Rabu, 05 Oktober 2016

Jogja Seksi 6: Camping di Gunung Api Purba? Bisa banget. Bonusnya, Bisa Lihat Sunset Sama Sunrise Keren!






Gunung Api Purba adalah sebuah gunung yang dulunya pernah aktif. Katanya sih, aktifnya puluhan juta tahun yang lalu. Ada ya yang kurang kerjaan ngitungin gitu? Puluhan juta tahun loh ini, mending lah ya kalau puluhan tahun doang. Ah sudahlah, biarkan sejarah yang mencatat. Sejarahnya siapa? Sejarahnya Awkarin doooong! Terlepas dari kapan gunung ini pernah aktif, pokoknya nyesel deh nyesel kalau belum pernah camping di Gunung Api Purba, ngedaki deh minimal. Serius, bakalan nyesel deh kalian yang enggak pengen nyobain camping atau ngedaki Gunung Api Purba. Banyak juga yang nyebut Gunung Api Purba sebagai Gunung Nglanggeran. Karena letaknya ada di daerah Nglanggeran kali ya. Kalau menurut Papa sih, ini adalah salah satu gunung yang enggak mesum. Soalnya, bentuknya aneh. Enggak kayak “Gunung Kembar”, seperti kebanyakan gunung lainnya. Tau kan maksudnya “Gunung Kembar”? Itu looooh, gunung kembarnya Awkarin... Eh, apasih ini malah ngelantur gini. Dari pada lanturannya semakin kearah yang ena-ena, mending sudahi saja paragraf yang ini ya. Lebih baik, mari lanjutkan saja membaca paragraf selanjutnya...

Kalau kata wikipedia sih, Gunung Api Purba (GAP) atau Gunung Nglanggeran ini terletak di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta (Di google maps ada kok, tinggal search aja “Gunung Purba Nglanggeran”). Masih menurut wikipedia, GAP ini adalah gunung yang termasuk pada deretan Pegunungan Sewu. Dimana Pegunungan Sewu itu adalah nama untuk deretan pegunungan yang memanjang di pantai selatan Pulau Jawa. Dimulai dari Kabupaten Wonogiri, Yogyakarta hingga ke Tulungagung. Intinya sih, letak GAP ini enggak jauh-jauh amat lah ya kalau dari Jogja. Kalau mau ke pantai di daerah gunung kidul (Kalau cuman ngandalin maps), biasanya sih ngelewatin GAP kok.

Awkarin, Buka Lagi Dooooong! Segitu Doang Mah Tanggung, Ya Kan? :D
Foto Minjem Dari SINI :D


Aku Mau Nyensor Foto Ini Kok Ya Nggak Sempet :( Foto Pinjem Dari SINI

Buat para pendaki pemula, GAP ini mustinya masuk dalam daftar gunung yang wajib dinaikin. Dinaikin ini artinya didaki ya, mendaki. Bukan dinaikin yang berhubungan sama Women On Top atau Man On Top ya. Jangan salah kaprah. Buat para pendaki pemula (Kayak Papa gini ini) musti nyobain naik GAP. Karena, rute pendakiannya enggak membingungkan (Ada banyak petunjuk arah, enggak perlu takut kesasar). Papa aja yang jarang olahraga dan jarang naik gunung, cuman butuh waktu 1,5 jam buat sampai ke puncaknya. Apalagi kalian yang sering olahraga di kasur dan sering naik gunung, pasti bakalan lebih cepat untuk mencapai puncak kenikmatan. Intinya sih, rute di Gunung Api Purba ini mudah, cemen, gampang, pokoknya orang yang mau jalan mah bakalan bisa sampai ke puncak deh.

