Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Thursday, May 24, 2018

Aspek Penambah Nilai serta Pengurang Nilai saat Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018

Jadi, kali ini aku bakalan sedikit ngasih tau tentang hal apa saja yang sekiranya dapat menambah nilai atau mengurangi nilai saat Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan ini berlangsung. Selain itu aku juga akan sedikit mengulas tentang serangkaian proses yang ada. Sebelumnya, aku udah membagikan beberapa tips yang sekiranya bakalan berguna buat para pendaftar yang akan mengikuti pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018 ini. Tapi, dari serangkaian tips dan runtutan acara yang udah aku tulis kemarin, ternyata masih ada beberapa hal yang terlewat. Naaaah... untuk melengkapi bagian yang terlewat itu, akan ku sisipkan melalui tulisan ini sekaligus sedikit mengulas tentang bagaimana jalannya proses seleksi.

Tahapan acara Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan tahun 2018 ini diantaranya adalah:
  1. PENDAFTARAN
    Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri melalui formulir online INI atau datang langsung ke Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 31 Mei 2018. Namun, pada prakteknya peserta atau calon peserta masih bisa melakukan pendaftaran sampai maksimal sebelum serangkaian acara tes atau seleksi pada hari pertama berlangsung, yaitu tanggal 21 Juli 2018.
  2. MELENGKAPI BERKAS
    Bagi pendaftar langsung, berkas bisa langsung dilengkapi saat pendaftaran di Dinporapar Kabupaten Pekalongan. Bagi pendaftar online, berkas yang harus disertakan harap dilengkapi maksimal pada saat acara Temu Teknik (Technical Meeting) berlangsung, yaitu tanggal 24 Juni 2018. Namun, pada prakteknya peserta atau calon peserta masih bisa melengkapi kekurangan berkas sampai maksimal satu hari sebelum serangkaian acara tes atau seleksi pada hari pertama berlangsung, yaitu tanggal 20 Juli 2018.
  3. TEMU TEKNIK (Technical Meeting)
    Acara ini diadakan kurang lebih 1 bulan sebelum tes atau seleksi dilakukan tepatnya tanggal 24 Juni 2018. Dalam acara tersebut, akan dijelaskan oleh panitia perihal tatacara dan teksnis serta hal-hal penting lainnya mengenai pelaksanaan acara selanjutnya, yaitu proses seleksi atau tes. Selain itu, saat acara temu tenik berlangsung, seluruh peserta diharapkan telah menyelesaikan masalah administrasi yang ada. Agar mempermudah dalam proses selanjutnya.
  4. SELEKSI atau TES
    Acara ini dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Juli 2018. Untuk gambaran proses ini bisa dilihat DI SINI. Selain tentang gambaran proses seleksi, pada tulisan tersebut juga berisi tentang tips-tips dan materi apa saja yang sekiranya bisa dipelajari.
  5. PENGUMUMAN 10 PASANG FINALIS
    Tahapan ini dilakukan bersamaan dengan proses seleksi hari kedua. Nilai yang terkumpul saat tes administrasi, temu teknik, tes tertulis, tes wawancara, tes unjuk bakat serta beberapa hal lain yang mungkin menjadi pertimbangan panitia untuk memunculkan nilai tambah atau pengurangan nilai (Bagian ini akan ku sampaikan pada paragraf selanjutnya) akan direkap dan dijumlah serta ditimang-timang oleh panitia dan dewan juri untuk menjadi suatu nilai bulat yang tidak dapat diganggu gugat. Hasil nilai tersebut akan diurutkan berdasarkan urutan terbesar hingga terkecil. 10 peserta terbaik putra dan 10 peserta terbaik putri berhak melanjutkan pada tahapan berikutnya, yaitu tahapan karantina yang akan dilaksanakan pada 27 sampai 29 Juli 2018. Setelah itu, 20 putra putri terbaik di Kabupaten Pekalongan tersebut berhak menyandang status sebagai Finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018.
  6. KARANTINA dan GRAND FINAL
    Akan aku bahas pada postingan selanjutnya. Karena tidak termasuk dalam aspek penambah atau pengurang nilai dalam proses seleksi. Namun akan masuk ke dalam akumulasi nilai yang akan menentukan siapa yang akan memenangi ajang tersebut saat acara Grand Final pada tanggal 5 Agustus 2018.

