Sunday, March 22, 2020

Cewek Seksi Dilarang ke Goa Sunyaragi Cirebon

 


Cewek Seksi Dilarang ke Goa Sunyaragi Cirebon adalah hal yang ku pikirkan ketika pertama kali menginjakkan kaki ke tempat ini. Goa Sunyaragi ini punya banyak nama lain. Diantaranya adalah Taman Wisata Goa Sunyaragi, Taman Air Sunyaragi, Taman Sari Sunyaragi dan masih banyak lainnya lagi. Untuk mempersingkat, kali ini aku akan menyebutnya sebagai Goa Sunyaragi saja. Kalau ada Cewek Seksi Dilarang ke Goa Sunyaragi Cirebon tapi tetep ngeyel, ini akibatnya!

Letaknya ada di Cirebon pokoknya. Yang jelas, Cirebon itu Jawa Barat ya, bukan Jawa Tengah apa lagi Jawa Timur. Letak pastinya, dimana-dimananya atau lewat mana aja kalau mau ke sana, aku nggak ngerti, nggak paham juga. Di google maps udah ada. Jadi, kalau mau ke sana tinggal minta bantuan google maps aja sih. Dengan begitu, kamu pasti bisa langsung menikmati Seksinya Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon langsung dengan mata kepala mu itu!

Goa Sunyaragi Cocok Untuk Foto Preweding

Jadi ceritanya, ini adalah serangkaian perjalanan ku tentang ke Jakarta naik motor. Sebenernya bukan naik sih ya, lebih tepatnya mengendari motor. Tapi, karena mengendarai motor nggak google banget, jadinya habis ini akan ku sebut dengan naik motor. Aku yang udah pindah ke Pekalongan ini mau menghadiri prosesi lamarannya sahabat ku, Evi namanya. Naaaah… si Evi ini tinggalnya di Jakarta. Berhubung aku belum pernah naik motor ke Jakarta, makanya kesempatan ini mau ku manfaatkan.

Hingga akhirnya, kesampaian juga ke Jakarta naik motor. Jadi, sampai saat tulisan ini dibuat, Jakarta adalah bagian paling barat Indonesia yang berhasil ku jelajahi naik motor. Kalau ke bagian timur Indonesia titik terjauhnya ada di Bali.

Baca Juga: Ke Bali Naik Motor Cuman Habis 1,6 Juta Doang

Baca Juga: Lihat Susu Dijemur di Bali

Aku yang baru untuk pertama kalinya ke Jakarta naik motor, bener-bener buta arah. Biasanya kalau ke Jakarta kan lewatnya tol, tinggal lurus-lurus doang. Lah ini harus naik motor, nggak kebayang sih lewatnya mana aja. Pertanyaan yang ada di kepala ku waktu itu adalah "Kan kalau mobil lewatnya tol cikampek ya, terus kalau motor lewatnya mana? Emang ada jalannya ya? Emang bisa ya ke Jakarta naik motor? Masa motornya lewat tol? Kan nggak mungkin? Terus lewatnya mana ya?" Pertanyaan brengsek macam itu yang menghantui pikiran ku, yang seaslinya bikin ciut nyali juga sih. Tapi karena aku punya google maps, jadi rasa khawatir itu sedikit teralihkan.

Letak Goa Sunyaragi

Di Goa Sunyaragi Tidak Hanya Terdapat Goa

Naaah… pun termasuk ke Goa Sunyaragi, aku sama sekali nggak tau jalannya lah. Bener-bener buta arah. Jadi, buat kamu yang mau ke Goa Sunyaragi tapi nggak tau jalannya, kita sama. Tos dulu! Kalem, nggak usah khawatir, google maps mandu sampek Jakarta aja bisa, apalagi cuman ke Goa Sunyaragi doang, gampang banget. Google maps jagonya. Jadi, aku nggak perlu jelasin ya lewatnya mana, beloknya mana, langsung percayakan aja ke google maps.

Kalau mau cari titiknya di maps, langsung ketik aja "Goa Sunyaragi" atau pake nama resminya di maps "Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon". Buat yang tanya kalau naik bis turunnya dimana? Kalau naik angkot nomer XXX turunnya dimana ya? Kalau dari terminal, dari stasiun naik apa ya? Daaaan… pertanyaan nggak penting zaman sekarang yang jawabannya ada di google maps atau di aplikasi ojek online. Yang jelas intinya, kalau kamu pergi sendiri atau maksimal cuman berdua, naik motor jauh lebih hemat daripada naik transportasi umum. Bandingin aja coba kalau nggak percaya.