Gunungnya Enggak Mesum Ya? Kayak Awkarin #Eh

Tapi, jangan ngeremehin juga. Akan ada banyak rute yang bener-bener cuman ada di GAP dan nggak bakalan didapet dalam rute pendakian di gunung lainnya. Salah satunya adalah, ngelewatin jalan yang batas kanan dan kirinya adalah tebing-tebing batu, bukan busa BH ya. Naaaah, diantara batas kanan dan batas kirinya itu ada celah sempit banget. Sedangkan celah sempit itu adalah satu-satunya jalan buat ke atas dan juga buat turun. Jadi, mau enggak mau, musti jalan satu-satu secara bergantian antara yang mau ke atas dan yang mau ke bawah; enggak bisa kalau harus jalan bebarengan. Intinya sih, jalannya itu nyempil, sempit, sempiiiiit banget deh pokoknya. Cocok ya buat yang jomblo? Udah biasa jalan sendirian kan? Kerennya, ada tebing yang tinggi banget. Saking tingginya, disediain tangga yang akan mempermudah siapapun yang mau naik. Tapi, tetep aja bates kanan dan kirinya adalah tebing atau batuan gede atau juga jurang. Jadi, naik tangga di GAP enggak semuda naik tangga biasa, ada sensasi tersendiri karena musti ngelaluin celah sempit diantara tebing-tebing besar. Seru deh pokoknya.

Katanya, Ini Namanya Lorong Batu. Otak Ngeres, Mesti Mikirnya Ini Foto Cewek Lagi Ngangkang hehehe :D
Foto Minjem Dari SINI

Tapi nih ya... waktu Papa lagi mau naik tangga, karena jalannya sempit, kan antri tuh ya, jadi jalannya satu-satu gitu kan. Naaaah... tepat di depan Papa ada orang yang lagi naikin tangga buat ke atas. Secara bersamaan, ada orang yang maksa turun dari atas. Jadi, orang rese yang turun dari atas ini nggak mau ngalah, orang di depan Papa yang mau ke atas juga nggak mau ngalah. Hingga akhirnya, ketemulah mereka di tengah-tengah. Naaaah... pas udah ditengah-tengah itu tadi, cek cok lah meraka “Eh goblok, gantian dong! Naik lagi sana, nggak bisa lewat nih yang dari bawah”. “Eh tolol, kalau turun itu lebih susah dari pada naik, ngalah dulu kek yang mau naik, capek nih yang dari atas, pengen cepet-cepet pulang”. “Eh, kepala kotak!”. “Eh, titit kecil!”. “#%%##%#%%#%”. Nggak ada yang mau ngalah deh pokoknya. Diantara cek-cok mereka yang semakin brutal, tiba-tiba tebing yang sebelah kanan agak sedikit geser. “Bruuuug...”. Oh my God! Nggak cuman dikit doang gesernya, “Gruuuk...gruuuk...grrrrr” banyak juga ternyata. Kegencet deh itu dua orang. Nggak ada teriakan sama sekali, entah tolong...tolong kek, atau aduuuuh...aduuuh kek atau apalah... nggak ada sama sekali. Papa yang saat itu baru mau ngelangkahin satu kaki ke anak tangga paling bawah, langsung ketetesan darah yang ngalir dari orang yang kegencet tadi. “Crooot...”. Tanpa sempet minta tolong, tanpa sempet minta bantuan, mati deh itu orang kegencet diantara dua tebing. Gepeng deh gepeng. Tapi sayang, itu cuman imajinasi Papa doang. Jangan serius gitu dong bacanya hahaha :(

Enak Ya Yang Jomblo, Udah Biasa Jalan Sendirian Kan? Gunung Ini Cocok Buat mu. Selamat Yaaaa!!!!
Foto Minjem Dari SINI

