memilih email domain sendiri mana dengan fungsi yang tepat dan sesuai untuk anda gunakan. Utamanya untuk pelaku UMKM. Apabila anda bukan pelaku UMKM, artikel ini bisa menjadi referensi untuk menghemat biaya yang dikeluarkan untuk keperluan domain dan email. Karena pada dasarnya, pemilihan email domain sendiri pada artikel ini, akan menitikberatkan pada penghematan biaya agar sesuai dengan UMKM. Pada paragraf selanjutnya, akan dikupas lebih lanjut mengenai solusi yang berdasarkan pada kelebihan dan kekurangan dari kedua opsi di atas. Yaitu email domain sendiri yang hanya bisa menerima email saja atau yang sekaligus bisa menerima dan mengirim pesan.

1. Menerima Email Saja

1.1. Menggunakan Email Forwarding

Jadi, untuk bisa memperoleh alamat email dengan domain sendiri, harus ada satu syarat mutlak yang wajib untuk dipenuhi. Yaitu anda harus memiliki alamat domain terlebih dahulu. Setelah memiliki alamat domain, pastikan tempat anda membeli domain menyediakan layanan yang bernama Email Forwarding. Apabila membeli domain di namesilo, layanan tersebut disediakan gratis pada setiap alamat domain yang anda beli. Tanpa ada penambahan biaya lagi. 

Terlebih apabila anda membeli domain di Namesilo dengan memasukkan kupon diskon yang tertera di bawah paragraf ini. Tentu akan lebih menghemat pengeluaran anda. Karena akan mendapatkan potongan langsung sebesar $1. Seperti yang tadi saya tulis, pembelian domain di Namesilo memberikan fasilitas Email Forwarding yang dapat digunakan untuk membuat alamat email dengan domain sendiri. Serta anda berkesempatan mendapatkan potongan sebesar 1$. Tentu hal tersebut akan semakin menghemat pengeluaran anda.


Dengan menggunakan fasilitas Email Forwarding dari Namesilo, tentu anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi. Tinggal melakukan beberapa langkah pengaturan saja. Email dengan domain sendiri yang anda beli di Namesilo akan langsung bisa anda gunakan hanya untuk menerima pesan saja. Sangat cocok untuk UMKM yang memiliki budget mungkin sangat terbatas. Karena layanan ini adalah layanan gratisan, sehingga fungsinya menjadi tebatas pula. Anda hanya bisa menerima email saja tanpa bisa mengirim email jika menggunakan metode email forwarding ini. 

Sebagai gambaran, untuk mengirim email pemesanan, pelanggan dapat mengirimkannya melalui email dengan alamat namamu@domainmu.com. Kemudian, email dari pelanggan akan diteruskan (sesuai dengan namanya email forwarding) ke alamat email yang biasa anda gunakan dengan domain namamu@gmail.com contohnya. Jadi, segala pesan masuk melalui alamat email namamu@domainmu.com akan bisa dibaca dengan menggunakan alamat gmail milik anda. 

Email domain sendiri tipe ini sangat cocok apabila digunakan sebagai email pemesanan. Tanpa perlu ada konfirmasi lagi melalui email. Jadi, pelanggan seolah-olah mengirimkan pesan ke alamat email domain sendiri milik anda. Padahal email atau pesan tersebut masuk ke inbox email gmail dan pelanggan tidak mengetahui itu. Asalkan, anda tidak membalas email tersebut menggunakan email berdomain @gmail.com. Apabila itu anda lakukan, bukannya pelanggan akan menjadi percaya. Bisa jadi email yang anda kirim akan dianggap sebagai spam atau penipuan. Itu artinya, dapat menggagalkan proses transaksi anda.

Dengan menggunakan email domain sendiri tipe ini, konfirmasi atau pesan atau order akan diteruskan melalui whatsapp atau aplikasi perpesanan sejenis, bukan menggunakan email. Seperti yang sudah ku tulis tadi, apabila anda membalas pesan tersebut, email dengan domain @gmail yang akan masuk ke inbox pelanggan anda. Karena, email tipe ini hanya dapat menerima pesan saja.

