Saturday, May 23, 2020

Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Kali ini aku akan mengasih tau gimana Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri. Kalau kamu berjualan online, menurut ku menggunakan email dengan domain sendiri ini akan meningkatkan dan membentuk image brand kamu. Jadi, akan meningkatkan kepercayaan orang akan brand dan produk yang kamu jual. Biarpun kamu adalah pelaku UMKM, yang mungkin baru merintis usaha sekalipun. Tapi kalau image brand sudah terbentuk dan terjaga, ku rasa UMKM milik mu bisa disetarakan dengan brand besar lainnya. Yang artinya, akan memperbesar peluang orang lain menjadi semakin percaya untuk membeli produk mu. Yakin masih mau pake email dengan domain @gmail.com? Kerenan mana antara bayutaufani268788@gmail.com dibanding bayu@papabackpacker.com? Kerenan pilihan email kedua yang pakai domain sendiri kan? Nah ini, ku kasih tau gimana cara bikinnya. GRATIS! Ku bongkar rahasianya khusus buat kamu...

  
Oh ya, untuk menambah pengetahuan mu, biar nggak bingung juga sih maksudnya... ketika kamu bacain artikel cara membuat email dengan domain sendiri ini. Ada baiknya, perlu ngerti dulu apa itu domain. Untuk itu, kamu bisa baca artikel di bawah ini terlebih dahulu. Apabila belum mengerti definisi atau pengertian dari domain itu sendiri. Kalau sudah mengerti apa itu domain, langsung aja loncat ke paragraf berikutnya.

Kelebihan Email dengan Domain Sendiri

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membangun image dan kredibilitas brand UMKM milikmu, adalah dengan menggunakan email yang berekstensi dengan nama domain sendiri. Setelah ini, akan ku kasih tau gimana caranya membuat email dengan domain sendiri. Sebenernya nggak ngasih tau juga sih, kita akan belajar bersama-sama untuk bisa membuat alamat email dengan domain sendiri. Tentunya, hal ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu bantuan orang lain. Karena, langkahnya akan sangat mudah untuk diikuti. Kemudian, bisa langsung kamu terapkan sendiri. Kerennya, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sedikit pun untuk bisa memperoleh alamat email yang berekstensi dengan nama domain mu sendiri. Alias GRATIS!!!

Sebelum jauh melangkah mempelajari lebih dalam mengenai proses pembuatan alamat email dengan domain sendiri, perlu diketahui hal ini akan benar-benar menjadi gratis. Asalkan sudah memenuhi syarat utamanya terlebih dahulu, yaitu kamu harus sudah punya domain dulu. Kalau belum punya domain, mau nggak mau harus beli domain dulu. Nggak mahal kok, paling cuman sekitar 140 Ribu Rupiah per tahunnya. Kalau di rata-rata, biaya yang kamu keluarkan untuk membeli sebuah domain berkisar antara 12 Ribu Rupiah setiap bulannya. Murah sekali bukan? Tapi, kalau mau murah begitu, ada beberapa trik yang harus diterapkan. Aku udah bahas lengkap di blog ini. Yang juga bisa kamu praktekin sendiri gimana caranya beli domain murah.

Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri
Nih, Aku Baru Perpanjang Domain. Padahal Dolar Lagi Naik Gini, Cuman Bayar Segitu Doang Buat 1 Tahun.

Langkah Membuat Email Domain Sendiri supaya GRATIS

Kalau udah beli domain, tugas mu nggak cuman sampai di situ doang. Kamu bisa bikin alamat email yang menggunakan ekstensi dari nama domain yang kamu beli tadi. Kalau yang udah punya domain, tinggal ikuti langkah selanjutnya. Contohnya, alamat atau nama domain blog ini yaitu papabackpacker.com. Naaah... aku kalau mau bikin email, bisa pake domain tersebut di belakang @. Seperti yang udah ku tulis di atas, alamat email ku adalah bayu@papabackpacker.com mudah diingat, nggak perlu panjang dan nggak perlu pake angka. Apalagi kalau kamu bisa punya domain yang lebih pendek. Tentu akan semakin mudah untuk diingat lagi.

Naaah, kalau kamu mau membuat email dengan domain sendiri secara gratisan, beli domain dulu. Caranya begini: (Oh ya, ini ku susun sesuai urutan langkah mana aja yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu ya... Urutan 1 berarti langkah pertama dan seterusnya)
  1. Cara Membuat Kartu JENIUS
  2. Cara Beli Domain Murah Banget
  3. Beli Domain Murah Banget di Namesilo
  4. Mengarahkan Custom Domain Namesilo ke Blogspot
Setelah mengikuti keempat langkah tersebut di atas, berarti kalian udah punya Kartu JENIUS, Udah bisa beli alamat domain pake Kartu JENIUS, Udah punya alamat domain, Udah punya blog dengan alamat domain kamu. Jika sudah seperti itu, saat ini kamu ada di jalan yang tepat untuk mengetahui bagaimana caranya membuat email gratis dengan domain sendiri.

Udah baca juga artikel tentang perbedaan antara domain dan hosting yang linknya udah kubagiin di atas?

Sampai sini ku anggep udah baca ya...

Jadi, setiap file yang kita simpan di Internet itu akan disimpan ke media yang bernama hosting. Blog, Website, Toko Online, E-Commerce, Portal Berita,  Facebook, Instagram dan semua hal yang bisa diakses di Internet itu pasti menyimpan semua file yang dia punya pada sebuah hosting. Sehingga, dapat diakses dari seluruh penjuru dunia. Pun begitu juga dengan email. Pesan email yang dikirim, kotak masuk, folder spam, dll. akan membutuhkan hosting sebagai media penyimpanan data. Gambar, pesan dan semua hal yang dikirim dan diterima melalui email, pasti membutuhkan hosting. Permasalahannya, hosting email itu mahal. Semahal hosting di blog (Kalau pakai wordpress). Jadi, mau nggak mau, musti ngeluarin duit lebih kalau mau punya alamat email dengan domain sendiri. Karena selain bayar domain, juga harus sewa hosting.