Kamu kalau mau tau sejarahnya lengkapnya Goa Sunyaragi, baca di wikipedia. Kalau mau tau berapa tiket masuknya, lewatnya mana aja, terus asal muasal nama Goa Sunyaragi, baca di kompasiana.

Goa Sunyaragi ini menurut ku worth it lah buat dikunjungi untuk yang belum pernah ke sana. Buat yang udah pernah ke sana, menurut ku nggak worth it sih. Apalagi kalau cuman ke sana doang dan nggak ngapa-ngapain. Karena sejujurnya nggak ada yang bisa dilakukan di sana tuh. Nggak bisa ngapa-ngapain selain lihatin bangunannya doang. Soalnya, waktu aku ke sana ya sebenernya ada beberapa permainan khas wisata zaman sekarang. Seperti sepeda gantung yang tinggi-tinggi itu, terus kursi gantung kayak sarang burung, ya kayak gitu lah pokoknya. Tapi nggak ada yang beroperasi sama sekali. Pun kalau beroperasi, aku auto nggak akan naik sih.

Cukup Sekali aja ke Goa Sunyaragi!


Jadi, ya cukup sekali aja sih ke Goa Sunyaragi. Kalau nggak ngapa-ngapain ya ke sananya, cuman berkunjung doang gitu loh. Kalau ada hal lain kayak semisal ada kerjaan atau nonton konser atau ternyata aku prewed di sana, boleh lah menyambangi Goa Sunyaragi lagi. Tapi kalau enggak, tidak worth it dikunjungi untuk kedua kalinya. Cukup sekali aja. Atau kalau ke sananya nggak sendirian lagi, bisa ku pertimbangkan sih menyambangi Goa Sunyaragi lagi.

Ekspektasi ku tinggi banget soalnya sama Goa Sunyaragi ini. Lihat foto yang betebaran di dunia maya, jadi pengen kesana kan ya, bagus banget soalnya. Waktu ngelihat fotonya Goa Sunyaragi ini otak ku langsung mikir "Wah gila, keren banget sih ini. Goa tapi bentuknya karang-karang kayak di laut". Seketika itu, otak ku langsung berimajinasi kalau Goa Sunyaragi ini adalah goa yang terbentuk dari karang-karang. Dulunya daerah tersebut adalah laut. Tapi karena perkembangan zaman, air lautnya jadi menyusut. Terus karang-karang yang di laut tadi, membentuk sebuah koloni yang menyerupai goa. Waaah gila sih ini, keajaiban dunia sih menurut ku. Goa yang terbentuk dari karang yang air lautnya telah menyusut. Spektakuler banget gitu ya.

Tapi ternyata, imajinasiku salah dooong. Melesat jauh banget. Setelah aku baca-baca di wikipedia dan kompasiana, aku baru tau kalau ternyata Goa Sunyarai ini adalah goa buatan yang dibuat tahun 1700an. Wah gila juga ya ternyata udah ratusan tahun dan enggak ambruk, padahal buatan manusia. Eh nggak tau manusia atau jin ya. Soalnya Goa Sunyaragi ini erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Pun waktu aku ke sana, hawa-hawanya tuh kayak hawa yang nggak enak gitu loh. Jadi waktu berada di beberapa bagian goa, rasanya pengen cepet-cepet meninggalkan bagian itu dan beralih ke bagian lainnya yang menurut ku lebih nyaman.

Cewek Seksi Dilarang ke Goa Sunyaragi Cirebon


Karena hal tersebut di atas, makanya aku jadi punya pikiran kalau "Cewek Seksi Dilarang ke Goa Sunyaragi Cirebon". Selain karena tempat ini sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis, aku rasa agak kurang etis juga sih ya kalau kamu ke sana pake pakaian yang tergolong seksi. Cirebon erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau agamis. Jadi ada baiknya kalau ke Goa Sunyaragi tapi pakai pakaian seksi, kasih kain buat nutupinnya. Kayak di Bali gitu sih. Cuman masalahnya, di sana nggak ada yang nyewai kain begituan. Pun nggak ada fasilitas tersebut yang disediakan oleh pengelola. Oleh karena hal tersebut, lebih baik bawa sendiri dari rumah ya.

Buat kamu yang belum pernah ke Goa Sunyaragi, kalau kamu penasaran, kayaknya harus diobati tuh rasa penasaran mu itu. Kalau pengen membuktikan sebagus apa Goa Sunyaragi ini dibanding foto yang beterbaran di Internet, datenglah ke sana, sambangilah. Jangan sampai kamu mati penasaran gara-gara enggak menuruti rasa penasaran mu akan Goa Sunyaragi ini. Karena menurut ku, yang ada di foto dibanding sama yang aslinya, ya tetep bagusan aslinya sih. Walaupun visual ku mengatakan sebaliknya, eeeem… bagusan di foto dari pada aslinya. Tapi, kalau bisa lihat Goa Sunyaragi secara langsung tuh kepuasannya beda. Rasa penasaran yang menghantui ku jadi tersekresikan. Makanya aku berani bilang kalau dibanding fotonya bagusan aslinya.

Goa Sunyaragi Berusia Lebih dari 300 Tahun


Bayangin aja, bangunan yang usianya udah lebih dari 300 tahun dan masih kokoh sampai sekarang. Padahal teknologi bangunan pada tahun tersebut jelas masih jadul banget. Tapi bisa menghasilkan bangunan yang masih bisa bertahan sampai sekarang. Mumpung belum ambruk, yakin kamu nggak mau ke sana?

Sejujurnya, tempat ini nggak jelek-jelek amat. Ini entah aku yang udah terlalu banyak lihat foto Goa Sunyaragi di internet, sehingga udah nggak terlalu excited terhadap Goa Sunyaragi ini atau emang tempatnya yang gitu-gitu doang, aku nggak ngerti. Yang jelas, buat orang yang bukan penikmat sejarah, bukan yang pengagum arsitektur abstrak dan bukan yang suka selfi-selfi acung-acungin tangan atau tongsis sambil monyongin bibir, tempat ini kurang menarik buat dikunjungi. Soalnya ya gitu-gitu doang.

Begitu juga sebaliknya, kalau kamu adalah seorang pecinta sejarah, pengagum arsitektur abstrak, hobinya selfi terus pamer di sosmed dan pengagum hal-hal mistis, Goa Sunyaragi ini cocok sekali buat dikunjungi. Hasrat mu akan hal tersebut akan terbayar lunas saat itu juga.

Hal yang Aku Suka dari Goa Sunyaragi Cirebon


Hal yang ku suka dari Goa Sunyaragi ini adalah tiket masuknya murah dan resmi. Kamu bakalan dapet sobekan tiket masuknya. Buat yang hobi koleksi sobekan tiket masuk, cocok banget sih ini. Aku lupa nominalnya berapa, yang jelas cukup worth it lah dengan apa yang akan didapat. Jujur aja, walaupun nggak sesuai ekspektasi ku, bangunan buatan manusia ini sangat unik bentuknya. Nggak cuman satu goa doang, ada banyak goa yang bisa kamu datangi. Jadi, di Goa Sunyaragi ini banyak goa-goa buatan lainnya yang bisa kamu kunjungi tanpa ada tambahan tiket masuk lagi.

Selama hidup ku, aku nggak pernah sih lihat goa lain yang bentuknya kayak Goa Sunyaragi ini. Jadi sangat ekslusif sih menurut ku. Pun juga nggak banyak orang ngeh dengan keberadaan goa yang bentuknya sangat otentik ini. Kalau dibuat foto atau bikin video, aku rasa hasilnya akan sangat memusakan. Karena ya itu tadi, sangat otentik, eksklusif dan mungkin banyak orang yang belum pernah ke sana.

Tapi, buat para alay-alay yang udah sekolah 2 tahun, tambah 6 tahun, tambah 3 tahun, tambah 3 tahun lagi dan mungkin tambah 4 tahun juga, tapi masih tetep aja nggak bisa baca. Mendingan nggak usah ke sana deh. Goa Sunyaragi itu nggak bersih-bersih amat. Jadi buat orang dengan ciri-ciri tersebut di atas, mendingan jangan ke Goa Sunyaragi deh. Nanti malah tambah kotor. Padahal sepandangan ku, ada banyak tempat sampah yang disediakan oleh pengolala.. Tapi yaitu, gimana lagi, wong nggak bisa baca kan, jadi susah di atur kan ya?

Traveling Sebelumnya: The Secret Beach: Banyu Tibo Pacitan

Traveling Selanjutnya: Cerita Seks di Hotel Kapsul Jakarta

Sore di Goa Sunyaragi Cirebon



Salam,
BAYU TAUFANI HARYANTO
Website                    http://www.papabackpacker.com/
Admin Website        http://www.desawonopringgo.com/
Admin Website        http://www.wonopringgo.desa.id/
Admin Website        http://www.ruangkenangan.com/
Admin Website        http://www.perpusdes.com/
Facebook Page        @bayutaufani
Twitter                     @bayutaufani
Instagram                @bayutaufani
Youtube                   bayutaufaniharyanto
Steller                      @bayutaufani

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Latest News

Back to Top