Seperti kebanyakan gunung yang lainnya, GAP juga bisa dibuat camping kok. Tapi, kalau camping di GAP ini lebih enak. Soalnya bisa ngelihat sunset sekaligus sunrise. Eh, Perasaan kalau naik gunung mana aja juga bisa gitu kan ya? Iya sih, tapi kalau di GAP ini sunset sama sunrise-nya enggak main-main jon. Posisinya enak dilihat, pas banget deh pokoknya. Jadi, enggak terkesan dipaksain. Selain itu, banyak spot pendukung lainnya; jadi, kalau foto nggak cuman mataharinya doang, ada spot lain yang khas sehingga lebih mendramatisir. Naaaah, sunset sama sunrise di GAP ini cocok banget buat yang suka mantengin sunset ataupun sunrise. Lebih cocok lagi buat yang mau ke satu tempat tapi bisa dapet lebih dari satu atraksi sekaligus, bisa menghemat waktu dan juga duit dong ya.

Kalau mau yang lebih hemat lagi, saran Papa sih, mulai lah dengan mengunjungi Embung Nglanggeran dulu. Di sana bisa ngelihat setinggi apa sih GAP yang nantinya mau didaki. Cabut dari sana sebelum jam 12an. Habis itu, langsung ke GAP. Jarak dari Embung Nglanggeran ke GAP enggak jauh-jauh amat kok, jadi santai aja. Setelah sampai GAP, seperti kebanyakan kalau mau naik gunung, isi administrasi dulu, terus bayar. Naaaaah... setelah itu, jangan buru-buru naik ke atas. Pertama, sholat dulu (Kalau belum), enaknya sih sholatnya sekalian digabung, biar enggak susah entar. *Ini Papa sok alim banget ya, padahal kerjaannya searching “Upskrit Hidden Cam” di youtube mulu dah. Oke skip! Kedua, cek batre gadget, kalau belum penuh, isi dulu sampai penuh. Soalnya, selama perjalanan ke atas, enggak ada warung yang bisa ditumpangin buat ngisi batre. Nggak mau kan udah capek-capek ke atas, turun enggak bawa foto? Maka dari itu, penuhin dulu sebelum ke atas. Biar batrenya bisa cukup sampai besoknya.

Kasih foto dulu ah, biar pada semangat bacanya :D

Kisah Cinta mu Yang Mana? Yang Ditinggal Sewaktu Udah Di Puncak Kenikmatan Atau Yang Dituntun Sampai Ke Puncak Kebahagiaan?

Oke ngelanjutin yang tadi yaaa... Ketiga, urusan perut nih, karena selama perjalanan ke atas enggak ada warung, bawa bekal yang cukup, minum juga ya. Buat yang lupa bawa, tenang aja, di sekitaran pintu masuk GAP banyak warung makan kok, jadi bisa di beli di sana. Walaupun harganya agak sedikit enggak wajar, tetep masih bersahabat kok. Keempat, bawa botol minuman yang lubangnya agak besar, besarnya kira-kira se-ujung titit bisa masuk deh. Buat apaan coba? Buat bikin fleshlight! Eh, enggak deng. Buat naruh kencing entar kalau pas di atas. Nggak mau kan entar kalau udah mati tititnya dibakarin gegara kencing sembarangan mulu? Makanya, kalau mau naik gunung, jangan lupa bikin fleshlight dulu di rumah, eh bukan... jangan lupa bawa botol minuman yang lubangnya agak besar yaaaa, buat nampung ampas titi lo. FYI niiih FYI... buat yang enggak tau fleshlight itu apaan, mendingan jangan bukain youtube terus ketikin “DIY Fleslight”, beneran, jangan! <-- Ini kalau diginiin, pasti habis ini banyak yang bukain deh ini :D

