Jumat, 05 Juni 2020

3 Langkah Memiliki Email Domain Sendiri


Zaman sekarang, memiliki email domain sendiri tergolong cukup mudah. Hanya dibutuhkan 3 langkah saja untuk kamu bisa mempunyai email dengan domain sendiri. Iya, cuman 3 langkah doang dan kamu bisa punya email dengan domain sendiri. Contohnya seperti ini namamu@domainmu.com baik nama mu ataupun domain mu, bisa kamu atur sesuka hati mu. Semakin unik dan semakin mudah diingat, email domain sendiri yang kamu miliki, akan semakin mudah diingat orang lain pula. Tentu hal tersebut akan semakin memudahkan untuk melakukan sesuatu kedepannya. Entah melakukan penjualan, pemesanan ataupun hanya sekedar untuk personal branding saja. Daripada ini semakin panjang nggak jelas bahas apaan, mendingan langsung ku kasih tau gimana caranya untuk kamu bisa memiliki email domain sendiri.

Keuntungan Memiliki Email Domain Sendiri

Sebelum ku kasih tau langkah per langkah untuk memiliki email domain sendiri, ku kasih tau beberapa keuntungan seandainya kamu menggunakan email domain sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Reputasi: Akan membuat Organisasi, Perusahaan, UMKM, Bisnis milik mu terlihat lebih profesional, baik dimata sesama organisasi, pebisnis ataupun pelanggan. Karena dengan adanya nama domain sendiri yang berupa identitas Organisasi, Perusahaan, UMKM ataupun Bisnis yang disertakan pada alamat email, akan memberikan efek percaya kepada si penerima email. Jelas akan terlihat lebih baik apabila menggunakan email gratisan dengan domain gmail, ymail ataupun domain email gratisan lainnya.
  2. Dianggap Serius: Coba bayangin apa jadinya kalau email promosi atau penawaran dikirim pakai email gratisan. Pasti penerima email akan menganggap promosi atau penawaran yang dikirimkan merupakan sebuah candaan alias tidak serius. Dengan menggunakan email domain sendiri, makan penerima email akan menganggap bahwa email yang dikirimkan adalah serius dan benar-benar email dari Organisasi, Perusahaan atau Bisnis yang kamu miliki.
  3. Branding: Email dengan domain sendiri tentu akan mempermudah untuk mempromosikan Organisasi, Perusahaan ataupun Bisnis yang dimiliki. Dari alamat email, tentu bisa diketahui isi serta maksud dan tujuan email yang dikirimkan. Oleh karenanya, penerima email akan lebih mengenal Organisai, Perusahaan ataupun Bisnis yang kamu miliki. Bisa juga menjadi sarana gratis mengiklankan alamat domain yang kamu miliki.
  4. Keamanan Data: Tentu email yang berkaitan dengan bisnis, memiliki tingkat kerahasiaan yang cukup tinggi sehingga membutuhkan penjagaan ekstra agar informasi yang terkandung di dalamnya tidak tersebar luas. Maka dari itu, penggunaan email dengan domain sendiri mutlak diperlukan karena memiliki hosting atau media penyimpanan sendiri yang bisa diolah dan diproteksi sendiri. Sehingga dapat menjaga data atau pesan yang terdapat pada email mu.
  5. Mempermudah Proses Temu Kembali: Sebagai contoh, kamu memilki email dengan alamat bayu@papabackpacker.com, saat orang lain ingin mengetahui lebih jauh mengenai Organisasi, Perusahaan atau Bisnis, pasti si penerima email akan mengunjungi papabackpacker.com guna mendapatkan informasi lebih mendalam. Apa yang terjadi bila email dikirimkan melalui domain email gratisan? Kemana orang tersebut akan menemukan infromasi lebih jauh? Masa mau tanya ke pengirim email? Kan nggak mungkin. Jadi proses temu kembali akan lebih mudah apabila ada alamat domain yang mengekor pada alamat email.
  6. Menghindari Spam: Pengiriman email menggunakan alamat email domain sendiri adalah untuk menghindari email yang dikirim masuk folder SPAM sehingga jarang atau bahkan tidak terlihat oleh penerima email. Dibanding menggunakan email gratisan, alamat email dengan domain sendiri lebih dipercaya Google Mail (Gmail) untuk masuk ke folder update atau primary sehingga memperbesar kemungkinan email yang dikirimkan akan dibaca langsung oleh penerima email.
  7. Mencegah Pencurian Identitas: Email dengan domain sendiri, yang memiliki akses untuk membuatnya adalah hanya si pemilik domain. Oleh karena itu, orang lain tidak akan bisa membuat alamat email tanpa persetujuan dari kamu sebagai pemilik domain. Berbeda dengan alamat email gratisan, setiap orang dapat membuat alamat email sesuka hatinya, pun membuat email mirip dengan nama Organisasi, Perusahaan atau Bisnis yang kamu miliki. Kemungkinan orang lain terkecoh akan hal tersebut menjadi lebih besar. Sehingga dikhawatirkan akan mencuri identitas Organisasi, Perusahaan atau Bisnis yang kamu miliki. Namun apabila menggunakan alamat email domain sendiri, hal tersebut tentu dapat dihindari.

