Minggu, 09 Januari 2022

Kriteria Wajib yang Harus Dipenuhi Agar Lolos Rekrutmen Pegadaian





Kriteria Wajib yang Harus Dipenuhi Agar Lolos Rekrutmen Pegadaian - Pegadaian merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang keuangan, yang telah berdiri lebih dari 100 tahun lalu dan sudah banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Sampai sekarang, PT Pegadaian telah memiliki lebih dari 4100 gerai di seluruh Indonesia dan sudah mengembangkan layanan elektronik agar semakin mampu memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.



Saat ini, PT Pegadaian sedang membuka rekrutmen karyawan Pegadaian terbaru. Pengajuan dan pencarian informasi terkait lamaran di PT Pegadaian sekarang ini dapat dilakukan secara digital, sehingga para pelamar dapat mendaftar dan memilih posisi kerja yang diminati dengan lebih mudah.

Adapun terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pekerja agar bisa lolos tahap rekrutmen. Kriteria yang dimaksud tidak hanya yang berkaitan dengan hard skill, tetapi juga soft skill. 

Berikut di antaranya:



1. Keterampilan (Skill)

Hal pertama yang dibutuhkan untuk lolos tahap rekrutmen adalah penguasaan skill. Seseorang bisa lolos rekrutmen apabila ia terbukti sebagai orang yang ahli di bidangnya. Selain itu, kemauan bekerja keras dan pantang menyerah dalam memecahkan masalah serta selalu berinovasi merupakan salah satu kunci yang dipertimbangkan HRD untuk meloloskan kandidat ke tahap selanjutnya.


2. Attitude

Dalam pekerjaan, seorang kandidat tidak sebatas pintar, namun juga mempunyai etika baik saat menerapkan kemampuannya di bidang masing-masing. Mampu bekerja dengan etos yang baik, secara mandiri maupun bekerja secara kelompok, serta dapat mengimbangi rekan kerja yang lain adalah nilai tambah yang menjadikan seorang kandidat tampak potensial di mata HRD.


3. Pengetahuan

Seorang kandidat harus benar-benar menguasai atau setidaknya memiliki wawasan atas ilmu yang berhubungan dengan bidangnya. Pengetahuan ini biasanya akan diuji saat menjalani tes-tes yang dilakukan di proses rekrutmen.


4. Kemandirian

Salah satu kriteria yang wajib dimiliki untuk bisa lolos tahap rekrutmen adalah kemandirian, yaitu ketika seseorang secara profesional mampu membuat keputusan sendiri tanpa supervisi berlebih dari pihak lain. Di samping itu, kemandirian juga termasuk memiliki kecerdasan untuk menganalisis permasalahan dan peka terhadap situasi, serta cermat terhadap pengambilan keputusan yang terbaik untuk semua pihak.


5. Pengalaman 

Kriteria lain yang dibutuhkan yaitu mempunyai ilmu serta pengalaman yang luas. Pengalaman tidak terbatas pada pekerjaan atau industri tertentu saja, melainkan bisa dari pengalaman berorganisasi atau berkegiatan di komunitas maupun di kampus.


6. Integritas

Kriteria terakhir yang dibutuhkan adalah integritas dengan mengutamakan prinsip dasar yang mengedepankan nilai kebenaran, keadilan, dan kejujuran. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas diri sendiri dan juga membangun komunitas yang baik. 

Setelah melamar di PT Pegadaian, ada sejumlah tahapan proses rekrutmen yang nantinya harus dijalani oleh calon pekerja. Pastikan Anda telah memiliki atau memenuhi kriteria yang sudah disebutkan di atas agar semakin memiliki daya tarik terhadap HRD yang akan menilai Anda.






Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Back to Top