Senin, 30 Maret 2020

Rute dan Cara Menuju ke Cikoromoy: Surga Tersembunyi di Pandeglang

Surga Tersembunyi di Pandeglang Banten

Akses jalan serta rute ke Cikoromoy atau Objek Mata Air Cikoromoy terbilang cukup sulit. Apalagi letaknya yang terbilang cukup jauh dari pusat Kota Serang, sekitar 35 km perjalanan dengan kendaraan pribadi. Situasi tersebut diperparah dengan keadaan jalan yang nggak semulus paha Chelsea Islan. Parahnya, jalanannya tuh nggak cuman berlubang, tapi berkubang. Karena tingkat kesulitan yang lumayan menguras tenaga tersebut, objek wisata Mata Air Cikoromoy ini bisa dikatakan sebagai salah satu Surga Tersembunyi di Pandeglang.

Andai kata kamu tinggal di Jakarta, di Semarang, di Bandung atau kota besar lainnya di luar Provinsi Banten. Pasti jarak 35 km dari pusat Kota Serang tersebut akan terasa lebih jauh lagi. Soalnya kan masih harus ditambah jarak dari tempat tinggal mu menuju Pusat Kota Serang. Yakinlah, masih sedikit inner circle mu yang pernah menjejakkan kakinya di Mata Air Cikoromoy ini. Atau untuk sekedar mendengar namanya saja mungkin belum pernah. Jadi, untuk kamu kaum "Aku udah pernah ke sana, pasti kamu belum pernah. Nih ku pamerin fotonya", Cikoromoy adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk dimasukkan dalam list tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Sesuai judul, tulisan ini akan sedikit banyak mengulas tentang Rute dan Cara Menuju ke Cikoromoy. Menurut informasi akurat yang ku peroleh dari Google Maps, Cikoromoy ini terletak di Jalan Batu Tulis, Lebak, Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten 42277. Titik yang tertera pada google maps sudah sesuai dengan keadaaan sebenarnya dimana Obyek Wisata Mata Air Cikoromoy berada. Jadi, titik di Google Maps tersebut akan sangat membantu buat kamu yang nggak tau jalan atau bahkan sama sekali belum pernah mengunjungi Provinsi Banten. Maka dari itu, nggak perlu khawatir akan pilihan rute yang akan kamu lewatin ketika cuman mengandalkan Google Maps untuk menuju ke Cikoromoy. Dijamin pasti sampai, asalkan titik yang kamu tuju adalah titik yang benar.

Rute ke Cikoromoy (Rekomendasi Terbaik)

Waktu aku ke sana, aku cuman ngetik "Cikoromoy" pada kolom pencarian Google Maps. Kemudian hanya ada dua titik yang ditampilkan. Yaitu "Cikoromoy" itu sendiri serta "Parkir Cikoromoy". Buat kamu yang masih khawatir akan keabsahan titik yang kamu pilih, nih ku kasih link yang ku gunakan untuk menuju ke Cikoromoy, Google Maps Cikoromoy. Untuk titik Google Maps yang satunya "Parkir Cikoromoy" aku nggak merekomendasikannya. Soalnya, aku pun nggak tau itu dimana. Serta bukan titik itu yang ku pilih untuk menggiringku ke Mata Air Cikoromoy. Jadi, gunakan titik yang tertera pada link tadi yang ku bagikan, atau gunakan maps berikut ini:


Jadi, Cikoromoy ini adanya di perkampungan gitu. Deket banget sama rumah warga. Deket juga sama kayak semacam pasar. Jadi, Objek Wisata Mata Air Cikoromoy ini ya bener-bener berada di perkampungan warga gitu. Apalagi kalau kamu markirin kendaraan yang kamu tumpangi pas di titik Cikoromoy yang udah ku bagikan di atas tadi. Dari tempat parkir, kamu masih harus berjalan sekitar 10 menitan untuk menuju ke Cikoromoynya. Seperti yang udah ku tulis di atas, jalanan yang bakalan kamu laluin ya rumah-rumah perkampungan warga desa. Harus jalan kaki, soalnya nggak bisa dilalui mobil.

Rute ini cocok banget buat kamu yang sama sekali belum pernah menginjakkan kaki ke Provinsi Banten. Apalagi buat kamu yang tinggal di kota besar. Dengan melalui rute ini, kamu jadi bisa melihat langsung keadaan perkampungan di daerah selain tempat tinggal mu yang isinya mal-mal atau perumahan elit tersebut. Selain bisa menimkati bangunan pemukiman warga, kamu juga bisa sedikit merasakan kearifan lokal khas warga pedesaan. Senyum sapa ramah khas warga Indonesia kepada orang tak dikenal sekalipun. 

Jangan Naik Kendaraan Umum ke Cikoromoy

Oh ya, buat kamu yang mau ke sana tapi naik kendaraan umum, kayaknya nggak aku sarankan sih. Waktu aku ke Objek Wisata Mata Air Cikoromoy, aku sama sekali nggak berpapasan dengan angkutan kota atau angkutan pedesaan atau angkutan umum lainnya. Jadi, mendingan gunakan kendaraan pribadi aja deh. Selain lebih fleksibel soal masalah waktu, menurut ku akan lebih menghemat dari segi pengeluaran biaya sih kayaknya. Kalau harus naik angkutan umum, pun untuk menuju ke Cikoromoynya sudah dipastikan nggak ada rute angkutan umum yang langsung lewat ke Cikoromoynya. Naik ojek atau carter angkutan akan terasa lebih mudah. Tapi akan membuat bengkak biaya perjalanan mu. Apalagi, seperti yang udah ku bilang di paragraf sebelumnya, Cikoromoy adalah salah satu Surga Tersembunyi di Pandeglang. Masih sepi, masih perawan.

Jadi, kapan terakhir kali dapet senyum sapa ramah dari orang nggak dikenal tanpa menaruh rasa curiga? Udah lupa rasanya? Kayaknya kamu harus ke Cikoromoy dan memilih rute yang aku sebutkan tadi.

Sumber: brobali.com
Baca Juga: 


Tips Sebelumnya:

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top