Email dengan Domain Sendiri

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang diperoleh jika menggunakan email dengan domain sendiri, mungkin ada beberapa dari kamu yang baca artikel ini langsung punya pikiran untuk bisa memilikinya. Seperti yang sudah ku tulis pada judul artikel di atas, cara memiliki email domain sendiri ternyata sangat mudah. Hanya dengan 3 langkah saja, email idaman yang kamu impikan dengan domain milik mu sendiri dapat dengan mudah kamu miliki. Sehingga bisa kamu gunakan untuk kepentingan profesional mu di hari itu juga.

Itu artinya, kamu tidak perlu susah-susah memikirkan gimana caranya untuk bisa memiliki email domain sendiri. Karena cara yang diperlukan hanya 3 langkah saja. Jadi, walaupun kamu tidak memiliki keahlian khusus untuk membuat email dengan domain sendiri, kamu tetap bisa memilikinya hanya dengan 3 langkah saja. Namun, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum kamu bisa memiliki email dengan domain sendiri tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Alamat Domain: Seperti yang sudah ku tulis di atas, kalau kepemilikan email dengan domain sendiri hanya bisa dibuat oleh si pemilik domain. Oleh karena hal tersebut, apabila kamu belum memiliki alamat domain, kamu harus terlebih dahulu memilikinya.
  2. Udah, cuman 1 doang sih menurut ku wkwkwk
Jadi, cukup persiapkan alamat domain yang aktif saja untuk kamu bisa memiliki alamat email dengan domain sendiri. Namun, apabila kamu belum memiliki alamat domain, kamu tetap bisa memiliki alamat email dengan domain sendiri dengan tetap hanya cukup melakukan 3 langkah saja juga. Apabila kamu sudah memiliki alamat domain, kamu juga tinggal melakukan 3 langkah saja untuk memiliki alamat email dengan domain mu sendiri. Jadi, dengan sudah atau belum memiliki alamat domain, kamu juga hanya melakukan 3 langkah saja untuk memiliki alamat email dengan domain sendiri tersebut. Sangat mudah sekali memang.

Cara Memiliki Email Domain Sendiri

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, langsung aja ku kasih tau gimana caranya untuk dapat memiliki email dengan domain sendiri hanya dengan 3 langkah saja. Inilah 3 langkah memiliki email domain sendiri:
  1. Cari dan Kontak Penyedia
    Penyedia yang dimaksud adalah perusahaan atau perorangan yang menjual jasa untuk membelikan domain sekaligus membuatkan email dengan domain sendiri. Di zaman sekarang, tentu sangat mudah untuk melakukannya. Tinggal pergi ke google kemudian ketikkan kata kunci "Email domain sendiri" maka akan muncul banyak sekali jasa yang menawarkannya. Tinggal pilih aja penyedia jasa mana yang menjual paket yang termasuk domain serta alamat email dengan domainnya. Seperti contohnya layanan yang disediakan oleh siapnge.com hostinger.co.id niagahoster.co.id domenesia.com qword.com dan banyak lainnya lagi.
  2. Lakukan Pembayaran
    Setelah menentukan pilihan jasa mana yang akan digunakan, segera lakukan pembayaran. Agar segera dilakukan pemrosesan. Sehingga akan semakin mempercepat prosesnya dan email domain sendiri serta domain yang kamu beli dapat langsung digunakan sesegera mungkin.
  3. Selesai
    Ya, selesai. Selamat, kamu sudah bisa memiliki email dengan domain sendiri.
Gimana? Sangat mudah bukan? Hanya dengan mengikuti 3 langkah tersebut di atas, kamu bisa dengan mudahnya memiliki email dengan domain sendiri. Nggak perlu pusing-pusing mikirin pengaturannya, nggak perlu mikirin hostingnya, nggak perlu ribet-ribet melakukan ini itu. Dengan mudahnya kamu bisa memiliki email domain sendiri. Dengan demikian, 7 kelebihan yang sudah aku sebutkan di atas, tentu akan otomatis kamu miliki seiring berjalannya waktu. Jadi, nggak serta merta kamu punya email domain sendiri terus langsung bisa menikmati ketujuh keuntungan yang udah aku sebutin di atas. Semuanya butuh proses. 