Kelebihan:
  • GRATIS
  • Pengaturan yang sangat mudah apabila melakukan pembelian domain melalui Namesilo.com
  • Ini hanya akan meneruskan email yang diteruskan ke domain anda menuju akun email yang saat ini sedang anda gunakan. Sehingga, tidak diperlukannya pengaturan tambahan lagi. Misalnya, jika saat ini anda menggunakan Gmail, Outlook.com, Hotmail, dll., maka email yang diteruskan ke domain anda hanya muncul di kotak masuk email yang ada.
Kekurangan:
  • Tidak ada fitur lanjutan seperti webmail, account per-pengguna dan pengaturan, dan filter email kustom.
  • Anda akan memerlukan layanan hosting atau perangkat lunak tambahan lainnya dari pihak ketiga. Guna untuk mengirim email agar tampak berasal dari domain anda.
  • Hanya bisa digunakan untuk menerima email saja.
Jika anda memutuskan untuk menggunakan email dengan tipe ini (Forwarding Email atau penerusan email) untuk dapat menerima email, silakan pertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang sudah saya sebutkan di atas. Sebelum memutuskan menggunakan email tipe yang ini, alangkah baiknya baca paragraf selanjutnya yang juga menawarkan sesuatu yang gratis juga, tetapi lebih powerful.

1.2. Menggunakan Hosting Pihak Ketiga

Berbanding terbalik dengan tipe email forwarding. Dimana email hanya akan diteruskan ke alamat email yang anda gunakan sekarang, email hosting menawarkan solusi yang lebih lengkap. Seperti dengan penerusan email ke beberapa email anda lainnya. Ada beberapa Kelebihan dan Kekurangan jika menggunakan metode menerima email menggunakan hosting email dari pihak ketiga.

Kelebihan:
  • Lebih fleksibel termasuk pilihan lanjutan seperti webmail, IMAP, pengaturan per-pengguna, penyaringan email kustom, dll.
  • Anda mungkin dapat menggunakan layanan atau perangkat lunak yang sama untuk mengirim dan menerima email menggunakan domain anda.
Kekurangan:
  • Banyak layanan yang tidak GRATIS.
  • Pengaturan cenderung lebih rumit. Tidak semudah pengaturan email forwarding. Anda harus menghubungi penyedia layanan atau perangkat lunak untuk malakukan petunjuk khusus guna menautkan domain anda ke layanan yang anda pilih.
  • Selain sudah berbayar, alih-alih anda akan dapat menggunakannya untuk mengirim email, metode ini hanya dapat anda gunakan untuk menerima email. Seperti fasilitas email forwarding gratis milik Namesilo.
  • Hanya bisa digunakan untuk menerima email saja.
Pembuatan email domain sendiri dengan cara ini sudah sangat jarang digunakan. Alasannya adalah akan membuat menjadi tidak efisien karena harus menyewa hosting email terpisah. Harga yang ditawarkan biasanya mendekati menyewa email hosting yang bisa digunakan sekaligus untuk menerima dan mengirim pesan email. Jadi, saran saya, jangan gunakan metode ini. Apabila anda membeli domain bukan di Namesilo dan penyedia domain tersebut tidak memiliki fasilitas email forwarding, pindahkan saja domain anda ke Namesilo. Daripada mengeluarkan biaya berlebih hanya untuk membeli fasilitas email forwarding yang bisa anda dapatkan secara gratis jika menggunakan layanan pembelian domain milik Namesilo.  

2. Menerima sekaligus Mengirim Email

2.1. Menggunakan Hosting Pihak Ketiga

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas. Metode ini mirip dengan apa yang ditawarkan pada bagian menerima email menggunakan hosting pihak ketiga yang untuk saat ini sudah sangat jarang digunakan. Karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan kebermanfaatannya. Dibanding menyewa hosting email yang hanya bisa digunakan untuk menerima email saja, tentu akan lebih powerful apabila menyewa hosting email yang bisa melakukan fungsi keduanya sekaligua. Karena harga yang ditawarkan tidak terpaut terlalu jauh.

Pada dasarnya, kebanyakan orang tidak hanya ingin menerima email ke alamat email domain sendiri saja. Mereka juga ingin bisa menerima sekaligus mengirim pesan email yang berasal dari alamat email dengan domain miliki sendiri. Sebagai informasi saja, Namesilo tidak menyediakan layanan hosting email ini. Jadi, harus mengeluarkan biaya lebih untuk dapat membuat email domain sendiri. Berikut layanan email populer dan terpercaya yang menyediakan layanan hosting email beserta perangkat lunak atau softwarenya sekaligus:
  • Gmail
    Gmail adalah layanan webmail populer yang ditawarkan oleh Google yang mendukung Custom dari header. Namun, Anda akan perlu untuk memastikan 2FA diaktifkan dan bahwa Anda mengikuti petunjuk ini untuk mengkonfigurasi fitur ini.
  • Yandex Mail
    Yandex mail adalah layanan webmail populer yang ditawarkan oleh Yandex yang mendukung Custom dari header.
  • Outlook.com
    Outlook.com adalah layanan webmail populer yang ditawarkan oleh Microsoft yang mendukung Custom dari header.
  • Layanan Lokal
    Siapnge.com qwords.com domainesia webhost dll.
Kelebihan:
  • Banyak banget. Tergantung layanan mana yang akan di pilih. Yang jelas pengaturan yang bisa diatur sesuka dan semau kita.
Kekurangan:
  • Biaya berlangganan yang cukup mahal bagi UMKM.