Ciyeeee Tititnya Kecil Ya Kak? Tuh Pakainya Botol YouC1000 :D

Oh iya, di atas tadi sempet disinggung nama Embung Nglanggeran kan ya? Naaah, Embung Nglanggeran itu letaknya enggak jauh-jauh amat kalau dari GAP. *Setelah kalimat ini, Embung Nglanggeran akan disingkat menjadi EN karena namanya terlalu panjang* Boleh lah ya mampir ke EN dulu sebelum ke GAP. Jadi, EN itu semacam danau tapi sengaja dibuat oleh manusia. Konon katanya, tujuan pembuatannya adalah untuk pengairan pertanian sekitarnya. Soalnya, di sana ada papan petunjuk yang tulisannya “Kebun Buah Nglanggeran (KBN)” tapi ya kayak Kebun Buah Mangunan gitu, pas Papa ke sana nggak ada buahnya juga tuh di KBN. Jujur aja, sebenernya nggak ada yang bisa dilakuin di EN pas siang-siang gini (Sebelum jam 12an), nggak ada apa-apa di sana. Padahal di sana ada danau kerennya loooh. Tapi sayang, nggak boleh berenang. Jadi, kalau siang-siang ke sini ya zonk. Kecuali tujuan lo buat traveling cuman pengen pamer foto yaaa hahaha :D Tapi lain halnya kalau ke EN ini pas sore-sore, konon katanya sunsetnya juara looh.


Foto Pinjem Dari SINI

Kalau di EN sih emang sunsetnya juara ya. Tapi sayang, nggak bisa lihat sunrise juga. Beda kalau misalnya lihatin sunsetnya dari Puncak GAP, terus sekalian camping di sana. Walaupun sunset di EN itu kecenya kebangetan, tapi sunset di GAP juga enggak kalah looooh. Perpaduan antara Matahari, batuan gunung dan pepohonan jadi bikin sunset di GAP ini susah kalau cuman dibayangin doang. Harus lihat langsung ke sana deh pokoknya. Enaknya GAP itu... buat naiknya enggak susah-susah amat, tapi bisa dapet sunset keren kayak naikin gunung yang buat naiknya aja udah susah. Intinya sih, energi enggak seberapa yang kebuang buat naik bakalan dibayar tuntas, eh enggak cuman tuntas deh kayaknya, tapi malah dibayar lebih. Nggak nyesel deh bela-belain bawa barang banyak cuman buat ngelihatin sunset di GAP. Dari pada paragraf ini jadi makin panjang gegara bacotannya Papa, mending lihat sediri nih gimana kerennya sunset di GAP.

Setelah Matahari Terbenam, Nggak Ada Yang Bisa Dilakuin Lagi Deh Kayaknya. Papa Sih Milih Istirahat Dalem Tenda Aja, Nyiapin Stamina Buat Pulang Esok Hari

Ini dia... keuntungan kalau ngedaki sekaligus camping di GAP, seperti yang udah dibahas di atas. Selain bisa lihat sunset kece kayak di atas, paginya buka tenda langsung bisa lihatin sunrise yang enggak kalah kerennya dibanding sunset-nya kemarin. Pokoknya, GAP ini adalah wisata hemat yang enggak nyusahin deh. Hemat biaya karena cuman bayar tiket masuk sekali doang terus bisa lihat sunset sekaligus sunrise. Nggak nyusahinnya karena jalur pendakiannya sangat nyaman sekali untuk dilalui dan segala keperluan camping bisa didapet disekitar pintu masuk GAP.


Kalau misalnya informasi yang Papa bagikan di atas terasa kurang, kalian bisa cari info lain mengenai Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba dari tautan berikut yang bakalan Papa bagiin guys, tinggal klik aja. Kalau mau tau sejarah dan legenda GAP bisa langsung ke WIKIPEDIA. Yang mau lihat foto lainnya GAP dan juga update tiket masuk GAP bisa langsung ke YOGYES. Yang pengen tau info penting lainnya dari EN bisa langsung ke KOMPASIANA atau TRAVEL KOMPAS. Naaaah buat yang baru pertama kali mau ke EN, bisa langsung ke BLOG RAHMATIA disana infonya lengkap banget soalnya.

Udah aaaah, dari pada ini makin panjang, kayak “sinetronnya” Jessica Mirna – Kopi Bersianida The Series, mending kita sudahi saja ya. Nih oleh-oleh dari GAP!