Pun sebenarnya, 3 langkah tersebut di atas ada banyak macam proses dan pengaturan yang dilakukan. Tetapi, karena kamu menggunakan jasa orang lain atau perusahaan lain, maka yang ribet ya mereka yang jasanya kamu gunakan. Sebenarnya, langkahnya nggak cuman 3 doang. Tapi karena ini adalah artikel yang membahas gimana caranya memiliki email domain sendiri, maka hanya dengan melakukan 3 langkah tersebut di atas saja, kamu bisa dengan mudahnya memiliki email dengan domain sendiri idaman mu.

Email Domain Sendiri Gratis

Namun, 3 langkah tersebut tentu akan menjadi lebih mahal. Karena kamu menggunakan jasa orang lain untuk melakukan semuanya. Pasti harga domain dan harga email domain sendiri yang kamu dapatkan akan melonjak. Ku rasa akan melebihi nominal tiga ratus lima puluh ribu rupiah per tahunnya. Tapi tentu itu bukan suatu halangan. Karena sejumlah uang yang dikeluarkan, sebanding dengan yang didapatkan. Namun, jika biaya yantg dikeluarkan melebihi angkat yang sudah ku sebutkan tadi, ku rasa akan menjadi tidak worth it

Sebenarnya, kamu bisa hanya dengan mengeluarkan uang tidak lebih dari 150 Ribu Rupiah untuk bisa memilik email dengan domain sendiri beserta alamat domainnya untuk masa pemakaian 1 tahun. Tapi harus kamu kerjakan sendiri semuanya. Mulai dari pembelian domain, kemudian pembuatan email dengan domain sendiri. Akan jadi meribetkan diri sendiri apabila kamu belum pernah melakukannya sebelumnya. Tapi, bisa dipelajari kok, cuman ya itu, agak ribet buat kamu yang sama sekali belum pernah melakukan langkah pembelian domain beserta pembuatan email dengan domain sendiri.

Sehingga, akan banyak langkah apabila kamu melakukannya semua sendiri. Jadi, 3 Langkah Memiliki Email Domain Sendiri akan menjadi banyak langkah ketika kamu ingin mengirit pengeluaran dan menantang diri untuk bisa melakukan semuanya sendiri. Keuntungannya adalah masalah pengeluaran, akan menjadi ramah di kantong. Namun, apabila kamu tidak sempat, atau nggak mau repot, carilah jasa yang bisa menawarkan biaya yang tidak lebih dari Rp350.000 untuk alamat domain dan email domain sendiri untuk pemakaian per tahunnya.

Dengan demikian, kalau kamu ingin memiliki email domain sendiri gratis, ku rasa tidak bisa. Emmm... Mungkin sebenernya bisa, tapi akan membutuhkan langkah dan perjuangan serta ilmu mengamati yang amat sangat detail sekali.

Buat Email Domain Sendiri

Oleh karena itu, daripada ribet-ribet mengeluarkan tenaga lebih hanya untuk demi memiliki email domain sendiri, mendingan gunakan 3 Langkah Memiliki Email Domain Sendiri yang udah ku tulis di atas. Tapi, apabila kamu ingin menghemat pengeluaran, pada tulisan berikutnya, akan ku kasih tau mengenai cara untuk UMKM agar dapat membuat email domain sendiri. Tentu cara yang akan ku bahas, tidak hanya bisa diterapkan oleh UMKM saja, bisa diterapkan oleh semua orang. Pun perusahaan atau organisasi atau bisnis yang besar juga bisa menggunakan cara Membuat Email Domain Sendiri untuk UMKM. Jadi, penyebutan UMKM di sini bukan berarti untuk UMKM saja, namun lebih ke arah budget atau pendanaan atau biaya yang sekiranya cocok untuk UMKM, alias murah.

Baca Juga:
  • Membuat Email Domain Sendiri untuk UMKM
  • Membuat Email dengan Domain Sendiri di Zoho Mail
Nb: Apabila link belum aktif (Masih berwarna hitam), berarti artikel sedang dalam proses pembuatan. Subscribe papabackpacker.com melalui menu yang berada di sebelah kanan, cari tombol ikuti berwarna biru. Agar ketika artikelnya sudah ada, kamu dapat langsung bisa membacanya. Karena ketika mengikuti papabackpacker.com akan ada notifikasi khusus yang akan dikirim ke alamat email mu apabila ada update atau artikel terbaru dari papabackpacker.com

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top