Bukan! Ini Bukan Papa Yang Mantan Pacarnya Mamma!



Sunday, February 25, 2018

#PAPABUKABUKU

PAPABUKABUKU adalah bagian atau segmen baru yang bakalan hadir di papabackpacker. PAPABUKABUKU sendiri hadir karena waktu itu aku lihat meme yang ada fotonya Bill Gates terus ditambahin tulisan "....(Aku lupa awalannya)... Membaca Dua Judul Buku Setiap Bulan". Kurang lebih intinya kayak gitu. Sesimple itu, hingga akhirnya menjadi alasan kuat kenapa aku harus bikin segmen PAPABUKABUKU di papabackpacker.

Sumber: expansion.com
Mumpung masih awal tahun, mulai ini aku bakalan menceritakan pengalaman ku setelah baca suatu judul buku. Entah menceritakan, meresensi atau mengutip kata-kata yang bagus dari buku itu atau apalah nanti jadinya gimana aku nggak tau. Intinya, aku bakalan " menghasilkan sesuatu" setelah aku selesai membaca suatu judul buku.

Sumber: bustle.com
Sebenernya aku nggak hobi-hobi amat perihal baca buku, banyak yang lebih hobi dan lebih seneng mengenai hal tersebut dibanding aku. Tapi nggak tau kenapa, sedikit banget orang yang mau menceritakan atau "menghasilkan sesuatu "setelah mereka berhasil menyelesaikan membaca suatu judul buku. Sebenernya, banyak sih yang "update status" atau "update story" ketika lagi baca buku. Biasanya fotoin cover depannya, terus update. Ya, cuman itu doang. Selebihnya, nggak tau. Entah dia berhasil menyelesaikan membaca buku tersebut atau enggak yang penting, "Udah pernah update cover bukunya".

Sumber: tipsiana.com
Pada dasarnya, aku nggak masalah juga sih, bukan masalah ku. Toh itu akun dia, gadget dia, kuota juga kuota dia. Jadi, ya terserah dia juga kan mau update apaan? Sama sekali aku nggak melarang. Karena pada dasarnya, mungkin yang dia lakukan bisa aja menarik orang lain yang lihat storynya untuk kemudian punya pemikiran "Waaah... Kayaknya bukunya bagus". Terus ngebales story temennya yang update buku hingga punya keinginan "Eh pinjem dong, mau baca". Terus... Lanjut deh sampek baper-baperan. Seenggaknya, hal tersebut di atas masih jauh lebih baik dari pada tiap saat, tiap waktu, kerjaan mu cuman nyecroll feed doang kan? Seenggaknya, hal tersebut di atas masih menandakan walaupun sekarang zamannya serba digital, buku tetep masih disentuh. Buku belum sepenuhnya bener-bener ditinggalkan. Naaaah... nantinya, aku juga bakalan update status atau story atau melalui sosial media lainnya supaya orang lain kebakar semangatnya buat mau "kembali" membaca buku. Jadi, update story cover buku doang? Nggak masalah kan ya?

Sumber:quotefancy.com
Selain itu, PAPABUKABUKU ini merupakan kampanye pribadi ku untuk menentang suatu persepsi yang menyatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia itu rendah. Karena menurut ku, minat baca masyarakat Indonesia itu nggak rendah. Contohnya, waktu aku dan temen-temen di PERPUSTAKAAN CERAH DESA WONOPRINGGO melakukan kegiatan yang namanya open booth di Alun-Alun Kajen, nyatanya banyak yang mampir dan banyak yang baca. Berangkat dari survey abal-abal tadi, target kita dalam kegiatan tersebut dalah nggak ada pengunjungnya sama sekali. Tapi, nyatanya ada pengunjung. Jadi, kata siapa minat baca masyarakat Indonesia itu rendah? Aku nggak percaya. Terus, ditambah lagi tiap hari kamis malem, di tempat aku tinggal sekarang, disetiap mushola dan masjid pasti pada ngebacain yang namanya Surat Yasin. Bukan kah itu disebut membaca?

Jadi, siapa yang bilang minat baca masyarakat Indonesia itu rendah? Aku nggak percaya.

Masih ingat judul buku apa yang terakhir kamu baca? Kalau aku sih, terakhir baca buku ini:

JANUARI 2018

1. Sepatu Dahlan - Khrisna Pabichara
2. Dilan 1990 - Pidi Baiq
3. Dilan 1991 - Pidi Baiq

FEBRUARI 2018

1. Surat Dahlan - Khrisna Pabichara
2. I Love Umroh - Ruli Amirullah
3. Milea - Pidi Baiq
4. Belajar Menulis Artikel - Wahyu Wibowo

MARET 2018
1. Maddah - Risa Saraswati
2. Hans - Risa Saraswati
3. William - Risa Saraswati
4. Hendrick - Risa Saraswati

APRIL 2018
1. Ubur-Ubur Lembur - Raditya Dika
2. Teman Tapi Menikah - Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet
3. Hujan, Senja & Cerita yang Telah Usai - Boy Candra
4. Rentang Kisah - Gita Savitri Devi

MEI 2018
1. William - Risa Saraswati
2. Asih - Risa Saraswati
3. Teman Tapi Menikah 2 - Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Subscribe

Masukkan Email:


Youtube Channel:

Popular Posts

Total Pageviews