Oke, cukup sekian dan terimakasih!

Eh, ada yang kelupaan :D

Kemarin-kemarin, di akun instagram @bayutaufani ada sayembara kecil-kecilan. Naaaah jawaban dari sayembara tersebut adalah SUNRISE :D


Karena ketepatan jawaban dan keunikan jawaban yang diberikan, maka pemenang untuk sayembara kali ini adalah pemilik akun instagram dengan id: @oh.emj1. Sebenarnya jawaban dari akun instagram dengan id: @keisha.arraniya adalah jawaban yang paling paling dan paling keren, tapi sayang, jawaban yang diberikan kurang tepat. Selamat buat @oh.emj1 yaaaaa! Peserta lain juga jawabannya banyak yang bener kok, keren-keren juga sih jawabannya, cuman kurang beruntung aja kali ya. Bisa tuh dicoba pada kesempatan berikutnya yaaa :D

Untuk instagram dengan id oh.emj1 diharapkan untuk memberikan kontak yang bisa dihibungi  melalui kontak di bawah yaaaa :D

Galeri lain tentang Embung Nglanggeran dan Camping Gunung Api Purba serta Sunset di Gunung Api Purba Gunung Kidul, Jogjakarta:








Oke, akhir kata, salam buat “Papa” dan “Anaknya”!

Show comments
Hide comments
28 komentar:
Write comment
  1. Wah kayaknya papa fans beratnya awkarin ya... hahah. Wah nyesel waktu ke jogja gak jalan jalan kesini. Sunsetnya keren......
    Tapi eh, kalau mau liat gunung kembar jalan jalan ke Soppeng saja pa, disana gunungnya lebih mesum #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak sih, nggak seneng ngikutin, cuman kan mumpung itu si awkarin lagi tenar, iseng aja masukin ke blog, siapa tau ada yang nyasar gitu hehehehehe
      Yaaaa lain kali pas ke Jogja lagi bisa dicobain tuh hehehe
      Aku masih polos nggak tau apa-apa, jangan nodai kepolosan ku hehehehe 😁😁😁😁😁😁😁

      Hapus
  2. maksih papa infonya, kebetulan rencana kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaah pas yaaaa, semoga bisa bermanfaat hehehe 😁😁😁

      Hapus
  3. MUdah-mudahan botol yang airnya mau diminum nggak ketuker. Kalo ketuker minum air seni kasih tahu rasanya kek You C1000 atau YCanC100 ya, bro. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia mas, kayaknya sih enggak ketuker mas, sisa minum pas pulang cuman air mineral doang, jadi ya aman deh hehehehe
      Duuuh nggak bisa ngasih tau rasanya mas, nggak keminum soalnya. Atau Mas Halim mau coba? Hehehehe

      Hapus
  4. iya, tapi masih tahun depan, waktu yang pas kapan ya pa? takut kesana waktunya ga tepat ga enak, soalnya dari Sby pa, jauh sampe sana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah sebentar lagi dong ya? Hehehe
      Waktu yang pas sih ya waktu udah nggak musim hujan mbak. Cuaca sekarang suaah dipresiksi ya susah-susah gampang ya... Itu aku ke sana pas bulan sekitar bulan Juni-Juli gitu mbak, ya di jalanan masih kena hujan. Tapi untungnya pas di GAP pas hujannya waktu malemnya doang, jadi bisa dapet sunrise sama sunsetnya. Jadi kalau ditanya waktu yang tepan kapan ya agak susah mbak, untung-untungan, yang jelas jangan bulan yang akhirannya "ber" deh mbak, masih sering hujan bisasanya. Semoga nanti pas ke sana pas cuacanya bagus ga mbak, biar kebayar capek dari Surabayanya hehehe