2.2. Menggunakan Hosting Gratis

Jika anda memutuskan bahwa email forwarding (Penerusan email) bukan pilihan yang tepat untuk anda. Juga penggunaan hosting berbayar juga kurang tepat untuk anda. Tetapi anda tetap ingin memiliki email dengan domain sendiri yang tentunya sangat cocok untuk UMKM, tenaaang... masih ada jalan. Ini yang pada beberapa paragraf sebelumnya ku sebut sebagai sesuatu yang gratis dan powerful. Berikut adalah layanan hosting email gratis guna membuat email domain sendiri untuk UMKM:
  • Zoho Mail
    Walaupun pada bagian berikutnya Zoho Mail termasuk sebagai penyedia layanan hosting email yang berbayar, berbeda untuk kali ini. Karena Zoho Mail menawarkan solusi hosting email gratis yang tidak kalah dibanding yang berbayar. Anda mendapatkan lebih dari sekadar hosting email secara gratis karena penawaran layanan mereka dirancang untuk bersaing dengan Gmail milik Google Apps. Jika Anda memerlukan fitur di luar paket gratis mereka, anda dapat mengupgrade nanti sesuai kebutuhan anda. Selain itu, Zoho Mail menawarkan aplikasi mobile yang dapat anda gunakan untuk mengakses layanan email anda. Baik mengirim email, melihat kotak masuk ataupun kebutuhan email sebagaimana mestinya. 
  • Yandex Mail
    Tidak seperti Zoho, yang menawarkan email bersama dengan dokumen, sinkronisasi kalender, ruang kolaborasi bersama, dsb. Yandex Mail hanya menawarkan hosting email gratis dan penyimpanan cloud saja. Yandex Mail menawarkan aplikasi mobile untuk mengakses email di mana saja untuk Android dan IOS/iPhone.
Apabila anda menggunakan layanan pembelian domain melalui Namesilo, anda dapat mempermudah proses pengaturannya. Karena Namesilo sudah mendukung kedua layanan tersebut di atas untuk digunakan bersamaan dengan domain yang dibeli di Namesilo. Terlebih, Namesilo sudah menyediakan template yang tinggal digunakan dengan beberapa klik saja, untuk proses pengaturan. Sehingga alamat email domain sendiri dapat langsung digunakan dengan mudah.

3. Email Domain Sendiri yang Cocok untuk UMKM

Setelah membaca uraian di atas terkait langkah, kekurangan dan kelebihan dalam membuat email domain sendiri, anda menjadi sedikit lebih tau. Harapannya, agar anda dapat memutuskan layanan email mana yang lebih cocok digunakan untuk kebutuhan anda. Kalau saya sih, lebih cocok untuk menggunakan layanan email dengan menggunakan hosting gratis. Layanan yang saya gunakan adalah layanan pembelian domain di Namesilo dan menggunakan layanan dari Zoho Mail. Mungkin, layanan yang saya pakai, akan cocok juga digunakan untuk UMKM. Karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan layanan lain yang telah disebutkan di atas. Tetapi, kegunaannya menyamai layanan dengan biaya yang lebih mahal. Atau bahkan bisa lebih powerful karena melebihi beberapa opsi di atas. 

Untuk artikel selanjutnya, akan saya bagikan bagaimana cara membuat layanan email domain sendiri yang menggunakan hosting gratis dari Zoho Mail. Subscribe Papabackpacker.com melalui bagian footer blog ini. Scroll hingga ke bagian bawah baik melalui desktop pc atau melalui smartphone. Lalu temukan bagian pengikut. Kemudian tekan tombol ikuti yang berwarna biru. Dengan demikian, anda akan langsung mendapatkan pemberitahuan langsung ke email anda ketika ada artikel baru di Papabackpacker.

Baca Juga:

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top