Tanggal Penting Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018 (Resmi / Versi Pamflet):
  1. 31 MARET 2018
    • Batas akhir pendaftaran peserta baik online ataupun pendaftaran langsung.
  2. 24 JUNI 2018
    • Temu teknik (Technical meeting).
    • Batas akhir pelengkapan berkas pendaftaran.
  3. 21 dan 22 JULI 2018
    • Seleksi.
  4. 27 sampai 29 JULI 2018
    • Karantina.
  5. 5 Agustus 2018
    • Grand Final.

Tanggal Penting Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan Tahun 2018 (Versi Lapangan) *Belum pasti *Dibuat berdasarkan pengalaman ku tahun 2017 *Untuk lebih jelasnya, perlu dikonfirmasi ulang ke panitia.
  1. 31 MARET 2018
    • Batas akhir pendaftaran peserta baik online ataupun pendfataran langsung.
    • Prakteknya, bisa dilakukan maksimal sebelum hari pertama seleksi. (Versi Lapangan) Lihat Nomor 3.
  2. 24 JUNI 2018
    • Temu teknik (Technical meeting).
    • Batas akhir pelengkapan berkas pendaftaran. Prakteknya, bisa dilakukan maksimal sebelum hari pertama seleksi. (Versi Lapangan) Lihat Nomor 3.
  3. 20 JULI 2018 (Versi Lapangan)
    • Batas akhir pendaftaran dan pelengkapan berkas yang bisa dilakukan oleh peserta. Lihat Nomor 4.
  4. 21 dan 22 JULI 2018
    • Seleksi.
    • Batas akhir pendaftaran dan pelengkapan berkas yang bisa dilakukan oleh peserta. (Versi Lapangan)
  5. 27 sampai 29 JULI 2018
    • Karantina.
  6. 5 Agustus 2018
    • Grand Final.
Bagian berwana merah di atas adalah bagian yang tidak resmi yang PERLU DIKONFIRMASI LAGI KE PANITIA. Hal tersebut aku alami pada proses seleksi tahun 2017 lalu. Tanggal penting versi lapangan tersebut menurut ku (*OPINI PRIBADI) muncul karena memang ada beberapa kejadian tak terduga. Selain itu, mungkin tanggal yang ada di pamflet merupakan tanggal resmi yang diajukan oleh dinas kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan atau jajaran yang berkepentingan lainnya. Karena kejadian di lapangan memang selalu tidak bisa diprediksi secara matang. Oleh karena itu, munculah batas-batas akhir pengumpulan ini itu yang harus diubah untuk menyesuaikan dengan keadaan yang ada dilapangan. (*OPINI PRIBADI yang Perlu dikonfirmasi lagi ke panitia). Itu aja sih yang aku tangkep saat proses seleksi tahun lalu. Soalnya sama, batas pendataran tahun ini juga kayaknya bakalan sama kayak tahun kemari yang ditambah rantang waktunya. Soalnya, waktu temu teknik aku juga sempat tanya ke panitia "Kok tanggal batas akhirnya dimundurin sih kak?". Karena merasa ada ketidak adilan serta ketidak sesuain dengan apa yang telah dijadwalkan, makanya pertanyaan itu kulontarkan saat acara temu teknik berlangsung. Tapi nggak apa, nggak usah diambil pusing dan nggak perlu dipermasalahkan. Karena hal tersebut akan berkaitan dengan aspek-aspek penambah nilai saat Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pekalongan ini berlangsung. Diantaranya adalah:
  1. KETEPATAN WAKTU
    • Tenaaaang, buat yang udah melakukan pendaftaran serta melengkapi berkas-berkas sesuai pada waktu yang telah ditentukan, terus denger adanya perpanjangan waktu pendaftaran dan waktu pelengkapan berkas, NGGAK USAH KECEWA. Karena, yakinlah... yang tepat waktu bakalan punya nilai tambah dimata panitia atau dewan juri.
    • Inget, ketepatan waktu bukan cuman soal pemberkasan doang. Nanti saat Temu Teknik, Seleksi dan Karantina, masalah ketepatan waktu juga pasti akan mendapat nilai tambah tersendiri dari panitia.
    • Ini berhubungan dengan tips ANTUSIAS yang bisa kamu BACA DI SINI
  2. AKTIF
    • Waktu acara temu teknik, usahakan aktif bertanya apabila ada kesempatan yang diberikan oleh panitia. Jangan lupa kenalkan diri terlebih dahulu sebelum bertanya. Semakin banyak bertanya artinya semakin sering nama mu disebut. Yakinlah, panitia nggak akan tuli dan mungkin akan memberikan nilai tambah tersendiri untuk mu.
    • Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya berbobot. Daripada pertanyaan "nggak jelas", pertanyaan berbobot memiliki nilai lebih tersendiri dimata panitia.
    • Bagian ini sejatinya nggak cuman bisa kamu terapin waktu acara temu teknik doang. Pada serangkaian acara setelah ini pun, aku sarankan untuk tetap kamu terapkan.
  3. RAPIH
    • Udah baca tips sebelumnya kan? Beberapa kali aku tekankan untuk memperhatikan penampilan. Kapan perihal memperhatikan penampilan ini dimulai? Kalau bisa sesegera mungkin. Terlebih lagi saat acara Temu Teknik, kamu harus udah siap segala macamnya. Dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.
    • Jangan datang ke setiap acara yang berkaitan dengan seleksi dengan menggunakan: Kaos oblong tidak berkerah, sandal, celana pendek dan penampilan buruk lainnya.
    • Usahakan datang ke setiap acara yang berkaitan dengan seleki dengan menggunakan:
      • Baju atau Kemeja berkerah (Lebih baik lagi gunakan baju yang sudah aku rekomendasikan DI SINI)
      • Sepatu (Lebih baik lagi gunakan sepatu yang sudah aku rekomendasikan DI SINI)
      • Celana Panjang (Lebih baik lagi gunakan celana panjang yang sudah aku rekomendasikan DI SINI)
    • Semua hal tentang pakaian sudah aku tuliskan lengkap DI SINI. Kalau bisa, hal tersebut telah kamu lakukan atau kerjakan saat acara temu teknik berlangsung.
  4. SUPEL
    Jangan jadi orang sombong yang nggak mau kenal kanan-kirinya. Kamu berangkat sama si A jangan ketika acara berlangsung kamu tetep aja sama si A. Usahakan dengan si B si C atau si D. Kamu paham maksud ku bukan? Intinya, cari teman sebanyak-banyaknya. Yakinlah, tingkan kesupelan mu dalam artian aktif berkomunikasi dengan peserta lain akan diamati oleh panitia. Karena hal tersebut menandakan setinggi mana tingkat komunikatif mu.
  5. TIPS
    Semua tips yang udah aku kasih tau lewat postingan sebelumnya, terapin. Yakinlah, akan ada beberapa hal yang sekiranya akan menambah nilai saat acara ini berlangsung. Walaupun nggak aku tulis ulang di sini. Jadi, catat atau ingat-ingat hal penting yang pernah aku sampaikan melalui tulisan tentang tips-tips tersebut.
Itu Nanti Setiap Finalis Bakalan Dapet Slempang Finalis. Btw, Itu Fotonya Lagi Capek Waktu Bukin Video Promosi Wisata.