      Hapus
  5. anjir awkarin :))

    sunset sm sunrise-nya keren abis!!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pacaran dia bang, seru kayaknya hehehehe
      Yoiii bang, emang keren banget bang...
      Ohhh gitu ya kalau komen di blog orang, musti nyebar link. Mayan nih dapet ilmu per bloggeran gratisan hehehe

      Hapus
  6. Pas ke sana, gue mikir-mikir loh, ini kayaknya gak bisa buat tempat piknik orang-orang gendut deh. Nanti malah nyangkut di batu, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woooh iyaaa bener juga ya mas, pantesan aja pas ke sana jarang lihat orang gendut naik gunung mas. Mungkin itu alesannya kali ya mas hahahaha

      Hapus
  7. oke, maksih ya infonya, aku suka baca blog mu pa, isine dulin tok mana gambarnya bagus bagus lagi, hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa sama-sama hehehe
      Waaah terimakasih yaaa. Masih belajar kok, belum bagus-bagus amat, masih butuh belajar belajar dan belajar lagi hehehehe 😁

      Hapus
  8. emang bagus kok pa, mna klo bca blognya papa kudu ketawa wae, hahah:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah terimakasih yaaaa hehehehe. Masih belajarz masih jauh dari kata bagus, lagian ini juga lagi kurang semangat ngeblog, belum bisa punya tulisan baru mbak hehehehe

      Hapus
  9. Uwooooh :D gunung api purba :D aku pernah dong naik kesana :D tapi waktu itu pas mendung dan berkabut parah ._. jadi indahnya nggak maksimal :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaah musti ke sana lagi berarti itu tandanya mas hehehehehe
      Bawa cewek, biar kalau misalnya mendung sama berkabut parah, ada yang indah-indah mas hehehehe
      Apalagi kalau berkabut, nggak kelihatan apa-apa kan? Santaaap hehehehe

      Hapus
  10. Gile, fotonya benar-benar mengagumkan. Serasa udah ikutan aja camping dan mendaki GAP.
    Barusan tadi jg ngelihat foto blogger di IG yg bilang ga bisa mendaki gunung ini krn hujan dan dia bertekad utk melakukannya suatu hari. Saya setelah melihat foto-foto si papa pun sepertinya membuat tekad yg sama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaah terimakasih hehehehe
      Masih banyak yang lebih indah lagi mbak. Apalagi kalau lihatnya langsung, tak jamin deh, lebih indah dari foto terbaik manapun hehehe
      Oh yaaa? Waaaah semoga menginspirasi ya mbak... Semoga tekadnya bisa tersalurkan mbak, semangaaat 💪💪💪💪💪💪💪💪💪💪💪💪

      Hapus
  11. jarang di update lagi nih blog,
    sibuk ya Mas?
    suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas, eh apa mbak ya? Mbak kayaknya ya?
      Lagi jarang update, masih numpuk di draft semuanya. Mungkin Februari akhir mulai update lagi, pelan-pelan hehehehe

      Hapus
  12. Iyaaa, aku jrang lihat blogmu muncul akhir akhir ini, pdahal selalu nunggu😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa nih, lagi ada kesibukan lain yang sangat menyita waktu. Mungkin di bulan ini udah bisa autopilot. Yaaah semoga aja bulan ini bisa ngetik lagi hehehe 😀😀😀😀😀😀

      Hapus
  13. Seperti biasa, foto2nya kece bana-bana, dan ceritanya kocak dan nyerempet hahaha.

    Welkom kalo mau nanya-nanya WA aja ya Bay.

    BalasHapus
  14. Itu tangga dari dulu masih awet aja dah, btw foto tendanya mirip2 sesuatu yg ehem deh, aaaaaa.

    Belajar nulis di www.idiotraveler.com

    BalasHapus
  15. Itu tangga dari dulu masih awet aja dah, btw foto tendanya mirip2 sesuatu yg ehem deh, aaaaaa.

    Belajar nulis di http://www.idiotraveler.com

    BalasHapus

Back to Top