Penyedia Hosting Email GRATIS

Eitts... Nggak gitu Bambank. Udah ku bilang tadi kan? Kalau aku mau mengasih tau dan belajar bareng gimana caranya supaya biar punya alamat email dengan domain sendiri tapi gratis. Jadi nggak usah sewa hosting email. Emangnya bisa ya? Ya jelas bisa banget dooong. Buktinya, aku punya alamat email bayu@papabackpacker.com Kalau nggak percaya, kamu bisa coba kirim email untuk membuktikannya. Email itu menggunakan layanan hosting email gratis dari Zoho Mail. Jadi, walaupun hosting email itu seharusnya berbayar, tapi dengan emnggunakan Zoho Mail kita bisa mendapatkan hosting gratis sebesar 5GB. Ternyata nggak sedikit juga penyedia layanan hosting email yang bisa ngasih jatah hosting gratisan. Contohnya kayak Zoho Mail ini. Karena gratisan, jadi jatah penyimpanannya terbatas. Namanya juga gratisan kan. Tapi kalau kapasitas 5GB sih udah cukup banget kalau buat UMKM atau usaha kecil lainnya. Pun buat kirim bokep, juga masih cukup wkkwkwk.

Tapi, selain Zoho Mail, ada banyak penyedia layanan hosting email gratis lainnya. Diantaranya adalah:
  • Zoho Mail
    Yang bisa kasih jatah hosting memory gratis sebesar 5 GB dengan 10 User Akun Email
  • Pawn Mail
    Yang bisa kasih jatah hosting memory gratis sebesar 2 GB
  • Inbox.eu
    Yang bisa kasih jatah hosting memory gratis sebesar 10 GB dengan 3 User Akun Email
  • Yandex
    Yang bisa kasih jatah hosting memory gratis sebesar 10 GB dengan 1000 User Akun Email
  • Mail.ru
  • Mirip sama kayak Yandex

Dari kesemua yang udah pernah ku coba, yaitu Yandex, Mail.ru dan Zoho Mail. Menurut ku, pengaturan dan proses pembuatan email yang paling mudah adalah dengan menggunakan layanan dari Zoho Mail. Aku pernah coba memanfaatkan menggunakan layanan Yandex dan Mail.ru yang berbasis di Rusia. Sehingga bahasa yang tampil pada kedua layanan dari Rusia tersebut, ya menggunakan Bahasa Rusia pula. Yang mana aku sama sekali nggak bisa memahami Bahasa Rusia sedikit pun. Translate pakai google pun, bahasanya terlalu baku sehingga sangat amat sulit untuk dipahami.

Sehingga, terjadilah beberapa kendala dalam proses pendaftaran email menggunakan domain sendiri. Salah satu kendalanya adalah karena permasalahan bahasa dan jumlah tutorial yang masih terbilang sedikit. Kemudian menyebabkan pendaftaran hosting email melalui Yandex dan Mail.ru gagal diproses. Singkat cerita, lalu aku menemukan Zoho Mail yang ternyata selain menggunakan Bahasa Inggris yang notabene lebih mudah dipahami dibanding Bahasa Rusia, juga tinggal klik doang. Pengaturannya cuman membutuhkan beberapa klik doang untuk bisa menyambungkan antara hosting email dengan domain yang dibeli di Namesilo. Sangat mudah sekali. Jadi, bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Layanan Penyedia Hosting Email

Oh ya, selain layanan hosting email gratisan tersebut, ada banyak layanan hosting email di luaran sana yang menerapkan tarif berbayar untuk setiap hosting email yang menggunakan layanannya. Diantaranya adalah:
  • siapnge.com
    Biaya beli domain sekitar 198 Ribu, belum termasuk email dengan domain sendiri.
  • rumahweb
    Biaya hosting sekitar 15 Ribu perbulan, belum termasuk domain.
  • niagahoster
    Biaya 80 Ribu perbulan, belum termasuk domain.
  • Jagoanhosting
    Biaya 200 Ribu perbulan, belum termasuk domain.
Emang sih, kalau sewa hosting tersendiri yang khusus digunakan untuk alamat email, akan membuat pengeluaran jadi membengkak. Tapi, jelas pasti ada perbedaan antara hosting email gratisan dengan hosting email yang berbayar. Salah satunya terkait jumlah user (Alamat email yang terdaftar) dan jumlah kapasitas penyimpanan. Tapi, karena budget yang terbatas serta pemahaman yang sudah ku peroleh, maka aku memilih menggunakan hosting gratis dari Zoho Mail untuk membuat email dengan domain sendiri yang sekarang menjadi email resmi papabackpacker.com. Yang ku gunakan untuk segala keperluan percakapan di dunia maya. 

Sepertinya, artikel Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri ini akan terlalu panjang kalau langkah per langkah proses membuatnya ku tuliskan langsung di sini. Jadi, anggap saja ini sebagai persiapan langkap apa saja yang diperlukan untuk bisa membuat email dengan domain sendiri GRATIS. Sehingga, nanti ketika pada artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai langkah per langkah proses membuat email dengan domain sendiri sudah ada di Papabackpacker, akan mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatannya. Pun juga pembuatan email dengan domain sendiri akan menjadi benar-benar gratis karena telah membaca artikel ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail

Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Back to Top