Hal-hal yang menjadi aspek pengurang diantaranya adalah:
  1. Kebalikan dari semua yang ada pada aspek penambah nilai. TUKANG TELAT, PASIF, BERANTAKAN dan SOMBONG. Jabarin sendiri ya hehehe
  2. ROKOK
    • Sadarlah, ini acara kepemudaan. Kalau misalnya kamu emang perokok aktif, usahakan jangan lakukan kegiatan merokok mu saat acara yang berkaitan dengan seleki sedang berlangsung.
  3. BERONTAK
    • Semua hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah dituliskan melalui peraturan, masih bisa diselesaikan melalui pembicaraan yang baik-baik. Jadi, ketika kamu menemukan hal-hal yang sekiranya tidak sesuai dengan apa yang telah dituliskan atau bahkan malah mengarah ke hal-hal yang tidak baik, semuanya ada jalan keluarnya kok. Pasti bisa diselesaikan dengan baik-baik pula. Yakinlah, keadaan di lapangan tidak selalu sesuai dengan apa yang telah dituliskan. Kayak perpanjangan batas-batas pendaftaran atau pengumpulan berkas contohnya. Intinya sih be cooperatif bro / sist 😏 Kalau kamu telah sesuai dengan apa yang sudah dituliskan atau disepakati, baca lagi aspek-aspek yang sekiranya bisa menambah nilai di atas.

Are You The Next?
Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Google+                  +bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews