Kamis, 23 Juli 2020

Jangan Beli Kelas Online di Skill Academy

Jadi, beberapa hari lalu aku iseng nyobain beli Video Course atau Kursus Video Online dari Skill Academy by Ruang Guru. Kelas yang ku beli judulnya adalah Langkah Menjadi Youtuber Profesional Bersama Gita Savitri. Dilihat dari judulnya, sudah dapat dipastikan kalau ilmunya "daging" semua. Pasti kelas video online ini akan sesuai dengan namanya, Skill Academy. Pikir ku gitu. Tapi, setelah berhasil menyelesaikan kelasnya, aku malah mendapat kesimpulan yang berbalik 180 derajat. Yaitu, "Jangan Beli Kelas Online di Skill Academy"!



1. Apa Itu Skill Academy?

Yang belum tau Skill Academy, itu adalah salah satu produk turunan dari Ruang Guru. Ku rasa, pasti kamu lebih sering dan lebih familiar mendengar nama Ruang Guru dibanding Skill Academy. Itu jelas karena faktor promosi gila-gilaan yang dilakukan oleh Ruang Guru. Naaah... Skill Academy ini ternyata merupakan bagian dari Ruang Guru juga. Bedanya, kalau Ruang Guru khusus membahas tentang pelajaran yang ada di sekolah, mulai dari SD sampai SMA atau SMK bahkan sampai jenjang kuliah. Berbeda dengan Skill Academy yang lebih membahas tentang skill atau keahlian diluar sekolah yang jauh dari bau-bau akademis. Sebenernya jualan mereka itu sama. Sama-sama menjual ilmu dalam bentuk media yang berupa kelas video online. Cuman, materi jualannya dan target pasarnya aja yang berbeda.

Jadi, seperti yang udah ku tulis di atas, kalau Skill Academy ini adalah aplikasi dan juga website (karena bisa diakses melalui keduanya) yang menjual kelas online dengan berbagai materi. Bahasa kerennya, kelas yang ada di Skill Academy telah dikurasi sedemikian rupa untuk dapat memenuhi hasrat target pasarnya. Yang kemudian akan menjadikan konsumennya itu dapat lebih mengetahui tentang keahlian profesional yang diminati dan dibutuhkan oleh konsumennya. Sehingga, Skill Academy ini akan menjadi bahan materi yang mungkin akan menumbuhkan keahlian profesional bagi konsumennya.

2. Cara Membeli Kelas atau Pelatihan di Skill Academy

Untuk membeli kelas atau pelatihan online yang ada di Skill Academy, caranya sangat mudah sekali. Kalau kamu selama ini bisa ngakalin vpn atau bisa lihat bokep lewat opera mini dan memanfaatkan vpn gratisnya, kamu akan dengan mudah untuk membeli kelas yang ditawarkan di Skill Academy. Karena, caranya sangat mudah sekali. Kira-kira begini langkahnya:
  • Buka skillacademy.com atau download aplikasinya di Playstore atau Appstore.
  • Cari kelas online yang kamu mau dan kamu butuhkan. Saran ku sih, cek bagian flash sale dulu. Apabila bagi kamu yang baru akan untuk pertama kali membeli kelas online di sana. Beli yang murah dulu. Coba dulu, jangan langsung beli kelas yang mahal.
  • Setelah menemukan kelas yang kamu mau, tinggal klik tombol BELI SEKARANG berwarna merah yang tersedia hampir disetiap halaman skillacademy.com (Hard selling banget emang dia).
  • Masuk ke akun mu. Kalau belum punya akun, kamu nggak perlu susah payah dan repot-repot untuk membuatnya. Karena ada opsi masuk atau log in menggunakan akun gmail mu. Saran ku, biar cepat, gunakan itu saja.
  • Bayar. Metode pembayarannya banyak banget mulai dari Gopay, Ovo, Link Aja, Transfer Virtual Account kayak di Shoppe dan ecommerce yang biasanya kamu belanja, pakai Kartu Kredit bahkan bisa juga bayar lewat Indomaret dan Alfamart serta turunannya seperti Alfamidi, Lawson DanDan. Gampang banget bayarnya pokoknya. Asal ada saldo aja sih. Oh ya, bayar pakai kartu Visa dari JENIUS juga bisa looooh...
  • Taraaaa.... kamu berhasil membeli kelas online di skillacademy.com
Udah, kayaknya bagian ini cuman sampai sini aja. Soalnya sub judulnya kan Cara Membeli Kelas Online atau Pelatihan yang ada di Skill Academy. Karena bahasannya udah habis, jadi mari kita lanjutkan ke sub judul berikutnya.

3. Review Kelas Online Skill Academy by Ruang Guru

Karena aku udah bukan merupakan target pasar dari Ruang Guru, yang mana semua kelas yang ada di Ruang Guru tentu nggak cocok dengan usia ku, maka iseng-isenglah aku coba download aplikasi Skill Academy di playstore. Waktu coli, eh bukan, maksudnya waktu nyecroll aplikasinya, aku nemuin video rekomenasi yang judulnya "Langkah Menjadi Youtuber Profesional Bersama Gita Savitri". Yang nggak tau Gita Savitri itu siapa, cari di xnxx atau tube8 pasti nggak ketemu. Jadi, cukup cari lewat google aja. 

Naaah... selain tau dari Skill Academy tentang adanya kelas tersebut, aku juga tau dari media sosial milik Gita yang mempromosikan kelas onlinenya yang ada di Skill Academy. Karena ada embel-embel nama Gita Savitri, akhirnya beli lah aku kelas online tersebut. Tujuannya adalah untuk dijadiin bahan buat coli. Tujuannya adalah untuk memperoleh ilmunya. Karena sepak terjang Gita Savitri di youtube sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi, aku beranggapan bahwa materi ini akan dibawakan oleh orang yang pas, ahli di bidangnya. Maka dari itu, tidak ada keraguan sedikit pun bagi ku untuk membeli kelas yang dibawakan langsung oleh perempuan cantik bernama Gita Savitri Devi tersebut. Sayangnya, dia udah punya suami. Eh apa sih ini, kok nggak nyambung gini. Oke, oke... kita ganti paragraf aja kalau gitu.

Dengan pemateri yang mumpuni, kelas online dengan judul "Langkah Menjadi Youtube Profesional" pasti akan menjadi sangat seru dan sangat bermanfaat. Pikir ku begitu. Terlebih, kelas tersebut sedang berada pada kategori flash sale yang membuat harga jual kelasnya menjadi sangat amat terjangkau. Tanpa melihat materi atau bab dan sub bab apa yang akan dibawakan. Karena pada tiap kelas akan diberikan daftar bab atau bagian yang akan dibahas pada kelas tersebut. Semacam daftar isi kalau di buku. Singkat cerita, aku beli kelas itu dengan sangat entengnya. Bentar, bukan karena aku lagi banyak duit ya. Tapi lebih karena lagi flash sale, yang bikin harganya jadi murah banget. Serta karena faktor pematerinya yang dimana adalah Gita Savitri Devi. Yang membawakan materi tentang sesuatu yang amat dia kuasai. Sehingga tidak perlu pembuktian lagi.

Bentar... ini kayaknya sub bab ini judulnya Review Kelas Online Skill Academy ya? Kenapa jadi ngelantur gini sih bahannya...

Oke... oke... ini salah ku. Mari kita ganti ke paragraf selanjutnya untuk memberikan review atau ulasan ku terkait dengan Kelas Online yang ada di Skill Academy.

Jadi review atau ulasan ku adalah...

3.1. JANGAN BELI!

Kalau...
  1. Kamu udah jadi youtuber.
  2. Udah punya akun adsense.
  3. Udah upload video banyak di youtube.
  4. Udah sering lihat tutorial cara ngeyoutube di youtube.
  5. Udah ngerti cara upload video di youtube.
  6. Bisa lihat bokep pakai vpn gratis dari opera mini.

3.2. SILAHKAN BELI!

Kalau...
  1. Kebalikan dari 6 poin di atas. Belum jadi youtuber, belum punya akun adsense, belum pernah upload video di youtube, belum pernah lihatin tutorial ngeyoutube di youtube, nggak ngerti cara upload video di youtube dan nggak bisa lihat bokep pakai vpn gratis dari opera mini.
  2. Punya duitnya. Serta tau dan bisa cara bayarnya.
  3. Baru pertama kali mau memulai untuk ngeyoutube.
Jadi intinya, walaupun judulnya "Langkah Menjadi Youtube PROFESIONAL". Perhatikan pada kata cetak tebal dan capslock. Walaupun ada kata tersebut di judul kelas yang dijual Skill Academy, menurut ku nggak seprofesional sekedengerannya gitu sih isinya. Lihat kembali poin JANGAN BELI dan SILAHKAN BELI di atas. Ku rasa, kamu bisa memutuskan sendiri apakah ingin membelinya atau tidak.

Kalau aku tau isinya bakalan "gitu doang" (Tanpa merendahkan atau meremehkan pihak manapun ya. Termasuk tim Skill Academy dan tim Gita Savitri Devi), aku nggak akan beli kelas tersebut. Dananya bakalan ku alihkan untuk membeli kelas lainnya yang juga menarik perhatian dan memantik rasa penasaran ku.

Walaupun begitu, kalau ditanya apakah menyesal dan kecewa telah membeli kelas tersebut?

Aku akan menjawab tidak kecewa dan tidak menyesal. Karena ada banyak hal baik yang bisa kupetik dari pengalaman ku membeli kelas online tersebut. Kalau masalah worth it atau tidak, jelas ku katakan kelas ini akan sangat worth it untuk dibeli. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa bahasan yang ada pada poin JANGAN BELI dan SILAHKAN BELI di atas. 


Kalau disuruh memberi nilai. Aku akan berikan nilai maksimal pada sistem penilaian yang ada. Namun, apabila ada kolom komentar yang disertakan, aku akan mengomentarinya dengan banyak kekurangannya. Yang kemungkinan besar akan terkesan menjelekkan produk kelas digital yang dijual. Tapi aku akan memberikan rating atau bintang paling maksimal.

Naaaah... setelah menyelesaikan melihat atau mendengarkan seluruh materi yang ada, tahap terakhir yang harus dilalui adalah exam atau tes. Nanti tes ini akan menentukan berapa nilai mu. Ada batas minimal yang berbeda diterapkan pada tiap kelasnya. Batas minimal tersebut, selain berfungsi untuk menentukan berapa nilai yang kamu dapat, juga menentukan kelulusan mu dari kelas yang kamu ikuti. Nilai tersebut akan dimunculkan pada sertifikat yang akan kamu dapatkan ketika telah berhasil melalui batas minimal nilai yang telah ditentukan. Itu artinya, kamu harus benar-benar memperhatikan dan menyimak video pelajaran yang ada. Supaya nilai yang kamu harapkan muncul pada sertifikat yang akan kamu miliki.

Review Skill Academy

4. Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah silahkan baca lagi tulisan di atas kalau sudah sampai bagian ini, kamu belum bisa memutuskan harus membeli atau jangan membeli kelas online yang ada di Skill Academy. Sara ku sih, lihat kebutuhan mu dan finansial mu. Kalau membutuhkannya dan ada uang berlebih untuk membelinya, kenapa nggak beli aja? Namun, apabila keadaannya ternyata kebalikannya, sebenarnya, nggak sedikit materi yang ada di kelas online di Skill Academy bisa kamu dapatkan secara gratis. Asalkan kamu cukup kreatif untuk mengetikkan kata kunci yang tepat pada kolom pencarian untuk menemukan ilmu atau kelas gratisan yang kamu butuhkan.


Jadi, masih mau beli pelatihan atau kelas online yang ada di Skill Academy?

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top